Kode Program Bahasa C Menampilkan Bentuk Segitiga Siku - Siku Penuh

11:35 pm
Salam belajar dan terus bersemangat teman - teman semua yang sedang mempelajari ilmu pemrograman. Tentunya teman - teman semua sedang terus bersemangat berlatih belajar untuk terus meningkatkan logika pemrograman yang dimiliki agar semakin mudah dalam membuat suatu program komputer. Berlatih membuat program komputer tidak harus membuat program yang wah atau yang kompleks dan sulit, akan tetapi dapat juga dengan membuat program yang mudah bahkan mungkin juga dibilang program yang sepele. Meskipun ada anggapan bahwa program tersebut sepele, tetapi tanda kita sadari dengan membuat program tersebut kemampuan pemrograman yang kita miliki akan terus berkembang dan berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ketika kemampuan pemrograman yang kita miliki berkembang dengan tanpa kita sadari maka tentunya kita akan merasa terkejut dengan logika pemrograman yang kita punyai. Kita merasa terkejut dikarenakan kita memiliki kemampuan pemrograman yang tentunya jauh dari sebelum kita belajar pemrograman komputer.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama untuk mengasah kemampuan pemrograman dengan membuat program sederhana yakni program dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Program yang akan kita buat secara bersama - sama adalah program untuk menghasilkan suatu bentuk atau pola susunan dari simbol bintang membentuk segitiga siku - siku secara utuh atau penuh. Barang kali ada yang memiliki pikiran bahwasanya program yang satu ini program yang sederhana dan menganggap tidak ada gunanya. Anggapan seperti itu tentunya wajar saja, dikarenakan program yang dibuat juga tidak kompleks atau rumit melainkan program yang sederhana. Meskipun ada yang beranggapan seperti itu tentunya tidak apalah, yang penting namanya belajar itu tidak mengenal sulit atau mudah yang penting terus berusaha untuk bisa dan menambah pengetahuan demi meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Ketika kemapuan yang dimiliki mengalami peningkatan maka kualitas yang dimiliki juga akan mengalami peningkatan juga.

Latihan membuat program dalam bahasa pemrograman C kali ini tentunya juga merupakan program yang tidak rumit. Program yang akan dibuat hanya menampilkan bentuk segitiga siku - siku yang disusun dari susunan simbol bintang. Program mencetak bentuk sigitiga siku - siku dari susunan bintang berdasarkan masukan nilai tinggi segitiga siku - siku yang dimasukan oleh pengguna. Masukan dari pengguna ini diperoses sehingga program dapat menampilkan bentuk segitiga siku - siku pada layar monitor. Ketika program sudah berhasil menampilkan susunan simbol bintang ( * ) membentuk segitiga siku - siku maka program sudah berhasil berjalan dengan baik dan benar.

Sourcecode atau kode program untuk mencetak bentuk segitiga siku - siku

Di bawah ini diperlihatkan mengenai contoh kode program dalam bahasa C yang mana dapat diperguankan untuk mencetak bentuk segitiga siku - situ yang dibentuk oleh simbol bintang. Kode ini relatif mudah dipahami dan dimengerti semoga kode yang disajikan ini bisa dijadikan referensi untuk dijadikan latihan mengembangkan dan meningkatkan logika pemrograman yang kita semua miliki. Memahami kode ini bilamana sudah sering berlatih membuat program komputer maka tidak akan memerlukan waktu yang lama. Langsung saja teman - teman cermati dan pahami kode contoh berikut ini, bilamana ada yang kurang dipahami silahkan menuliskan komentar untuk tulisan kali ini.

/*
author : rowcode.blogspot.com
slogan : tenang dan apa adanya mempelajari apa adanya
program: program menampilkan bentuk segitiga siku - siku
*/

/*--- Awal Kode ----*/

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    //inisialisasi variabel
    int jum_baris = 19;   

    // judul program 
    printf("======================================================\n"
           "   PROGRAM MENAMPILKAN BENTUK SEGITIGA SIKU - SIKU \n"
           "         ( Author : rowcode.blogspot.com )         \n"
           "======================================================\n\n");
    
    
    for(int baris = 1 ; baris <= jum_baris ; baris++)
    {       
       
        for(int kolom = 1 ; kolom <= baris ; kolom++ )
        {
            printf("*");
        }       
        printf("\n");
    }
    
    printf("\n");
    
    system("pause");
    return(0);
}

/*--- Akhir Kode ----*/ 

Kode program di atas ini merupakan kode yang dapat dipegunakan sebagai latihan dan bisa diubah - ubah sesuka hati. Dengan terus bereksperimen dalam membuat program - program komputer tentunya juga akan bisa meningkatkan daya logika pemrograman yang dipunyai. Tentunya ra
sa lelah dan jenuh dalam membuat program pun akan menghantui pada pikiran kita. Tetapi pikiran ini harus bisa kita abaikan. Kode program di atas merupakan kode program yang pendek sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama guna memahaminya. Memahami suatu kode orang lain juga dapt melatih kemampuan analisa program yang kita miliki, ketika kita berhasil memahami alur kerja dari kode orang lain tentunya akan memberikan manfaat bagi kita sendiri secara tidak langsung.

Bila kode yang disajikan di atas berhasil dijalankan dengan benar maka akan memperlihatkan tampilan seperti yang diperlihatkan oleh gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini merupakan bentuk segitika siku - siku yang tersusun dari simbol bintang. Pada segitiga ini menunjukan program yang dibuat berhasil berjalan dengan sebagaimana seharusnya atau berjalan dengan normal. Langsung saja amati tampilan dari bentuk segitiga siku - siku yang diperlihat oleh program yang telah dibuat.


Kode Program Bahasa C Menampilkan Bentuk Segitiga Siku - Siku Penuh
Susunan bintang memberntuk segitiga siku - siku
Gambar yang ditampilkan di atas ini merupakan tampilan program yang telah dibuat ketika dijalankan dan berhasil menampilkan susunan simbol bintang membentuk pola segitiga siku - siku. Dengan berhasilnya program menampilkan bentuk segitiga siku - siku maka dapat memberikan pemahaman bahwasanya kode program yang dibuat telah berhasil dengan baik. Kode program yang disajikan pada tulisan kali ini tentunya bisa diubah untuk menghasilkan bentuk segitiga siku yang berbeda dari tampilan pada tulisan kali ini. Dengan berhasil memunculkan tampilan segitiga siku - siku yang berbeda dari gambar di atas maka telah berhasil memahami kode yang diberikan di atas. Terus belajar dan mengembangkan kemampuan dalam memahami dan membuat kode program komputer yang lebih baik.


Tulisan kali ini merupakan tulisan yang alakadarnya semoga bisa dipergunakan untuk berlatih membuat program komputer. Cukup sampai disini dahulu pemaparan kali ini yang disajikan, bilamana ada kekurang lengkapan maka penulis meminta maaf yang sebanyak - banyaknya. Terus belajar, berkreasi untuk menjadi lebih baik. Terus belajar selama masih ada waktu dan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon