Belajar Pemrograman Itu Menyenangkan

3:51 pm
Belajar merupakan suatu proses atau kegiatan yang secara tidak sadar dilakukan oleh setiap manusia atau orang selama diri kita masih mempunyai umur. Apalagi belajar pemrograman komputer merupakan suatu keterampilan yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan hobi atau objek belajar yang menarik dan tentunya dapat memberikan manfaat nantinya. Judul yang diangkat pada coretan atau artikel ini mengenai kegiatan mempelajari bahasa pemrograman komputer itu menyenangkan. Akan tetapi jangan salah paham dulu dengan judul yang diangkat oleh penulis, coretan ini bukan menjelaskan bagaimana cara membuat belajar pemrograman menjadi menyenangkan. Di dalam coretan ini hanya akan menceritakan hal - hal menyenangkan apa saja yang didapatkan ketika belajar pemrograman yang dirasakan sendiri oleh penulis.  Belajar pemrograman ini merupakan suatu hal yang dijadikan sebuah hobi oleh penulis sendiri. Pemrograman komputer menurut pendapat penulis merupakan suatu keterampilan yang menarik dan unik dikarenakan keterampilan tersebut berguna untuk melatih logika yang dimiliki oleh seseorang. Dan ada juga kebanyakan orang berpendapat kalau belajar pemrograman tersebut sulit akan tetapi penulis beranggapan dan mempunyai keyakinan "Apabila kita mau belajar insyaallah bisa".

Kalau teman - teman dan pembaca sekalian ingin mengetahui apa saja sih hal yang menyenangkan dari belajar bahasa pemrograman, silahkan dibaca coretan ini lebih lanjut. Ketika membaca artikel ini lebih lanjut di harapkan dapat menjelaskan mengenai menyenangkan dan menariknya belajar pemrograman. Penulis berusaha berbagi pengalaman mengenai hal - hal yang menjadikan belajar pemrograman tersebut menarik dan menyenangkan dengan menuliskannya menggunakan bahasa penulis sendiri. Pada paragrap selanjutnya akan dituliskan mengenai hal - hal yang dialami penulis sendiri dalam belajar pemrograman. Pengalaman yang penulis tuliskan dalam artikel ini semoga bisa memberikan motivasi bagi teman - teman yang sedang belajar pemrograman atau yang berkeinginan menjadi seorang programmer komputer.

Hal - hal yang membuat menyenangkan dalam belajar bahasa pemrograman sebenarnya belum penulis rasakan ketika awal pertama kali mulai belajar dan mengenal bahasa pemrograman. Pertama kali mengenal bahasa pemrograman penulis merasa kebingungan dan tidak mengerti apasih maksud dari berbaris - baris kode yang penulis buat. Meskipun penulis tidak mengetahui awalnya maksud dari pembuatan kode - kode tersebut tetapi penulis terus belajar - belajar akhirnya penulis lama - kelamaan menikmati sendiri pekerjaan menulis kode tersebut. Ketika penulis menikmati alur dari menulis kode program latihan yang penulis kerjakan maka penulis menjadi mengerti alur kerja dari kode program yang ditulis oleh penulis. Kegiatan menulis kode, tanpa disadari telah menjadi hobi yang tidak bisa dianggap remeh oleh diri penulis. Mengapa kok tidak bisa dianggap remeh? Karena setelah penulis terbiasa menulis program dimana saja dan kapan saja rasanya penulis ingin menulis berbaris - baris kode meskipun hanya sekedar iseng atau mengisi waktu luang. Menulis sebuah kode program dapat dijadikan sebagai ekspresi dari perasaan penulis dengan demikian penulis mempunyai pendapat bahwasanya menulis sebuah kode program tersebut juga merupakan suatu bentuk seni.

Seni menulis kode program juga merupakan sebagai gambaran dari seni logika yang dimiliki oleh seseorang. Susunan kode program untuk menghasilkan program yang mengeluarkan output atau keluaran yang sama dapat saja dijumpai perbedaan antara susunan kode yang ditulis oleh orang yang satu dengan orang yang lain. Perbedaan dalam penulisan kode program ini dapat menggambarkan kalau alur logika atau algoritma setiap orangn dalam menyelesaikan suatu permasalahan terdapat perbedaan atau tidak sama. Antara orang yang satu dengan orang lainnya mempunyai cara berfikir yang berbeda dan mempunyai cara penyelesaian masalah yang berbeda dengan demikian ketika diri kita membuat suatu program kita tidak perlu terikat oleh peraturan tertentu yang terpenting masalah yang kita hadapi dapat terselesaikan dengan benar dan sesuai harapan. Itulah menariknya membuat program kita tidak perlu sama dengan orang lain yang terpenting program yang kita buat dapat menghasilkan keluaran yang sama.

Dari mulai terbiasa menulis kode dan gemar membuat program kecil - kecilan, penulis tanpa sadar yang awalnya penulis belum bisa mengetik di atas keyboard dengan sepuluh jari tetapi sekarang menjadi bisa dan terbiasa. Benar banyak orang yang berkata "Bisa Karena Terbiasa" dengan terbiasa mengetik lama - kelamaan tanpa disadari jari - jemari penulis mulai ingin dan terbiasa mengetik dengan sendirinya sehigga kita tidak perlu untuk melihat keyboard satu per satu. Dengan terbiasa membuat baris - baris kode untuk menghasilkan sebuah program rasanya penulis masuk ke sebuah dunia baru yang mana orang lain tidak bisa mengganggu di dalamnya yaitu dunia pemrograman. Di dalam dunia pemrograman itu penulis serasa bermain dengan kode - kode dan berbagai macam karakter sebagai teman - teman bercanda dengan penulis. Ketika membuat suatu program atau menulis kode, ada orang yang mengatakan kalau penulis seperti orang yang tidak waras karena berbicara sendiri. Memang benar kalau diperhatikan, ketika menulis kode atau atau membuat program penulis sering berbicara sendri tanpa penulis sadari tetapi sebetulnya yang dilakukan oleh penulis adalah sedang memikirkan suatu bentuk algoritma yang cocok agar program dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan yang diingikan.

Menulis kode dan membuat program merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan catatan tentunya ditemani oleh teman setia yaitu komputer atau laptop tentunya dan juga selalu tersedianya arus listrik tentunya. Menulis suatu program tidak membutuhkan teman kalau ada masalah yang kita temukan dalam menulis program kita bisa mencari referensi dengan berselancar di internet tentunya dan Insyaallah kita akan menemukan jawabannya. Apabila kita tidak menemukan jawaban di internet, namanya kita harus membuat jawabannya sendiri supaya permasalahan tersebut teratasi. Ketika diri kita berhasil menyelesaikan masalah dalam membuat suatu program dan masalah tersebut belum pernah ada yang mendapatkan dan menyelesaikannya maka diri kita akan memperoleh rasa kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Pada saat kita mendapatkan kepuasan dalam membuat program karena berhasil menyelesaikan suatu permasalahan maka kita dapat ketagihan untuk menyelesaikan permasalahan baru dengan tanpa kita sadari. Selain itu bahkan dengan tanpa sadar kita akan berusaha untuk membuat suatu program yang lain dan ingin menyelesaikan berbagai masalah - masalah baru yang dialami dalam membuat program yang baru tersebut. Dengan demikian tanpa kita sadari juga keterampilan kita dalam membuat suatu program akan semakin terasah dan kemampuan logika pemrograman yang kita punyai akan terus berkembang.

Belajar pemrograman merupakan suatu kegiatan yang melatih diri kita sendiri, tentunya melatih dalam banyak hal diantaranya melatih kesabaran ketika ketika menyusun suatu kode program. Pada saat membuat suatu kode program komputer kita harus sabar dan menikmatinya maka dengan demikian tanpa kita sadari baris kode program tersebut menjadi banyak dan programpun telah jadi dibuat. Melatih ketelitian dan logika kita, menulis berbaris - baris kode dalam membuat program tentunya membutuhkan ketelitian agar program berjalan sesuai dengan kebutuhan dan logika yang telah ditentukan. Adakalanya ketika belajar pemrograman kita mendapatkan rasa malas yang sangat sehingga dengan datangnya rasa malas ini kita dilatih untuk mengatasi rasa malas tersebut. Rasa jenuh pun juga sering dirasakan ketika belajar pemrograman atau pada saat menulis kode program komputer. Dengan demikian ketika diri kita belajar pemrogram komputer kita akan mengalami suatu pengalaman yang dapat memberikan manfaat pada diri kita.

Itulah sedikit pengalaman dari penulis dan hal - hal yang bisa penulis bagikan mengenai belajar pemrograman komputer. Barangkali teman - teman ingin membaca tulisan lainnya mengenai "Mengapa ingin menjadi programmer" atau mengenai "Cara belajar pemrograman".

Sekian dan semoga tulisan pada blog rowcode ini yang berjudul Belajar Pemrograman Itu Menyenangkan dapat memberikan informasi dan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon