Program Bahasa C Menghitung Luas Persegi

2:58 pm
Persegi merupakan salah satu jenis dari bangun datar yang mana semua sisinya memiliki nilai ukuran panjang sama. Tulisan ini akan membahas mengenai membuat program sederhana dalam bahasa pemrograman C untuk menghitung nilai luas dari persegi. Pada program menghitung luas persegi ini kita hanya membutuhan satu nilai masukkan masukan yang akan diproses oleh program. Masukkan yang diperlukan adalah nilai panjang sisi dari persegi. Kemudian nilai panjang sisi persegi tersebut akan diproses dengan dimasukkan ke dalam rumus mencari nilai luas persegi yaitu nilai panjang sisi persegi dipangkatkan dua atau dikuadratkan yang mana ditulis dalam rumus sebagai berikut:

Rumus Luas Persegi:

Dalam menentukan luas bangun datar persegi pada pemrograman komputer terlebih dahulu ditentukan cara mentukan luas bangun datar persegi tersebut. Berikut ini merupakan salah satu rumus yang bisa dipergunakan untuk mencari nilai luas dari bangun datar persegi.

L = s2
Atau
L = s x s
Keterangan Rumus Persegi:
L = luas persegi
s = panjang sisi persegi

Rumus mencari nilai luas dari bangun datar persegi di atas tentunya akan menjadi proses utama dalam program untuk menghasilkan nilai luar persegi. Rumus ini akan digunakan untuk memproses nilai masukkan yang telah didapatkan, seperti yang telah disebutkan pada awal artikel ini kalau program yang akan dibuat hanya memerlukan satu macam masukkan yaitu berupa nilai panjang salah satu sisi dari persegi tersebut. Jadi dengan demikian nilai yang akan diproses dengan menggunankan rumus ini adalah nilai panjang sisi dari persegi.

Alur pengerjaan program atau algoritma menghitung luas persegi :

Ketika membuat suatu program tentunya tidak serta merta program tersebut dapat menghasilkan keluaran yang di inginkan. Suatu program memiliki langkah - langkah yang harus dipenuhi untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan oleh pengguna dan berikut ini merupakan langkah kerja dari program untuk menghasilkan nilai luas bangun datar persegi
  1. Mulai
  2. Membaca nilai masukan berupa panjang sisi persegi
  3. Memproses nilai masukkan dengan memasukkan pada rumus luas persegi
  4. Menampilkan nilai hasil luas persegi
  5. Selesai
Alur pengerjaan yang dilakukan oleh program kurang lebih seperti di atas, merupakan salah satu bentuk alur pengerjaan program yang dapat digunakan. Untuk membuat model atau bentuk pemrograman dengan macam yang lain tentunya bisa dilakukan dangan alur kerja atau algoritma pemrograman yang berbeda sesuai dengan kreasi dari pembuat program tersebut.
Penulisan kode program atau sourcecode program menghitung luas persegi menggunakan bahasa pemrogram C :

Penulisan salah satu kode program dalam bahasa pemrograman C yang dapat dipergunakan seperti yang ditampilkan pada kode di bawah ini. Untuk latihan membuat program kode ini bisa dimodivikasi sesuai dengan kreasi yang dimiliki oleh pembuat program. Dengan terus berlatih dan melakukan modivikasi pada contoh program yang ada tentunya akan menambah pengalaman dalam membuat suatu program.

/* Awal Kode */
/* Program Luas Persegi */
/*
Developer : Aristiawan
Slogan : tenang dan apa adanya
*/

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <math.h>
int main()
{
  int sisi, luas;
  printf("===========================================\n"
         "Program Menghitung Luas Persegi Bahasa C\n"
         "===========================================\n\n");
  printf("Panjang Sisi: ");scanf("%d",&sisi);  
  luas = pow(sisi,2);  
  printf("\nLuas = %d ^ 2 = %d\n\n",sisi, luas);
  system("PAUSE");
  return(0);  
}
/* Akhir Kode */

Penjelasan beberapa baris kode program

Berdasarkan pada kode program di atas merupakan salah satu bentuk penulisan kode yang bisa dipergunakan untuk membuat suatu program dalam bahasa C guna menampilkan atau menghitung nilai luas dari bangun datas persegi. Untuk maksud dari penulisan kode - kode tersebut akan sedikit diberi penjelasan mengenai beberapa kode untuk memperjalas apa fungsi dari penggunaan kode tersebut ketika program berhasil dieksekusi atau dijalankan. Penjelasan dari beberapa baris kode seperti yang dijelaskan berikut ini :

/* ........ */ => Penggunaan kode seperti ini merupakan untuk memberi penjelasan pada kode yang dibuat. Penjelasan dituliskan dengan menggantikan tanda titik - titik dan tulisan atau kata - kata penjelas yang ditulis dengan diantara tanda /* dan tanda */ maka pada saat program dijalankan tidak akan dihirauan atau diabaikan begitu saja sehingga program dapat dieksekusi dengan normal.
int sisi, luas; => Merupakan suatu bentuk kode program untuk melakukan inisialisasi variabel yang mana variabel ini nantinya dipergunakan untuk melakukan proses perhitungan pada program ketika program tersebut beroperasi atau dieksekusi. Penginisialisaian variabel ini perlu di lakukan sebelum variabel tersebut dipergunakan ke operasi dalam program.
printf("Panjang Sisi: "); => Kode pemrograman seperti ini dipergunakan untuk menampilkan tulisan "Panjang Sisi" pada layar monitor ketika program dijalankan. Tujuannya untuk memberitahu kepada pengguna agar memberikan nila panjang sisi bagun persegi tersebut dengan mengetikan nilainya pada keyboard.
scanf("%d",&sisi); => Fungsi penggunaan kode program ini ditujukan untuk mengambil nilai panjang sisi dari bangun datar persegi yang mana telah diinputkan atau dimasukkan oleh pengguna program. Untuk nilai yang sudah di dapat akan disimpan atau ditampung sementara pada alamat memori yang dimiliki oleh variabel sisi. Kemudian nilai yang ditampung ini akan dipergunan dalam operasi penghitungan untuk mendapat nilai luas dari bangun datar persegi tersebut.
luas = pow(sisi,2); => Penulisan kode ini dipergunakan untuk melakukan proses menghitung nilai dari luas persegi dengan menggunakan nilai panjang sisi yang telah ditampung pada variabel sisi. Pengolahan nilai dilakukan dengan menggunakan operasi kuadrat atau perpangkatan dua yang mana pada kode program menggunakan fungsi pow();. Kemudian hasil dari operasi perpangkatan tersebut ditampung atau disimpan pada alamat dimemori yang dimiliki oleh variabel luas.
printf("\nLuas = %d ^ 2 = %d\n\n",sisi, luas); => Kode program ini merupakan suatu kode yang dipergunakan untuk menampilkan hasil nilai dari pangjang sisi yang telah disimpan pada variabel sisi dan juga pada variabel luas. Ketika program dijalankan maka tampilan dari kode ini akan akan muncul saat program selesai melakukan proses perhitungan dan sebagai hasil akhir untuk nilai luas bangun datar persegi.
Tampilan hasil setelah program dijalankan:

Pada tampilan di bawah ini akan diperlihatkan tampilan atau screen shot program ketika telah jadi dan berhasil dieksekusi secara normal.

Program Bahasa C Menghitung Luas Persegi

Tampilan gambar di atas memperlihatkan mengenai keadaan dimanan saat program dijalankan atau ketika kode program yang telah dibuat sebelumnya dieksekusi. Ketika program di jalankan layar monitor komputer menampilkan tulisan yang meminta pengguna program untuk memasukkan atau menginputkan besar nilai panjang salah satu sisi dari persegi. Pada tampilan program yang diperlihatkan oleh gambar di atas, nilai panjang salah satu sisi yang diinputkan oleh pengguna adalah nilai 4. Selanjutnya nilai 4 ini diproses pada rumus mencari luas persegi yang telah ditanaman pada kode program. Pada akhirnya ketika proses penghitungan telah selesai program mendapatkan nilai luas dari persegi yaitu nilai 16.

Tulisan lain yang bisa untuk disimak "program menghitung luas segi empat dalam bahasa C".

Sekian sekelumit tulisan mengenai membuat program menghitung luas persegi dalam bahasa C semoga dapat mudah dipahami dan memberi manfaat. Bilamana dalam penulisan masih ada yang sukar untuk dipahami bisa menuliskan komentar pada kolom komentar pada bagian bawah dari halaman ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon