Source Code Mencetak Bentuk Belah Ketupat atau Diamond Dengan Bahasa C

6:14 am
Menampilkan bentuk belah ketupat yang dalam bahasa inggris disebut rhombus dan biasa juga dinamakan dengan bentuk diamond dalam dunia pemrograman bisa digunakan untuk latihan membuat program dan mengasah logika kita. Belah ketupat ( rhombus ) atau bentuk diamond merupakan suatu bentuk bangun datar yang mana mempunyai sisi berjumlah empat dan panjangnya sama, dengan mempunyai dua garis diagonal yang membagi menjadi dua bagian yang simetris. Dapat dikatakan untuk membentuk suatu belah ketupat atau diamond dapat dilakukan dengan menggabungkan dua buah segitiga yang panjang ke dua sisi segitiga sama. Bentuk belah ketupat atau diamond juga dapat dibentuk dengan mengabungkan empat buah segitiga siku - siku.

Latihan membuat program dalam bahasa C kali ini adalah membuat source code program yang menampilkan simbol * membentuk suatu pola belah ketupat atau pola berbentuk diamond. Dalam membuat bentuk belah ketupat atau diamond pertama yang dibuat adalah kode untuk menampilkan segitiga sama kaki ke- 1. Dan selanjutnya adalah kode atau source code untuk segitiga sama kaki ke- 2 dalam posisi terbalik ( posisi bagian lancip di bagian bawah ). Tahapan selanjutnya menggabungkan kode segitiga ke- 1 dengan kode segitiga ke- 2 untuk menghasilkan suatu bentuk belah ketupat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak source code di bawah ini.

Source code atau kode program untuk menampilkan pola belah ketupat atau pola diamond dengan bahasa C :
/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program: program menampilkan bentuk atau pola belah ketupat
*/
/*--- Awal Kode ----*/
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    //inisialisasi variabel
    int spasi, segitiga = 1 , jum_bintang = 19;    
    spasi = jum_bintang/2; // untuk mendapatkan jumlah sepasi yang dicetak
    // judul program 
    printf("======================================================\n"
           "  PROGRAM MENAMPILKAN BENTUK ATAU POLA BELAH KETUPAT \n"
           "             ( Author : Aristiawan)         \n"
           "======================================================\n\n");    
    for(int baris = 1 ; baris <= jum_bintang ; baris++)
    {
        // awal kode mencetak segitiga sama kaki bagian lancip menghadap ke atas
        if(spasi>0 && segitiga == 1)
        { 
         segitiga = 1;
            for(int kolom = 1 ; kolom <= jum_bintang ; kolom++)
            {            
                if(kolom > spasi && kolom <= (jum_bintang-spasi))
                {
                    printf("*"); // mencetak simbol bintang membentuk segitiga bagian atas belah ketupat
                }
                else if(kolom > (jum_bintang-spasi))
                {
                    printf(" "); // untuk mencetak sepasi ruang kosong
                }
                else
                {
                    printf(" "); // untuk mencetak sepasi ruang kosong
                }
            }
            printf("\n"); // untuk ganti ke baris berikutnya
            --spasi;
        }
        // awal kode mencetak segitiga sama kaki bagian lancip menghadap ke bawah
        else if(spasi<=0 || segitiga == 2 )
        {
            segitiga = 2;
            for(int kolom = 1 ; kolom <= jum_bintang ; kolom++)
            {            
                if(kolom > spasi && kolom <= (jum_bintang-spasi))
                {
                    printf("*"); // mencetak simbol bintal guna membentuk segitiga bagian bawah belah ketupat
                }
                else if(kolom > (jum_bintang-spasi))
                {
                    printf(" "); // untuk mencetak sepasi ruang kosong
                }
                else
                {
                    printf(" "); // untuk mencetak sepasi ruang kosong
                }
            }
            printf("\n"); // untuk ganti ke baris berikutnya
            ++spasi;
        }
    }    
    printf("\n");    
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Source code atau kode program di atas merupakan contoh kode program dalam bahasa C untuk menampilkan pola bangun datar belah ketupat. Contoh kode program tersebut bisa di salin dan dimodivikasi sesuai dengan kreasi kita sendiri. Terus berlatih untuk mengasah logika kita agar semakin bisa.

Penjelasan atau keterangan maksud dari beberapa kode program yang dipakai 

Berdasar pada contoh kode program yang dipergunakan dalam latihan membuat program bahasa C kali ini maka akan sedikit diberikan penjelasan dari maksud penggunaan beberapa kode program. Kode program yang dijelaskan disini hanya meliputi beberapa kode saja disamping itu pada contoh kode yang dituliskan di atas juga sudah diberi komentar penjelas pada kode yang berkaitan. Langsung saja di bawah ini merupakan memperjelas maksud dari beberapa kode program.
int spasi, segitiga = 1 , jum_bintang = 19; => Kode pemrograman di atas dipergunakan untuk melakukan pendeklarasian atau penginisialisasian variabel yang mana variabel itu nanti digunakan untuk melakukan beberapa operasi yang dilakukan oleh program yang telah jadi ketika beroperasi dengan normal.
spasi = jum_bintang/2;=> Penulisan kode dalam bentuk atau struktur seperti ini maksudnya untuk memberkan nilai awal pada variabel spasi. Nilai itu nantinya digunakan oleh program untuk melakukan operasi yang sudah ditentukan dalam tahap penulisan kode program sehingga ketika program beroperasi dapat berjalan sebagaimana yang seharusnya.
Penjelasan penggunaan variabel pada program yang dibuat
Variabel spasi => Variabel ini dipergunakan untuk membentuk tampilan dari belah ketupat simetris atau untuk membuat menampilkan jarak dari tepi layar monitor sehingga bentuk dari bentuk belah ketupat yang ditampilkan menjadi terlihat simetris.
Variabel segitiga => Karena pada pembuatan pola bentuk belah ketupat pada latihan membuat program kali ini menggunakan dua buah segitiga yaitu segitiga bagian atas ( segitiga bagian lancip menghadap ke atas ) dan segitiga bagian bawah ( segitiga bagian lancip menghadap ke bawah ). Variabel ini untuk membedakan waktu pencetakan antara segitiga bagian atas dengan segitiga bagian bawah.
Variabel jum_bintang =>  Penggunaan variabel ini untuk menampung nilai banyaknya simbol bintang yang akan di tampilkan pada baris tengah dalam posisi horizontal. Kemudian nilai yang tertampung pada variabel ini dimasukkan ke dalam proses yang dilakukan program untuk mencetak tampilan belah ketupat di layar monitor komputer.

Untuk tampilan dari kode program di atas ketika dieksekusi atau di jalankan seperti diperlihatkan oleh beberapa gambar di bawah ini.

Di bawah ini merupakan tampilan atau gambar yang memperlihatkan mengenai hasil dari program atau kode program yang telah dibuat ketika berhasil dieksekusi tentunya dengan tidak dijumpai adanya masalah. Apabila dijumpai terdapat masalah maka tidak akan dapat muncul tampilan seperi di bawah ini atau dengan kata lain program tidak mau berjalan. Tampilan program di bawah ini memperlihatkan bahwa program menampilkan pola bentuk belah ketupat atau diamond yang dibentuk oleh susunan tanda bintang yang berjumlah 19 pada bagian tengah garis horizontal.

Source Code Mencetak Bentuk Belah Ketupat Dengan Bahasa C
Gambar 1

Gambar 1 merupakan gambar tampilan kode program untuk menampilkan bentuk belah ketupat secara untuh. Bentuk belah ketupat ini merupakan gabungan antara segitiga yang bagian lancip menghadap ke arah atas dengan bangun datar segitiga yang bagian lancipnya menghadap ke arah bawah. Dengan kata lain untuk membentuk pola belah ketupat kita memerlukan dua buah kode yang menampilkan pola segitiga dengan arah bagian lancip berlawanan.

Tulisan latihan membuat program dalam bahasa C lainnya yang bisa dijadikan bahan latihan membuat program komputer terntunya mengenai "membuat bentuk segitiga sama sisi".

Begitulah salah satu contoh kode program yang dapat dipergunakan untuk menampilkan bentuk belah ketupat dengan menggunakan bahasa C. Semoga tulisan kali ini mudah dimengerti dan memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon