Program Mengidentifikasi Bilangan Ganjil Menggunakan Bahasa C

7:07 pm
Bilangan ganjil merupakan suatu jenis bilangan yang mana nilainya tidak habis dibagi dengan angka dua ( 2 ) atau dengan kata lain apabila bilangan tersebut dibagi dengan angka 2 masih ada sisanya dan sisanya tidak sama dengan nol. Bilangan ganjil ketika dibagi dengan angka dua nilai sisa hasil baginya adalah bernilai satu. Untuk mengidentifikasi suatu bilangan tersebut termasuk bilangan ganjil atau bukan kita menggunakan salah satu jenis dari operator aritmatika yaitu modulo ( % ). Operator ini dipergunakan untuk mengetahui nilai sisa hasil bagi suatu nilai. Untuk mengetahui macam - macam dari operator aritmatika teman - teman dapat menyimak tulisan mengenai "operator aritmatika dan operator pointer".

Tulisan kali ini kita akan memperaktikan dalam bahasa pemrograman C untuk mengidentifikasi suatu nilai tersebut termasuk bilangan ganjil atau bukan. Banyak inputan pada program berjumlah satu yaitu nilai yang akan diidentifikasi termasuk bilangan ganjil atau bukan. Selanjutnya nilai tersebut akan diproses dengan mengetahui nilai sisa hasil baginnya dengan angka dua. Apabila sisa hasil bagi nilai tersebut tidak sama dengan nol maka bilangan tersebut adalah bilangan ganjil.

Contoh bilangan ganjil :

Contoh beberapa bilangan ganjil seperti yang disebutkan pada bagian di bawah ini :
1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15, 17, ........
Pada tampilan contoh daftar beberapa bilangan yang termasuk bilangan ganjil di atas semua bilangan apabila dibagi dengan angka dua masih memiliki nilai sisa pembagian yang nilainya tidak sama dengan nol. Untuk mengetahu hasil sisa pembagian kita dapat menggunakan operator pemrograman seperti disebutkan pada awal tulisan ini yaitu operator modulo.

Penggunaan operator modulo ( % ) :

Ketika meggunakan operator modulo kita dapat mengetahui sisa hasil pembagian suatu bilangan contohnya sebagai berikut :

contoh 1 :
3 % 2 = 1  // cara membaca : tiga modulo dua sama dengan satu
Penjelasan : contoh nomor 1 di atas merupakan penulisan yang memperlihatkan hasil sisa pembagian antara bilangan 3 dengan bilangan 2 yang hasil sisa pembagiannya adalah 1. Dengan demikiantan sudah bisa didapatkan hasil sisa pembagian suatu bilangan ketika kita menggunakan operator modulo.

contoh 2 :
4 % 3 = 1  // cara membaca : empat modulo tiga sama dengan satu
Penjelasan : contoh nomor 2 di atas merupakan contoh penulisan yang memperlihatkan penggunaan operator modulo untuk mengetahui hasil sisa pembagian dari bilangan empat dimodulo dengan bilangan tiga yang mana menghasilkan nilai hasil sisa pembagian adalah nilai satu.

contoh 3 :
10 % 5 = 0  // cara membaca : sepuluh modulo lima sama dengan nol
Penjelasan  : contoh nomor 3 merupakan penulisan operator modulo untuk mengetahui hasil sisa dari bilangan dengan nilai sepuluh di modulo oleh bilangan dengan nilai lima yang mana menghasilkan nilai sisa bagi adalah nilai nol atau dengan kata lain tidak mempunyai sisa hasil pembagian.

Alur algoritma kerja program

Alur kerja program atau algoritma untuk mengidentifikasi suatu bilangan termasuk bilangan ganjil atau bukan kurang lebih seperti berikut ini :
  1. Mulai
  2. Membaca nilai masukkan
  3. Memproses nilai masukkan untuk mengetahui termasuk bilangan ganjil atau bukan.
  4. Menampilkan hasil berupa bilangan ganjil atau bukan bilangan ganjil
  5. Selesai
Algoritma pemrograman seperti di atas merupakan salah satu alur proses kerja dari program yang dapat digunakan. Akan tetapi untuk membuat suatu program dapat menggunakan alur algoritma yang lain seuai dengan logika pemrograman dan kreasi pemrograman yang dimiliki oleh pembuat program yang bersangkutan. Semakin banyak menemukan macam algoritma pemrogroman yang bisa digunakan tentunya akan semakin membuat kemampuan dari pembuat program semakin tambah tinggi.

Penulisan kode program atau source code dalam bahasa C

Penerapan alur kerja program menentukan bilangan ganjil atau bukan bilangan ganjil pada bahasa pemrograman C :
/* Awal Kode */
/* Program Mengidentifikasi Bilangan Ganjil */
/*
Developer : Aristiawan
Slogan : tenang dan apa adanya
*/
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
int main()
{
  int bilangan, hasil;
  printf("=================================================\n"
         "Program Mengidentifikasi Bilangan Ganjil Bahasa C\n"
         "=================================================\n\n");
  printf("Masukkan bilangan: ");scanf("%d",&bilangan);
  if(bilangan % 2 != 0)
  {
      printf ("\nKeputusan: Angka %d Termasuk Bilangan Ganjil",bilangan);
  }
  else
  {
      printf ("\nKeputusan: Angka %d Bukan Termasuk Bilangan Ganjil",bilangan);
  } 
  printf("\n\n");  
  system("PAUSE");
  return(0); 
}
/* Akhir Kode */

Penjelasan beberapa kode program

Berdasar pada kode program yang telah ditulis di atas maka disini akan sedikit memberi penjelasan maksud dalam penggunaan kode tersebut untuk membuat program dapat berjalan secara normal. Berikut ini merupakan penjelasan beberapa kode yang digunakan :
/*...*/ => Penggunaan kode seperti ini untuk menjuliskan penjelasan mengenai program yang dibuat atau komentar mengenai maksud dari kode yang sedang dibuat. Untuk komentar atau penjelasan penggunaan kode diletakan dengan menggatikan tanda titik - titik atau dituliskan dengan diapit oleh tanda /* dan tanda */. Untuk tulisan atau kata yang diletakan diantara tanda tersebut maka saat program dieksekusi tidak akan pernah dihirauakan atau diabaikan saja sehingga program akan tetap dapat berjalan secara normal.
int bilangan, hasil; => Bentuk kode ini merupakan untuk menginisialisasi variabel - variabel yang dipergunakan dalam program sehingga program dapat menhasilkan keluaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Disini ada dua variabel yang dipakai yaitu bilangan dan hasil. Kedua variabel ini nanti akan dikolaborasikan sehingga program dapat berjalan sebagaimana mestinya.
printf("Masukkan bilangan: "); => Penulisan kode program seperti ini dimaksudkan untuk memberi perintah atau intruksi kepada user atau pengguna program untuk memasukkan bilangan yang akan diuji termasuk bilangan ganjil atau bukan.
scanf("%d",&bilangan); => Penggunaan kode program ini untuk mengambil masukkan bilangan yang telah diinputkan oleh user dan menyimpannya ke dalam variabel bilangan yang sudah diberikan alamat penyimpanan di dalam memori komputer.
if(bilangan % 2 != 0) => Bilangan yang telah dimasukkan oleh pengguna program dan disimpan di dalam variabel bilangan dilakukan pengujian melalui kode ini, yang mana nilai yang tertampung pada variabel bilangan dimodulo dengan bilangan 2 apabila hasilya tidak sama dengan nol berarti bilangan ganjil tetapi sebaliknya apabila hasilnya sama dengan nol berarti bukan bilangan ganjil.
printf("\n\n"); => Penggunaan kode seperti ini untuk melakukan pergantian baris baru ketika program dijalankan atau dieksekusi.
Tampilan setelah program dijalankan :

Pada saat kode program yang telah dibuat berhasil dijalankan dengan normal dan tidak ada kesalahan maka tampilannya seperti yang diperlihatkan oleh screen shot dibawah atau gambar di bawah ini.

Program Mengidentifikasi Bilangan Ganjil Menggunakan Bahasa C
    Gambar 1

Gambar 1 memperlihatkan hasil ketika program dijalankan dan keputusan yang dihasilkan adalah termasuk bilangan ganjil. Pada saat program dieksekusi program menampilkan tulisan yang menyuruh pengguna untuk memasukkan atau mengetikan menggunakan keyboard mengenai nilai bilangan yang akan diuji. Pada gambar di atas bilangan yang diuji adalah bilangan dengan nilai 5 yang mana setelah dilakukan penyeleksian oleh program, didapatkan keputusan kalau bilangan 5 termasuk bilangan ganjil. Untuk mengetahui keputusan yang lain dari program mengenai nilai bilangan yang dimasukkan maka kode program di atas dapat dieksekusi dan memasukkan sembarang nilai bilangan yang ingin diuji.

Latihan membuat program yang lain dalam bahasa C : "program bahasa C menghitung luas persegi".

Sekian sepenggal tulisan apa adanya mengenai mengidentifikasi bilangan ganjil dnegan menggunakan bahasa pemrograman C semoga dapat mudah dipahami dan memberikan manfaat. Bilamana terdapat kekurang jelasan dalam penulisan, maka pembaca sekalian dapat menuliskan hal yang kurang dipahami dengan membuat komentar pada kolom komentar yang telah disediakan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon