Membuat Program Itu Menarik dan Menyenangkan

4:12 pm
Menghasilkan suatu program tentunya sesuatu yang di inginkan oleh seorang programmer atau orang yang membuat program. Seorang programmer rela menghabiskan waktu untuk menghasilkan suatu program yang dapat bermanfaat. Tidak hanya waktu bahkan sampai tenaga dan pikiran, mereka curahkan untuk menghasilkan suatu program yang menjadi kebanggaan bagi seorang programmer. Program bagi seorang programmer menjadi suatu karya dari buah pikiran dan tenaga mereka. Programmer akan bisa menikmati waktu ketika sedang membuat suatu program. Ketika sedang membuat suatu program seorang programmer tidak akan bisa diganggu. Untuk menghasilkan suatu program yang berkualitas tentunya harus benar - benar dikerjakan dengan sepenuh hati dan dibutuhkan tingkat kefokusan yang tinggi dari para pembuat program tersebut.

Proses menghasilkan suatu program komputer tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Waktu yang diperlukan untuk menghasilkan suatu program tentunya tidak hanya ditentukan oleh jam terbang dari pembuat program tersebut tetapi juga tingkat kerumitan dari program yang dibuat. Ketika jam terbang atau penglaman dari pembuat program sudah banyak maka kemungkinan besar program yang dikerjakan akan berjalan lancar dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Begitu juga dengan tingkat kerumitan dari program yang tidak terlalu rumit maka program yang dikerjakan juga tidak menghabiskan waktu yang banyak tetapi itu juga biasanya berlaku pada kondisi yang sebaliknya. Dengan tingkat kerumitan program yang semakin tinggi tentunya menjadi tantangan tersendiri yang harus diselesaikan oleh para pembuat program komputer. Ketika program yang rumit telah berhasil diselesaikan tentunya akan menambah jam terbang dan semakin meningkatkan kemampuan membuat program yang dimiliki oleh para pembuat program tersebut.

Membuat suatu program membutuhan suatu tahap - tahap yang mana masing - masing tahap tersebut menghabiskan waktu yang tidak sama. Tahap - tahap dalam membuat suatu program tentunya tidak hanya satu macam tahap tetapi ada banyak tahap yang harus dilalui. Adakalanya dalam membuat suatu program komputer yang satu dengan yang lainnya mempunyai tahapan pembuatan yang berbeda dan waktu yang diperlukan juga tidak sama. Selain itu dalam melaksanakan setiap tahapan dalam membuat suatu program terkadang membutuhkan dari dari satu orang untuk menyelesaikan tahapan tersebut. Dengan demikikan dalam menghasilkan suatu program harus bisa bekerja sama antara komponen yang satu dengan komponen yang lain dari kelompok pembuat program tersebut.

Pada masing - masing tahap pembuatan suatu program diusahakan untuk dinikmati dan dilakukan dengan sepenuh hati guna menghasilkan suatu program yang berkualitas. Pembuatan suatu program tidak bisa dilakukan dengan kondisi kejiwaan yang tidak tenang atau terburu - buru maka dari itu dalam proses membuat program harus diusahan tenang dan menikmati proses demi proses yang dilalui. Dari setiap tahap yang dilalui dalam membuat suatu program akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru seorang pembuat program komputer. Beberapa pengalaman yang baru dan tidak diduga - duga akan muncul dengan sendirinya. Pengalaman tersebut dapat berupa menemukan algoritma atau alur pembuatan program yang lebih efektif dan efisien dari yang pernah digunakan sebelumnya. Pengalaman yang didapatkan tidak hanya pengalaman yang mudah tetapi terkadang juga menjumpai error atau permasalahan baru dalam membuat suatu program.

Pembuatan suatu program merupakan suatu proses yang unik dan berbeda dengan proses pembuatan produk pada umumnya. Pembuatan program ini tentunaya ditentukan oleh tingkat kelancaran logika pemrograman para pembuat program dalam mencari jalan atau cara untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kemampuan logika pemrograman yang dimiliki oleh setiap orang tidak sama, hal inilah yang membuat keunikan dalam proses menghasilkan atau membuat program komputer. Meskipun logika pemrogram dari para pembuat program tidak sama atau mengalami perbedaan tetapi output atau keluaran dari program yang dibuat harus sama sesuai dengan yang telah ditentukan atau didefinisikan sebelumnya. Selain logika pemrograman yang berbeda terkadang pula juga bahasa pemrograman yang dipergunakan dalam menghasilkan program dengan keluaran yang sama juga dengan menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.

Proses dalam pembuatan suatu program merupakan suatu proses yang tidak gampang dilupakan oleh seorang programmer beserta tim pembuat program lainnya. Pembuatan program komputer yang baik membutuhkan kerja sama yang kompak dan baik diantara para anggota pembuat program. Ketika semua anggota dapat bekerja sama dengan baik dan kompak dengan tujuan yang sama tidak lain menghasilkan suatu program komputer yang dapat berjalan dengan normal untuk memenuhi kebutuhan yang telah didefinisikan. Hal inilah yang membuat rasa kekeluargaan dan saling membantu dari para anggota kelompok pembuat program menjadi terlihat dan semakin kuat tentunya. Dengan demikian proses - proses dari pembuatan suatu program komputer tidak mudah untuk dilupakan dan menjadi kenangan tersendiri tentunya.

Pembuatan program tidak segampang yang dibayangkan dan tidak segampang menggunakan suatu program yang telah selesai dibuat. Para pembuat program harus berfikir diluar apa yang dipikirkan oleh orang pada umumnya, meskipun orang biasa berfikir hal tersebut sulit untuk dikerjakan tetapi dalam membuat suatu program harus berfikir untuk membuat hal tersebut bisa dikerjakan. Dalam waktu pembuatan program tidak bisa diprediksi program tersebut dapat dibuat atau pun tidak dapat dibuat. Pembuatan suatu program komputer tergantung pada tingkat logika yang dimiliki oleh masing - masing orang pembuat program tersebut.

Membuat suatu program memberikan suatu pengalaman tersendiri yang tidak dapat dibayangkan sebelum membuat program tersebut. Ketika sebelum membuat program kita akan merasa program tersebut akan mudah untuk dikerjakan tetapi terkadang perkiraan tersebut meleset. Ataupun terkadang kita menganggap program yang akan dibuat tersebut sulit untuk dibuat dan membutuhkan waktu yang lama akan tetapi terkadang perkiraan itu tidak sesuai dengan apa yang ada dilapangan. Untuk bisa memperkiraan suatu program komputer itu dapat dikerjakan dengan mudah atau sulit dalam pengerjaannya, seorang pembuat program atau programmer harus mempunyai pengalaman dan jam terbang yang banyak dalam membuat suatu program komputer.

Tidak hanya pengalaman yang harus dipunyai tetapi tentu saja semangat dan keterampilan dari seorang pembuat program harus terus meningkat. Ketika pengalaman dan keterampilan dari seorang pembuat program atau programmer bertambah banyak, maka kemungkinan besar akan bisa memperkirakan seberapa lama program komputer tersebut dapat dikerjakan. Bahkan dengan semakin tingginya jam terbang dari para pembuat program tidak dapat dipungkiri kalau dapat memperkirakan waktu dan berapa banyak orang yang dibutuhkan untuk membuat suatu program komputer. Ketika waktu dan banyaknya orang dalam membuat suatu program dapat diperkirakan tentunya suatu program pun dapat dihasilkan dengan waktu dan biayan tidak terlalu banyak.

Adapun tulisan lain yang barang kali menarik untuk dibaca mengenai "belajar pemrograman komputer itu menyenangkan".

Cukup sekian sepenggal tulisan mengenai "membuat program itu menarik dan menyenangkan" semoga dapat menjadi inspirasi dan menjadikan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon