Menjadi Programmer Itu Mudah - Mudah Sulit

3:41 am
Berkeinginan untuk menjadi seorang programmer, barang kali sedikit orang yang tertarik untuk menjadi seorang programmer. Banyak orang berpendapat masa depan seorang programmer seperti masa depan seorang tukang atau seorang kuli dalan bilang informatika. Dengan adanya anggapan seperti itu maka banyak orang yang menganggap pekerjaan sebagai seorang programmer adalah pekerjaan yang sepele. Terkadang ada yang menganggap seorang programmer itu di panggil jika mereka dibutuhkan saja. Terus sekarang apakah masih ada yang berkeinginan untuk menjadi seorang programmer? Jawabnya tentu saja masih ada, karena penulis artikel ini juga berkeinginan menjadi seorang programmer yang baik tentunya. Kenapa penulis ingin menjadi seorang programmer? Pertanyaan seperti demikian juga pernah terlintas di dalam pikiran penulis sendiri. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut silahkan menyimak tulisan ini lebih lanjut. Pada artikel yang ditulis kali penulis berusaha mengulas perjuangan untuk menjadi seorang programmer tentunya dengan menggunakan gaya bahasa dari penulis sendiri.

Programmer adalah suatu pekerjaan yang unik dan tentunya berbeda dengan pekerjaan pada umumnya yang orang - orang awam ketahui. Seorang programmer mempunyai pandangan yang berbeda dengan orang biasa. Mereka para programmer berusaha untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara yang mudah dan tentunya dengan hasil yang memuaskan. Dengan adanya programmer maka dapat melahirkan program - program komputer yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Jalan pikiran dari seorang programmer tentunya berbeda dengan jalan pikiran orang pada umumnya, seorang programmer mempunyai pola pikir yang pantang menyerah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi segala permasalahan.

Menjadi seorang programmer tentunya harus melalui suatu proses penempaan yang sangat luar biasa baik dari segi mental maupun logika pemrograman yang dimiliki. Seorang programmer mengalami penempaan dari segi mental, mereka selalu dituntut untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan bahkan terkadang permasalahan tersebut jika dipandang secara orang biasa tidak mungkin untuk dikerjakan. Di dalam pikiran seorang programmer suatu permasalahan tersebut harus dicari bagaimana menyelesaikannya. Mental dari seorang programmer harus benar - benar teruji, mereka harus kuat mnghadapi tekanan baik dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain. Ketika orang lain berpendapat kalau permasalahan tersebut sulit atau bahkan tidak mungkin untuk dikerjakan tetapi di dalam pikiran seorang programmer harus benar - benar tertanam untuk mencari penyelesaian dari problem atau permasalahan yang sedang dihadapi.

Logika yang dimiliki oleh seorang programmer harus terus bisa berjalan guna menghasilkan suatu program yang bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan manusia. Seorang programmer harus terus mengasah logika mereka, agar dapat menghasilkan program yang benar - benar berjalan secara efektif dan efisien serta dapat memenuhi kebutuhan. Keinginan seorang programmer untuk selalu meningkatkan kemampuan logika pemrograman yang dimiliki maka akan dapat terus menumbuhkan semangat dari seorang programmer dalam menghasilkan berbagai macam program komputer yang bermanfaat dan berkualitas. Dengan adanya semangat terus berkembang yang dimiliki seorang pembuat program maka tingkat logika yang dimiliki orang tersebut akan semakin terasah dan tentunya seorang pembuat program tersebut akan selalu berusaha terus meningkatkan kemampuan logika yang dimiliki. Guna meningkatkan kemampuan logika pemrograman yang dimiliki tentunya semangat rasa ingin tahu dan ingin mencoba harus terus dikembangkan dan benar - benar dijaga.

Menjaga logika pemrograman agar tetap bisa bekerja dengan stabil guna menghasilkan program yang baik bukan merupakan perkara yang mudah. Logika pemrograman yang dimiliki oleh seseorang tentunya dapat naik atau turun, kebanyakan penyebab dari naik turunnya logika pemrograman yang dimiliki seseorang adalah perasaan atau kondisi kejiwaan dari seseorang tersebut. Guna menjaga logika pemrograman tetap normal dan terus berjalan maka harus dilakukan penjagaan pada kondisi kejiwaan yang dimiliki. Seorang pembuat program tentunya tidak boleh dalam kondisi stress mereka harus tetap tenang. Ketika kondiri kejiwaan tenang maka seseorang pembuat program akan dapat menghasilkan program dengan alur logika yang jelas dan tentunya tidak akan banyak menjumpai masalah dalam membuat program tersebut.

Ketika membuat suatu program, seorang programmer harus dengan sabar dalam mengetikan berbaris - baris kode demi menghasilkan program yang baik dan berguna. Pada saat mengetikan kode inilah tingkat kesabaran dan kefokusan dari seorang pembuat program diuji. Tentunya ketika terbiasa sabar mengetikan kode program dari bahasa pemrograman tertentu maka rasa sabar tersebut akan melekat pada kepribadian pembuat program tersebut. Kebiasaan fokus dalam mengetik kode program supaya tidak terjadi kesalahan maka dapat membuat kemampuan berfikir dari pembuat program komputer tidak mudah untuk diganggu oleh gangguan dari luar. Seorang pembuat program dilatih dan ditempa agar mempunyai tingkat kesabaran dan kefokusan yang tinggi dalam menghasilkan suatu program.

Programmer diharuskan tidak menyerah dalam membuat program, mereka para programmer harus terus memiliki prinsip pantang menyerah dan selalu semangat. Semangat pantang menyerah sangatlah penting bagi seorang pembuat program. Tentunya disamping semangat pantang menyerah mereka juga diupayakan untuk selalu tenang dan tidak mudah terburu - buru dalam mengerjakan suatu program. Apabila dalam mengerjakan program dalam kondisi terburu - buru akibatnya banyak masalah yang dijumpai pada tahap pembuatan program. Jika masalah muncul dan kodisi tidak tenang tentunya dapat berakibat permasalahan tersebut dapat menyebabkan permasalahan lainnya yang seharusnya tidak perlu muncul. Ketika mengerjakan suatu program dengan terburu - buru terkadang malah membuat waktu pengerjaan program tersebut semakin lama dengan demikian lebih baik mengerjakan program dengan kondisi jiwa yang tenang.

Para programmer selalu berusaha berlatih untuk menjadikan tingkat kemampuan yang mereka miliki selalu meningkat, sehingga dapat terus menghasilkan program yang bermanfaat. Berlatih yang dilakukan pembuat program guna meningkatkan keterampilan yang dimiliki tentunnya tidak boleh ditinggalkan dari agenda seorang programmer. Seorang pembuat program tidak boleh cepat puas apabila berhasil menghasilkan suatu program, mereka harus terus berlatih dengan terus berlatih tentunya akan banyak keterampilan lebih yang akan diperoleh. Ketika tingkat keterampilan meningkat dan bertambah dapat menjadikan pembuat program tersebut semakin tenang dalam membuat suatu progam dengan tenang dapat membuat program yang dihasilkan sesuai dengan harapan dari analisis sebelumnya.

Ketika ada kesempatan yang sedikit atau peluang yang kecil, di dalam pandangan programmer hal tersebut adalah kesempatan yang sangat besar dan harus bisa dimanfaatkan. Programmer  mempunyai pandangan ke depan, terus belajar untuk menjadi lebih baik dan berkembang dari sebelumnya. Kemampuan dalam mencari peluang guna mnyelesaikan suatu permasalahan memang harus terus dikembangkan. Ketika sudah terbiasa mencari peluang atau celah dari suatu permasalahan maka seberapa pun sulitnya dari program yang dibuat tidak akan membuat seorang programmer untuk menyerah.

Proses untuk menjadi seorang programmer yang benar - benar bermanfaat, tentunya tidak mudah ataupun juga tidak sulit seperti yang dibayangkan. Anggapan sulit atau tidaknya dalam menjalani suatu proses itu tergantung pada diri pribadi masing - masing. Begitu pula anggapkan kalau programmer itu sebagai seorang kuli dalam dunia informatika itu juga tergantung bagaimana diri kita dalam menyikapinya. Pada dasarnya semuanya tergantung bagaimana diri kita dalam mengangap dan menyikapi suatu hal tersebut.

Ada pun tulisan lainnya yang bisa disimak mengenai "mengapa ingin menjadi programmer".

Sekian tulisan dengan judul "menjadi programmer itu mudah - mudah sulit" semoga dapat menjadikan inspirasi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon