Membuat Kode Program yang Baik

3:14 pm
Belajar membuat program komputer, tentunya hal tersebut harus dilakukan apabila berkeinginan menjadi seorang programmer komputer. Ketika belajar membuat program komputer tentunnya tidak boleh asal - asalan membuat program. Membuat program sudah barang pasti akan mengetik berbaris - baris kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Mengetik kode program ini merupakan salah satu seni dari membuat program yang dikerjakan oleh seorang programmer komputer. Jumlah baris kode yang dibuat dalam membuat sebuah program tentunya tidak sedikit bahkan sampai ratusan atau ribuan baris kode program.

Pembuatan kode program antara programmer yang satu dengan programmer yang lain memiliki cara penulisan yang berbeda. Setiap programmer atau pembuat program memiliki seni sendiri dalam menyusun dan mengetikan kode program guna menghasilkan program sesuai dengan keperluan dari pengguna program tersebut. Pola penulisan kode program ini tentunya akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pembuat program yang bersangkutan. Ketika pembuat program merasa nyaman dengan mengetik kode program sesuai dengan kreasi yang dimiliki maka akan merasa menikmati tentang menulis kode untuk mengasilkan program komputer guna memenuhi kebutuhan atau fungsional yang telah didefinisikan sebelumya.

Alur logika yang dimiliki oleh setiap programmer tentunya tidak sama dalam menyelesaikan suatu  program komputer. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil kode yang dibuat ada yang dalam jumlah sedikit baris kode untuk membuat suatu program dan ada pula yang dalam jumlah banyak baris kode untuk menyelesaikan program yang sama. Perbedaan alur logika tersebut juga memiliki pengaruh pada kinerja dari program yang dihasilkan.

Dalam membuat suatu program yang baik tentunya dimulai dari tahap menulis kode program yang baik terlebih dahulu. Pada tulisan kali ini akan diuraikan beberapa hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menulis kode program yang baik dan tentunya program yang dibuat dapat berjalan sebagaimana seharusnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kode program diantaranya :
# Alur logika atau algoritma untuk membuat program berjalan sesuai dengan keperluan
Alur logika merupakan proses yang akan dikerjakan oleh program sehingga alur logika ini harus benar - benar dipilih alur yang baik dengan hasil sesuai yang diharapkan. Tentunya seperti disebutkan di atas bahwasanya setiap orang memiliki alur logika yang berbeda atau tidak sama dengan demikian penentuan alur logika ditentukan oleh kemampuan logika yang dimiliki oleh setiap orang masing - masing. Akan tetapi ketika seorang programmer atau pembuat program sudah memiliki jam terbang yang cukup maka akan dapat menentukan logika pemrograman yang cocok untuk diterapkan pada program yang sedang dibuat guna membuat program yang dihasilkan berjalan secara normal, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan.

Guna mentukan alur logika atau algoritma yang tepat untuk diterapkan pada suatu program tentunaya orang yang membuat program harus terus mengasah logika pemrograman yang dimiliki. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan logika yang dimiliki oleh seorang programmer tentunya dengan terus berlatih untuk membuat dan menghasilkan program yang berbeda macamnya. Dengan berlatih membuat program komputer yang berbeda macam dan keperluannya tentunya akan membuat alur logika yang dimiliki menjadi semakin beragam. Ketika sudah memiliki keragaman logika kemungkinan besar kemampuan analisa yang dimiliki oleh seorang pembuat program semakin terasah dan bisa memutuskan algoritma yang tepat untuk diterapkan pada suatu program yang sedang dibuat.
# Penjelasan atau keterangan dari kode yang dibuat
Penjelasan untuk setiap kode - kode program yang penting tentunya tidak boleh dianggap remeh. Dengan memberi penjelasan pada kode - kode program yang penting maka jika suatu hari ingin mengembangkan program yang telah dibuat tersebut maka tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Salah satu cara memberi penjelasan pada baris kode yang penting adalah dengan meberi komentar pada baris kode tersebut. Ketika suatu program ada komentar atau penjelasan maksud dari pembuatan kode tersebut maka apabila program yang telah dibuat tersebut dikembangkan oleh orang lain tidak akan mengalai masalah atau kesulitan yang terlalu banyak sehingga program akan dapat dengan mudah dikembangkan.

Penjelasan mengenai kode program ini juga dapat dijadikan suatu dokumentasi mengenai pembuat atau yang mengetik pertama kali kode tersebut dan juga mengenai versi kode yang telah dibuat. Pemberian penjelasan bukan berarti orang yang mebuat kode tersebut bingung tentang kode yang dibuat akan tetapi untuk berjaga - jaga jika lupa maksud dari kode program yang telah dibuat. Seorang pembuat program juga manusia jadi juga tidak bisa terlepas dari lupa sehingga perlu adanya catatan sebagai pengingat yang dituliskan pada kode program. Hal ini perlu dilakukan karena sebagai pembuat program atau programmer tentunya banyak kode yang telah diketik sehingga kemungkinan besar tidak bisa mengingat semua kode tersebut.
# Peletakan setiap kode agar mudah dimengerti dan mudah dibaca
Dalam penulisan kode program tentunya kita harus mengatur peletakan dari kode tersebut. Peletakan kode ini harus benar - benar kita perhitungkan agar kode yang kita buat mudah dibaca dan dipahami. Dengan mudah dipahami maka kode kita akan mudah untuk diperbarui ketika ingin dikembangkan lagi ke dalam bentuk program yang selanjutnya.

Peletakan kode ini merupakan suatu seni seperti yang dituliskan pada awal tulisan ini, tentunya seni yang dimiliki setiap orang berbeda. Meskipun berbeda itu tidak menjadikan masalah yang terpenting adalah kode yang dibuat bisa dimengerti dan dipahami baik secara pribadi oleh pembuat kode itu sendiri maupun oleh orang lain yang ingin memperbarui kode yang telah dibuat.

Pada waktu seorang pembuat program merasa asik dengan pola penulisan kode yang dilakukan tentunya akan memberikan kesenangan dan kenikmatan tersendiri dalam mengetik setiap kode untuk menghasilkan program yang berkualitas tentunya.
# Dokumentasi dari kode program yang telah selesai dibuat
Dokumentasi ini meliputi dokumentasi kode dan juga dokumentasi algoritma atau alur program. Adapun domentasi kode program digunakan untuk mengetahui kode program bagian mana yang dipergunakan untuk merealisasikan algoritma pemrograman yang mana. Tentunya ketika adanya dokumentasi yang dibuat mengenai kode untuk meralisasikan suatu algoritma maka apabila ada kesalahan dalam algoritma yang digunakan dapat dengan cepat dibenahi. Sebaliknya apabila tidak adanya dokumentasi yang jelas mengenai letak atau kode yang mana dari algoritma yang mana makan akan terjadi kesulitan dalam memperbarui atau membenahi sewaktu ada kesalahan atau kekeliruan algoritma pada program yang dibuat.

Sedangkan dumentasi algoritma digunakan untuk mendokumentasikan berbagai macam algoritma yang dipergunakan untuk menghasilkan program tersebut. Dokumentasi algoritma ini dapat berupa diagram alir atau flow chart yang mana kegunaan dari domentasi algoritma ini untuk memudahkan meneliti algoritma yang telah diterapkan atau ditanamkan pada program yang bersangkutan. Ketika terjadi ketidak sesuaian program dengan proses yang diharapkan tentunya ada masalah pada algoritma yang ditanamkan maka dengan demikian dapat dilakukan pemeriksaan pada beberapa algoritma yang digunakan.
Hal - hal yang perlu diperhatikan untuk membuat suatu kode program komputer yang baik, kurang lebih seperti yang disebutkan dan dijelaskan pada point - point di atas. Tentunya masih banyak lagi yang bisa dilakukan selain point - point yang telah disebutkan. Point - point yang dituliskan pada artikel ini merupakan hasil pembelajaran dari penulis secara pribadi barang kali ada masukan yang bisa dijadikan tambahan bisa memberikan komentar pada kolom komentar yang tersedia.

Tulisan yang bisa untuk dibaca dan berhubungan "belajar pemrograman itu menyenangkan".

Semoga secuplik tulisan yang membahas mengenai membuat kode program yang baik dapat menambah wawasan, memberikan manfaat dan barang kali juga bisa dijadikan referensi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon