Struktur Pengulangan for , while , do-while pada Pemrograman Komputer

7:08 am
Pengulangan atau perulangan yang dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan looping, pada dunia pemrograman merupakan salah satu bentuk struktur pernyataan yang ada di dalam kode program komputer. Struktur perulangan atau pengulangan ini dibuat guna memberi tahu pada program komputer untuk melakukan suatu instruksi tertentu secara berulang - ulang. Proses pengulangan yang dilakukan terhadap instruksi tersebut sesuai dengan jumlah batas pengulangan yang telah ditentukan.

Di dalam dunia pemrograman terdapat tiga macam perulangan yang biasa dipergunakan. Ketiga macam struktur pengulangan atau perulangan tersebut memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk menjalankan suatu instruksi secara berulang - ulang sesuai dengan jumlah batas perulangan yang ditentukan. Ketika menjalankan fungsinya ketiga macam struktur perulangan tersebut memiliki karakteristik yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Tulisan kali ini akan membahas sebagian kecil mengenai macam dan karakteristik dari masing - masing macam struktur perulangan yang umum dipergunakan dalam dunia pemrograman.

Tiga macam struktur perulangan dalam pemrograman komputer :
  1. Struktur for
  2. Struktur while
  3. Struktur do-while

Struktur pengulangan for

Format penulisan atau sintaks

for (exp_A ; exp_B ; exp_C)
{
   statement;
}

atau

for (exp_A ; exp_B ; exp_C)
{
   statement_A;
       statement_B;
   statement_C;
   ...
}

Keterangan :

exp_A = inisialisasi untuk variabel kontrol
exp_B  = kondisi untuk penentuan perulangan ( melakukan pernyataan atau statement di dalam perulangan atau tidak )
exp_C  = increment atau decrement untuk nilai dari variabel kontrol

Keputusan penggunaan exp_A , exp_B , exp_C bersifat pilihan atau optional.

Prinsip kerja atau karakteristik pengulangan for :

Pada pengulangan for bagian statement akan terus di jalankan atau dieksekusi selama kondisi dari exp_B terpenuhi.
 

Struktur pengulangan while

Format penulisan atau sintaks :

while ( boolean exp ) statement;

atau

while ( boolean exp )
{
    statement_A;
    statement_B;
    statement_C;
    ...
}

Keterangan :

exp = merupakan ekspresi boolean yang digunakan untuk menentukan apakah bagian statement dijalankan atau tidak. Apabila nilai exp adalah TRUE maka bagian statement dijalankan tetapi sebaliknya jika nilai exp adalah FALSE maka bagian statement tidak adan dijalankan.

Prinsip kerja atau karakteristik pengulangan while :

Pada pengulangan while kemungkinan bisa saja bagian statement tidak akan pernah dijalankan atau dieksekusi ketika nilai exp ( ekspresi boolean ) bernilai FALSE. Struktur pengulangan while dimulai dengan mengeksekusi ekpresi boolean terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan ke bagian statement.

Struktur pengulangan do-while

Format penulisan atau sintaks :

do statement while ( boolean exp );

atau

do 
{

    statement_A;
    statement_B;
    statement_C;
    ...

} while ( boolean exp );

Keterangan :

exp = merupakan ekspresi boolean yang dijalan pada akhir proses pengulangan. Apabila nilai exp adalah TRUE maka kembali menjalankan bagian statement dan apabila nilainya FALSE maka pengulangan berhenti dan bagian statement tidak akan dijalankan.

Prinsip kerja atau karakteristik pengulangan do-while :

Bagian statement pasti akan dijalankan minimal satu kali karean pengecekan pada ekspresi boolean dilakukan pada akhir pengulangan. Pengetesan atau pengecekan ekspresi boolean dilakukan setelah bagian statement dijalankan.

Demikian tulisan di atas merupakan sedikit penjelasan mengenai perulangan yang biasa dipergunakan dalam dunia pemrograman atau dalam pembuatan suatu program atau aplikasi dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Uraian yang admin tuliskan pada artikel ini merupakan bersumber dari referensi yang penulis pelajari secara pribadi bilamana ada kekurang pahaman atau bahasa penulisan yang admin gunakan kurang mudah dipahami maka dapat menuliskan komentar agar kita sama - sama paham dan mengerti sehingga tidak mengalami kekeliruan pemahaman.

Tulisan lainnya yang bisa disimak "Ekspresi dan pernyataan pada pemrograman komputer".

Cukup sampai disini tulisan mengenai pengulangan for, while, dan do-while yang biasa dipergunakan dalam dunia pemrograman komputer. Semoga bisa menambah informasi dan memberi manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon