Operasi Input dan Operasi Output Bahasa Pemrograman C

4:07 pm
Input dan output di dalam bahasa pemrograman tentunya akan kita jumpai pada saat kita belajar pemrograman komputer. Sudah menjadi hal biasa kita akan berhubungan dengan yang namanya input atau output dari suatu program saat kita belajar pemrograman. Macam - macam operasi input ataupun operasi output dari bahasa pemrograman yang satu dengan bahasa pemrograman yang lain tentunya tidak sama tetapi memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda. Pada dasarnya antara bahasa pemrograman yang beraneka macam jenisnya memiliki pola pemrograman sejenis datau tidak jauh berbeda. Hal inilah yang dapat mempermudah kita dalam mempelajari pemrograman komputer apabila kita sudah mengerti bahasa pemrograman tertentu maka untuk belajar bahasa pemrograman yang lain kita tinggal menyesuaikan dengan pola pemrograman yang ada atau sintaks pemrograman yang digunakan oleh bahasa pemrograman tersebut.

Operasi input dalam pemrograman komputer dipergunakan untuk menyimpan suatu nilai ke dalam variabel tertentu yang diperoleh melalui peralatan input. Peralatan input dalam program komputer yang biasa digunakan adalah keyboard tepatnya tombol - tombol keyboard yang berfungsi atau dalam keadaan normal. Nilai yang disimpan di dalam variabel kemudian dilakukan pengolahan oleh program berdasarkan alur proses atau algoritma pemrograman yang telah ditentukan di dalam program tersebut ketika dalam proses pembuatan program. Nilai diproses oleh program untuk menghasilkan suatu nilai baru yang kemudian disebut dengan hasil atau output program.

Output dari program ini akan diperlihatkan melalui operasi output. Operasi output pada pemrograman dipergunakan untuk menampilkan nilai data output program ke peralatan output sebagai keluaran. Program yang dibuat bisa mengeluarkan output melalui suatu perangkat output contohnya saja yang umum dijumpai adalah layar monitor pada komputer. Layar monitor ini menampilkan output dari program ketika program tersebut berjalan dan beroperasi secara normal.

Tulisan kali ini akan sedikit membahas mengenai operasi input dan operasi output yang ada dalam bahasa pemrograman C. Pada umumnya kegunaan dari operasi input atau operasi output pada suatu bahasa pemrograman tidak jauh berbeda tetapi adapun yang biasa menjadi pembedanya terletak pada sintaks pemrograman yang dipergunakan oleh bahasa pemrograman tersebut.

Operasi Input

Operasi input ini dipergunakan untuk menyimpan suatu nilai dari sumber inputan ke dalam variabel tertentu. Sumber inputan dari suatu program diantaranya seperti keyboard, disk dan lain - lain.

Beberapa library standar yang berkaitan dengan operasi input pada bahasa pemrograman C diataranya :
  • getchar();
  • getch();
  • getche();
  • gets();
  • scanf();

Fungsi getchar()

Library fungsi getchar() ini dipergunakan sebagai operasi inputan untuk mengembalikan sebuah karakter berupa nilai ASCII yang berasal dari keyboard. Karakter yang telah terdeteksi di tampilkan pada layar monitor. Library ini menunggu sampai tombol ENTER pada keyboard ditekan untuk melanjutkan pada proses selanjutnya pada program yang sedang berjalan. Library getchar() ini terletak pada file header stdio.h .

Fungsi getch()

Library fungsi getch() ini dipergunakan untuk mengembalikan satu karakter yang berasal dari keyboard. Karakter pada waktu diinputkan tidak ditampilkan pada layar monitor. Library fungsi ini juga tidak menunggu tombol ENTER ditekan terlebih dahulu untuk melanjutkan pada proses berikutnya. File header dari library ini adalah conio.h.

Fungsi getche()

Library fungsi getche() ini dipergunakan untuk mengembalikan satu karakter dari keyboard. Karakter yang diinputkan ditampilkan pada layar monitor. Dengan menggunakan library fungsi getche() ini maka tidak menunggu sampai tombol ENTER ditekan untuk mengerjakan proses berikutnya yang ada di dalam program. Library fungsi getche() terdapat pada file header conio.h.

Fungsi gets()

Library fungsi gets() dipergunakan untuk membaca string dari keyeboar sampai baris baru dan disimpan sementara. Selanjutnya baris baru dirubah menjadi karakter null (\0). Library ini mengembalikan NULL jika terjadi error dan mengembalikan nilai yang telah disimpan sementara jika berhasil atau operasi yang dijalankan sukses.

Fungsi scanf()

Library fungsi scanf() dipergunakan untuk memindai serangkaian inputan dalam penyimpanan sementara, memindai satu karakter dalam satu saat. Semua tipe argument pada fungsi scanf() adalah pointer (alamat dari variabel). Fungsi ini terdapat pada file header stdio.h.
 

Operasi Output

Operasi output ini dipergunakan untuk menampilkan atau memperlihatkan hasil keluaran dari progrom melalui alat keluaran. Alat keluaran yang biasa digunakan salah satunya monitor komputer.

Beberapa library standar yang biasa digunakan dan berkaitan dengan operasi output pada bahasa pemrograman C antara lain :
  • putchar();
  • putch();
  • puts();
  • printf();

Fungsi putchar()

Library fungsi putchar() digunakan untuk menampilkan karakter ke layar monitor pada kursor, kemudian setelah karakter tampil kursor bergerak pada posisi berikutnya. Terdapat pada file header stdio.h.

Fungsi putch()

Library fungsi putch() mempunyai kegunaan seperti putchar(ch) yang mana untuk menampilkan karakter dari ch ke layar monitor. Terdapat pada file header conio.h.

Fungsi puts()

Library fungsi puts() dipergunakan untuk menampilkan string ke layar monitor dan memindahkan kursor ke baris baru. Terdapat di dalam file header stdio.h.

Fungsi printf()

Library fungsi printf() dipergunakan untuk menampilkan sejumlah nilai data ke standard output dengan format tertentu. Standard output biasanya layar monitor sedangkan standard input biasanya adalah keyboard. Terdapat di dalam file header stdio.h.

Jenis - jenis operator dalam bahasa pemrograman terdapat pada tulisan "macam - macam operator pemrograman".


Demikian tulisan mengenai operasi input dan operasi output pada bahasa pemrograman C semoga bisa memberi manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon