Program Bahasa C Menghitung Keliling Segi Empat

9:47 pm
Latihan menulis kode program dalam bahasa C, pada tulisan kali ini mengenai berlatih membuat program menghitung nilai keliling suatu persegi empat atau yang biasa juga dikenal dengan nama bangun datar persegi panjang. Tentunya pembaca semua sudah mengetahui apa saja yang menjadi masukan pada program yang akan kita buat nanti supaya dapat menghasilkan nilai keliling suatu persegi empat atau persegi panjang. Masukan yang dibutuhkan oleh program adalah nilai panjang dari segi empat dan juga nilai lebar dari segi empat tersebut. Selanjutnya ketika nilai masukan sudah didapatkan selanjutnya menentukan proses apa yang harus dilakukan terhadap nilai masukkan tersebut. Nilai masukan tersebut diolah atau diproses dengan menggunakan rumus mencari nilai keliling segi empat untuk mendapatkan nilai keliling yang menjadi keluaran atau hasil dari program yang akan kita buat nanti. Rumus keliling segi empat adalah nilai panjang ditambah nilai lebar kemudian dikali dua atau bila ditulis dengan rumus menjadi sebagai berikut :

Rumus keliling persegi panjang atau segi empat :

K = 2 x ( p + l )
Keterangan :
K = keliling segi empat
p = nilai panjang segi empat
l = nilai lebar segi empat

Rumus mencari nilai keliling yang seperti dituliskan di atas merupakan suatu formula untuk membuat proses dalam program yang mengolah atau memproses nilai dari panjang dan lebar yang telah diinputkan oleh pengguna program guna mendapatkan nilai akhir berupa nilai keliling dari persegi panjang atau segi empat.

Alur proses jalannya program atau algoritma program menghitung keliling segi empat:
  1. Mulai
  2. Membaca nilai masukkan berupa nilai panjang segi empat dan nilai lebar segi empat
  3. Memproses nilai panjang dan nilai lebar segi empat dengan mamasukkannya ke dalam rumus keliling segi empat
  4. Menampilkan hasil nilai keliling segi empat
  5. Selesai
Penulisan kode program atau sourcecode mencari keliling segi empat dalam bahasa pemrograman C :
/* Awal Kode */
/* Program Keliling Segi Empat */
/*
Developer : Aristiawan
Slogan : tenang dan apa adanya
*/
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
int main()
{
  int panjang, lebar, keliling;
  printf("==================================================\n"
         "Program Menghitung Keliling Segi Empat Bahasa C\n"
         "==================================================\n\n");
  printf("Panjang: ");scanf("%d",&panjang);
  printf("\n");
  printf("Lebar: ");scanf("%d",&lebar);
  keliling = 2 * (panjang + lebar);
  printf("\nKeliling = 2 x (%d + %d) = %d\n\n",panjang, lebar, keliling);
  system("PAUSE");
  return(0);
}
/* Akhir Kode */

Penjelasan beberapa kode program :

Kode di atas merupakan salah satu bentuk kode dalam bahasa pemrogramn C yang dapat dipergunkan untuk mengitung nilai keliling dari persegi panjang atau segi empat, yang mana dalam kode tersebut diakomodasi mengenai mengambil inputan berupa nilai panjang dan lebar dari segi empat dan kemudian menampilkan hasil berupa nilia keliling dari segi empat tersebut. Pada kode tersebut terdapat beberapa kode yang akan diberikan maksud atau fungsi penggunaan kode tersebut dalam pembuatan program. Untuk penjelasan beberapa kode seperti yang dituliskan berikut ini :
int panjang, lebar, keliling; => merupakan bentuk penginisialisasian variabel yang akan dipergunakan dalam membuat program menghitung nilai keliling. nama variabel yang dipergunakan antara lain : panjang , lebar , dan keliling. Variabel panjang dipergunakan untuk menampung nilai panjang yang dimasukkan atau diinputkan oleh pengguna program. Variabel lebar merupakan untuk menampung nilai lebar yang diinputkan oleh pegguna ketika program dijalankan. Sedangkan variabel keliling ini merupakan variabel yang menampung hasil nilai pengolahan antara nilai panjang dan lebar yang telah diproses menggunakan rumus mencari keliling persegi panjang. Selajutnya nilai yang telah ditampung oleh variabel keliling akan ditampilkan pada layar monitor sebagai keluaran atau output dari program.
printf("Panjang: "); => Kode ini merupakan bentuk kode yang dipergunakan untuk menampilkan tulisan kata panjang pada layar monitor saat program berjalan. Maksud dengan menampilkan tulisan panjang ini pada layar monitor tidak lain dan tidak bukan hanya untuk memberikan instruksi pada pengguna untuk menginputkan atau memasukkan nilai panjang dari persegi panjang tersebut.
scanf("%d",&panjang); => Penggunaan kode ini dimaksudkan untuk mengambil nilai inputan panjang yang telah diinputkan oleh pengguna program ketika program dijalankan. Nilai yang diambil tersebut kemudian ditampung atau dimasukkan ke dalam variabel panjang untuk dipergunakan pada operasi selanjutnya. Nilai tadi disimpan pada alamat di dalam memori komputer yang dimiliki oleh variabel panjang yang telah diinisialisasi pada tahap awal pengetikan kode program.
printf("\n"); => Penulisan kode ini dipergunakan untuk melakukan pergantian garis baru ketika ditampilkan pada layar monitor saat program beroperasi atau dieksekusi.
printf("Lebar: "); => maksud dalam penulisan kode ini untuk mengintruksikan kepada pengguna program memberikan atau menginformasikan kepada program mengenai nilai lebar dari bangun datar persegi panjang tersebut dengan cara pengguna mengetikan besar nilai lebar yang diketahui.
scanf("%d",&lebar); => penggunaan kode program seperti ini dimaksudkan untuk menangkap atau mengambil nilai lebar dari persegi panjang yang telah diinformasikan pada program oleh pengguna melalui pengguna memasukkan nilai dengan keyboard. Kemudian nilai yang telah dimasukkan dan diinformasikan pada program, nilai tersebut ditampung pada tempat dimemori dengan alamat yang dimiliki oleh variabel lebar. Dan nantinya nilai ini digunakan untuk menghitung nilai keliling dari persegi panjang atau segi empat dan ditampilkan pada monitor sebagai nilai hasil atau keluaran dari program.
keliling = 2 * (panjang + lebar); => Penulisan kode ini merupakan perwujudan dalam kode dari rumus untuk mencari nilai keliling bangun datar persegi panjang yang telah dituliskan pada bagian awal dari artikel ini. Pada kode tersebut terdapat variabel keliling untuk menampung hasil pengolahan dari nilai yang ditampung pada variabel panjang dan lebar. Selajutnya hasil nilai yang didapatkan dari pengolahan nilai pada kode rumus ini akan ditampilkan pada layar monitor sebagai hasil dari nilai keliling segi empat yang telah diperoleh.
printf("\nKeliling = 2 x (%d + %d) = %d\n\n",panjang, lebar, keliling); => kode yang dituliskan ini merupak suatu kode program dipergunakan untuk menampilkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh program berdasarkan nilai panjang dan nilai lebar inputan dari pengguna. Kode seperti ini untuk memperlihatkan nilai hasil dari penghitungan yang telah dilakukan oleh program selama program dieksekusi.
Tampilan ketika program dijalankan:

Program Bahasa C Menghitung Keliling Segi Empat

Gambar di atas merupakan tampilan program pada saat program telah dijalankan. Pada tampilan tersebut diperlihatkan program meminta atau menginstruksikan kepada pengguna untuk memasukkan nilai panjang yang mana diberi nilai panjang dengan nilai 4. Program kemudian menginstruksikan pengguna untuk memasukkan nilai lebar dan nilai lebar diberi nilai 3. Kemudian setelah program mendapatkan nilai panjang dan lebar program kemudian memproses nilai tersebut pada proses yang telah dibuat di dalam program dan akhirnya program menampilkan nilai keliling pada layar monitor dengan nilai 4 ditambah dengan 3 dan dikali 2 maka hasilnya adalah 14 sebagai nilai dari keliling segi empat.

Latihan membuat program dalam bahasa C lainnya "menghitung luas persegi dengan bahasa C".

Sekian tulisan mengenai membuat program menghitung keliling segi empat , persegi panjang dalam bahasa pemrograman C kali ini semoga dapat mudah dipahami dan memberi manfaat. Apabila ada kekurang jelasan dari catatan yang telah dituliskan bisa membuat komentar pada kolom komentar yang telah disediakan pada bagian bawah halaman ini. "Salam belajar pemrograman"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon