Menampilkan Segitiga Pascal Dengan Bahasa C

11:39 pm
Segitiga pascal merupakan suatu bentuk segitiga yang tersusun dari angka - angka yang unik. Latihan membuat program atau source code untuk menampilkan segitiga pascal dapat digunakan untuk melatih logika pemrograman. Selain itu untuk membuat suatu bentuk segitiga pascal bisa dijadikan suatu permainan bagi kita yang sedang belajar pemrograman. Segitiga pascal memiliki rumus tertentu dalam pembentukannya, rumus untuk menampilkan segitiga pascal dapat dicari atau dipelajari lewat internet dengan melakukan browsing melalui mesin pencari. Ketika kita melakukan pencarian tentunya kita akan mendapatkan berbagai informasi yang lebih mengenai segitiga pascal. Pada tulisan ini kita akan sama - sama mengetahui bagaiman kode dalam bahasa pemrograman C untuk menampilan dan membentuk susunan angka - angka pada segitiga pascal tersebut. Semoga dengan kita berlatih kita semakin menjadi tahu mengenai berbagai macam cara untuk berlatih pemrograman komputer. Dan tentunya dengan berlatih kita akan semakin menambah pengalaman kita dalam membuat program komputer.

Berdasarkan hasil mencari - cari referensi lewat mensin pencari di internet ada yang memberikan pengertian dari segitiga pascal. Ada suatu tulisan yang menyebutkan segitiga pascal merupakan suatu bentuk aturan geometri yang berbentuk segitiga. Dalam pembentukan angka - angka pada segitiga pascal pada awalnya terdiri dari baris dan kolom yang mana pada baris pertama berisi satu kolom yang mana diberi nilai satu. Untuk baris kedua dan baris seterusnya nilai pada masing masing kolom setiap barisnya di dapatkan dengan menjumlahkan dua nilai bilangan pada baris di atasnya dengan kolom disebelah kanan dan kiri.

Tulisan ini tidak membahas mengenai rumus segitiga pascal tetapi yang diberikan oleh tulisan ini adalah sedikit pembahasan untuk membuat source code dalam bahasa C untuk menampilkan bentuk segitiga pascal. Latihan membuat program menampilkan bentuk segitiga pascal tentunya dengan menggunakan rumus dari segitiga pascal tersebut. Penggunaan rumus ini untuk menentukan bilangan dengan nilai berapa saja yang termasuk di dalam anggota bilangan segitiga pascal. Dalam menanamkan rumus atau logika dari algoritma pemrograman harus benar - benar dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan hasil saat program dijalankan.

Contoh tampilan segitiga pascal :

           1               =>  baris 1
         1  1             =>  baris 2
        1 2 1            =>  baris 3
      1 3 3 1           =>  baris 4
    1 4 6 4 1          =>  baris 5

Contoh tampilan di atas merupakan tampilan segitiga pascal pada lima baris pertama :
  • baris 1 : baris ke satu dari segitiga pascal yang terdiri dari satu kolom dan berisi nilai 1.
  • baris 2 : baris ke dua dari segitiga pascal yang terdiri dari dua kolom yang masing - masing kolom berisi nilai 1. 
  • baris 3 : baris ke tiga dari segitiga pascal yang terdiri dari tiga kolom yang masing - masing kolomnya berisi nilai 1 2 1 yang mana nilai 2 berasal dari penjumlahan nilai 1 yang berada pada kolom dan baris sebelumnya. 
  • baris 4 : baris ke empat dari segitiga pascal yang mana terdiri dari empat kolom dan berisi nilai 1 3 3 1. Untuk nilai 3 didapatkan dari hasil penjumlahan nilai pada kolom dan baris sebelumnya yaitu penjumlahan antara nilai 1 dengan nilai 2. 
  • baris 5 : baris ke lima dari segitiga pascal yang teridiri dari lima kolom dan masing - masing kolom diisi oleh nilai 1 4 6 4 1 untuk nilai 6 dan 4 pada baris ini juga didapatkan berdasarkan hasil penjumlahan antara nilai pada masing - masing kolom yang terdapat di baris sebelumnya atau baris ke 4.
Pada contoh tampilan segitiga pascal di atas dapat di amati kalau jumlah kolom pada masing - masing baris segitiga pascal jumlahnya sama dengan nomor urut baris yang dimiliki oleh segitiga pascal tersebut.

Source code menampilkan segitiga pascal dengan menggunakan bahasa C :

Dalam membuat kode untuk menampilkan segitiga pascal dalam bahasa C kita menggunakan array dua dimensi. Untuk pembahasan mengenai array dua dimensi bisa di cari diinternet melalui mensin pencari karena maaf admin belum menuliskan pembahasan mengenai array pada blog ini. Langsung saja untuk salah satu contoh source code menampilkan segitiga pascal dengan menggunakan bahasa C bisa disimak seperti source code di bawah ini.

/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program: program menampilkan segitiga pascal
*/
/*--- Awal Kode ----*/
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    //inisialisasi variabel
    int jum_baris = 5,spasi = jum_baris;    
    int pascal[jum_baris][jum_baris];    
    pascal[1][1] = 1;
    pascal[2][1] = 1;
    pascal[2][2] = 1;    
    // judul program 
    printf("======================================================\n"
           "        PROGRAM MENAMPILKAN SEGITIGA PASCAL \n"
           "    ( Author : Aristiawan [rowcode.blogspot.com] )         \n"
           "======================================================\n\n");    
    for(int baris = 1 ; baris <= jum_baris ; baris++)
    {
        // untuk mencetak spasi        
        for(int cetak = 0 ; cetak < spasi ; cetak++)
        {
            printf(" ");
        }        
        // mencetak nilai pascal
        for(int pascal_kolom = 1 ; pascal_kolom <= baris ; pascal_kolom++ )
        {
            if(pascal_kolom == 1 || pascal_kolom == baris)
            {
                pascal[baris][pascal_kolom] = 1;
            }
            else 
            {
                pascal[baris][pascal_kolom] = pascal[baris-1][pascal_kolom-1] + pascal[baris-1][pascal_kolom];                
            }            
            printf("%d ",pascal[baris][pascal_kolom]);
        }        
        spasi--;
        printf("\n");
    }    
    printf("\n");    
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Kode di atas merupakan salah satu kode dalam bahasa C untuk menampilkan segitiga pascal dengan lima baris pertama dan tampilannya yang dihasilkan setelah program dijalankan kurang lebih seperti contoh di atas.

Screenshot program menampilkan segitiga pascal dengan menggunakan bahasa C :
Gambar di bawah ini merupakan screenshot program setelah dijalankan dengan menampilkan segitiga pascal lima baris pertama sama seperti dengan contoh di atas. Dengan memperhatikan tampilan dari program saat dijalankan kita dapat mengabil pemahaman bahwasanya kode program yang dibuat dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya ketika dieksekusi.

Menampilkan Segitiga Pascal Dengan Bahasa C

Pada tampilan gambar yang diperlihatkan di atas tentunya dapat diketahui kode program yang dibuat dapat berjalan secara normal. Untuk kode program di atas dapat dicontoh dan dijadikan bahan latihan membuat program yang mana dengan terus berlatih membuat program maka logika pemrograman yang kita punyai akan semakin bertambah. Sehingga kita tidak mudah menyerah untuk membuat suatu program yang mana kala program tersebut belum pernah dibuat sebelumnya.

Tulisan lain yang bisa disimak mengenai latihan membuat program dalam bahasa C "menampilkan deret fibonacci dengan bahasa C".

Semoga sedikit tulisan latihan membuat program "menampilkan segitiga pascal dengan bahasa C" ini bisa memberi manfaat dan mudah dipahami. Bilamana ada yang kurang dipahami dari tulisan ini bisa membuat komentar pada kolom komentar sehingga bisa didiskusikan dan akhir dapat sama - sama paham sehingga menambah pengetahuan bersama.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon