Menampilkan Bentuk Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

2:31 pm
Pola atau bentuk segitiga mempunyai banyak macamnya. Salah satu macam dari bentuk segitiga adalah segitiga sama sisi. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara menampilkan bentuk segitiga sama sisi dengan menggukan bahasa C. Untuk menampilkan bentuk segitiga sama sisi dalam pemrograman kita akan menggunakan suatu prinsip perulangan atau looping.

Program untuk menampilkan pola segitiga sama sisi yang akan dibuat pada tulisan ini sebagai penanda ukurannya adalah simbol bintang ( * ) yang mana setiap sisi dari segitiga akan menampilkan jumlah * yang sama. Untuk alur jalannya program mencetak pola segitiga sama sisi seperti yang dijelaskan pada penjelasan di bawah ini.

Alur atau algoritma program menampilkan bentuk segitiga sama sisi :
Pembuatan suatu program komputer agar dapat berjalan secara normal dan mengeluarkan hasil atau keluaran sesuai dengan apa yang diharapkan tentunya harus ada algoritma yang ditanamkan pada program tersebut. Algoritma atau alur kerja program ditanamkan ketika dalam proses pembuatan kode program. Pada latihan membuat program kali ini pun kita juga harus mentukan algoritma untuk membuat program yang dapat menampilkan bentuk segitiga sama sisi. Berikut ini merupakan salah satu contoh algoritma yang bisa diterapkan di dalam program yang akan kita buat.
  1. Mulai
  2. Membaca inputan berupa nilai panjang sisi segitiga
  3. Memeroses panjang sisi segitiga sebagai parameter dalam operasi looping atau perulangan
  4. Menampilkan bentuk segitiga sasa sisi
  5. Selesai
Alur kerja program atau urutan pengerjaan algoritma pemrograman yang dimulai dari nomer satu sampai nomer lima diatas harus dikerjakan secara berurutan supaya program yang selesai dibuat dapat berjalan sebagaimana mestinya dan menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Untuk menganalisis algoritma yang diterapkan sudah sesuai atau belum dengan melihat keluaran dari program ketika program berhasil dieksekusi secara normal. Apabila hasilnya sesuai berarti algoritma yang digunakan sesuai atau benar dan begitu juga sebaliknya.

Contoh kode program dalam bahasa C untuk menampilkan bentuk segitiga sama sisi adalah sebagai berikut:

Kode program bahasa pemrograman C di bawah merupakan salah satu dari sekian banyak model kode program yang dapat dipergunakan untuk menampilkan pola atau bentuk segitiga sama sisi. Tentunya dalam belajar pemrograman komputer kita dapat mengubah contoh kode di bawah ini untuk mejadi berbagai macam model kode sehingga tampilan program saat di jalankan juga bermacam - macam. Perubahan atau memodivikasi kode program itu tergantung pada kreasi dan tentunya algoritma pemrograman dari pribadi masing - masing. Ketika kita mengubah atau memodivikasi contoh program yang sudah jadi maka lama kelamaan dengan tidak kita sadari kemampuan pemrograman yang kita miliki akan meningkat dengan sendirinya.

/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program: program menampilkan pola atau bentuk segitiga sama sisi
*/
/*--- Awal Kode ----*/
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    // inisialisasi variabel
    int p_sisi;
    // judul program 
    printf("=================================================\n"
           "  PROGRAM MENAMPILKAN BENTUK SEGITIGA SAMA SISI\n"
           "                 ( Author : Aristiawan)         \n"
           "=================================================\n");
    // ambil inputan panjang segitiga
    printf("Masukkan banyak * pada sisi segitiga : ");
    scanf("%d",&p_sisi);
    printf("\n"); // untuk ganti baris
    // proses menampilkan segitiga sama sisi
    for(int baris = 1 ; baris <= p_sisi ; baris++) // perulangan untuk mencetak baris
    {
        for(int kolom = 1 ; kolom <= baris ; kolom++) // perulangan untuk mencetak kolom
        {
            printf("*"); // mencetak simbol bintal ( * )
        }
        printf("\n"); // untuk ganti baris
    }    
    printf("\n");  // untuk ganti baris  
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Contoh kode di atas merupakan salah satu bentuk kode dalam bahasa C untuk menampilkan pola atau bentuk segitiga sama sisi. Prinsip perulangan yang digunakan pada kode tersebut adalah prinsip perulangan for. Selain menggunakan prinsip perulangan for tentunya dapat menggunakan prinsip perulangan yang lainnya, seperti halnya macam prinsip perulangan dalam pemrograman komputer telah di tulis pada artikel yang mengulas mengenai "pengulangan for, while, dan do-while". Untuk mengetahui penjelasan dan cara pemakaian dari prinsip pengulangan yang digunakan dalam bahasa pemrograman silahkan menyimak tulisan tersebut dengan mengeklik pada link yang tersedia.

Keterangan secukupnya mengenai kegunaan dari beberapa kode yang digunakan

Contoh kode program yang telah dituliskan di atas merupakan kode program yang relatif simple meskipun demikian di sini akan diberikan penjelasan mengenai kegunaan dari beberapa kode yang dipergunakan. Untuk keterangan atau penjelasan mengenai kegunaan dari kode program yang dipergunakan sebagai berikut :
/*--- Awal Kode ----*/ => Pada contoh kode di atas terdapat kode seperti ini yang mana kegunaan dari kode ini untuk memberikan penjelasan dari kode yang sedang dibuat. Penjelasan yang ditulis pada kode ini adalah "Awal Kode" tulisan ini tidak akan pernah dieksekusi pada saat program dijalankan. Sebagai catatan dengan menggunakan tanda /* dan */ kita dapat menuliskan lebih dari satu baris penjelasan.
// inisialisasi variabel => Penulisan kode ini dimaksudkan juga untuk memberi penjelasan pada kode yang bersangkutan. Pada kode ini untuk bagian penjelasannya yaitu kalimat "inisialisasi variabel" dengan penggunakan tanda // ini kita hanya diperbolehkan menuliskan satu baris penjelasan saja.
int p_sisi; => Penggunaan kode ini untuk melakukan pendeklarasian atau inisialisasi variabel yang dipergunakan dalam program. Nama variabel yang dipergunakan di sini adalah p_sisi yang mana variabel ini nanti dipergunakan untuk menampung nilai banyaknya bintang ( * ) pada setiap sisi dari segitiga yang akan ditampilkan pada layar monitor ketika program dijalankan atau beroperasi.
printf("Masukkan banyak * pada sisi segitiga : "); =>  Di dalam kode program yang telah dibuat terdapat kode seperti demikian yang mana tujuan penulisannya untuk memberikan suatu informasi kepada pengguna bahwasanya pengguna diminta untuk memasukkan banyaknya simbol bintan ( * ) yang ingin dicetak pada setiap bagian sisi - sisi dari segitiga sama sisi tersebut.
scanf("%d",&p_sisi); => Kegunaan dari kode pemrograman seperti demikian di atas untuk membaca atau mendapatkan nilai yang telah dimasukkan oleh pengguna berupa nilai banyaknya simbol bintang yang ingin dicetak atau ditampilkan pada setiap sisi segitiga sama sisi. Setelah berhasil mendapatkan nilai yang dimaksud, kemudian nilai tersebut disimpan sementara pada alamat dalam memori yang dimiliki oleh variabel p_sisi. Selanjutnya nilain yang telah ditampung atau disimpan akan dipergunakan pada operasi selanjutnya ketika program berjalan dengan normal untuk menampilkan bentuk segitiga sama sisi.
Kiranya untuk beberapa kode yang diterangkan cukup dulu selain itu pada contoh kode di atas juga terdapat keterangan atau penjelasan di dekat kode yang bersangkutan. Akan tetapi bilamana masih terdapat kekurang pahaman maksud dari kode yang digunakan, bisa menuliskannya dalam bentuk komentar untuk didiskusikan secara bersama.

Untuk tampilan dari kode di atas setelah dijalankan adalah seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini.

Screenshot atau tampilan gambar di bawah ini merupakan hasil chapture ketika kode program yang telah dibuat di atas berhasil dieksekusi atau dijalankan dengan tidak ditemui masalah atau error. Ketika program dapat berjalan dengan tidak dijumpai error saat dijalankan tentunya memberikan pemahaman kode program yang dibuat tidak ada kesalahan. Selanjutkan dengan mengetahui hasil keluaran yang telah diberikan oleh program atau aplikasi, kita juga dapat mengetahui sudah sesuai atau belum keluaran yang dihasilkan oleh program dengan apa yang diharapkan. Pada saat melihat atau mengetahui hasil sudah sesuai atau belum tentunya kita dapat memahami algoritma yang ditanamkan pada program sudah sesuai ataukah belum.

Menampilkan Bentuk Segitiga Sama Sisi Menggunakan Bahasa C

Gambar di atas memperlihatkan tampilan program ketika dijalankan dengan diberi masukkan berupa jumlah * yang digunakan adalah 9. Kemudian program menampilkan bentuk segitiga dengan jumlah * yang sama pada masing sisi - sisi yang dimiliki oleh segitiga tersebut.

Tulisan lainnya mengenai latihan membuat program yang dapat dijadikan contoh untuk berlatih membuat program komputer "mengidentifikasi bilangan prima dengan bahasa C".

Sekian sampai di sini tulisan yang ala kadarnya mengenai menampilkan bentuk segitiga sama sisi dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Semoga tulisan yang sederhana ini dapat memberi manfaat dan tentunya dengan harapan dapat mudah dipahami. Akan tetapi bilamana masih terdapat kekurang pahaman, bisa menuliskannya pada kotak komentar yang tersedia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon