Cara Belajar Pemrograman

1:28 am
Bahasa pemrograman tentunya jumlahnya tidak hanya satu macam tetapi banyak jumlahnya seiring dengan bertambahnya waktu maka akan muncul bahasa pemrograman baru. Belajar bahasa pemrograman merupakan suatu hal yang boleh dibilang mudah - mudah susah. Meskipun dalam belajar bahasa pemrograman boleh dikatakan mudah - mudah susah tetapi apabila diri kita berkeinginan untuk belajar mengenai bahasa pemrograman maka kita tidak boleh takut. Dalam belajar bahasa pemrograman sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar ketika belajar bahasa pemrograman kita tidak terlalu mengalami kesusahan. Berbagai macam cara yang dapat dilakukan tersebut tentu memiliki perbedaan antara orang yang satu dengan orang lain. 

Pada tulisan kali ini penulis akan berusaha untuk memaparkan bagaimana cara belajar bahasa pemrograman yang dilakukan oleh admin sendiri. Barang kali yang dipaparkan oleh admin pada tulisan kali ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh pembaca sekalian meskipun demikian tidak ada salahnya jika tulisan ini untuk dijadikan referensi sebelum memulai belajar pemrograman. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan persiapan dalam belajar pemrograman.

# Niat untuk belajar pemrograman

Dalam memulai sesutu tentunya harus dimulai dengan niat. Pertama kali kita harus meniatkan diri kita sendiri untuk bisa memulai belajar pemrograman dengan memiliki niat kita telah melakukan langkah pertama untuk bisa mempelajari pemrograman. Niat ini dalam perjalanan belajar pemrograman harus terus dapat kita jaga, karena banyak sekali hal yang akan dialami selama kita belajar pemrograman. Berbagai hal yang kita alami nanti kemungkinan besar akan dapat menggoyahkan niat dan keinginan kita untuk belajar pemrograman. Dengan adanya berbagai hal atau kejadian yang kita alami selama belajar pemrograman kita harus bisa mengatasinya karena dengan kita mengatasi masalah tersebut maka diri kita akan merasa menikmati belajar pemrograman.

# Semangat untuk belajar pemrograman


Setelah memiliki niat tentunya kita juga harus memiliki semangat untuk belajar pemrograman. Semangat ini dibutuhkan untuk belajar pemrograman dikarenakan di tengah perjalanan belajar pemrograman akan menjumpai berbagai masalah yang harus dapat kita selesaikan. Berbagai macam kejadian akan kita alami selama kita belajar pemrograman hal - hal yang kita alami tersebut tentunya dari waktu ke waktu tidak sama selalu akan mengalami perbedaan sesuai dengan level pemrograman yang kita jalani. Semangat dalam belajar pemrograman tentunya dibutuhkan untuk selalu mendorong niat yang sudah kita mantapkan sebelumnya guna bisa belajar pemrograman. Ketika diri kita telah mempunyai semangat yang tidak pernah padam atau hilang selama kita belajar pemrograman maka lama kelamaan dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangkan keterampilan kita dalam pemrograman maka kita akan berhasil dalam mempelajari pemrograman tersebut. Semangat yang kita punyai harus terus kita jaga selama diri kita masih mempunyai umur.

# Berdoa agar diberi kelancaran dan kemudahan


Berdoa kepada Yang Maha Kuasa merupakan hal wajib dilakukan karena diri kita tidak akan bisa melakukan sesuatu tanpa adanya pertolongan dari Yang Maha Kuasa. Doa ini harus kita lakukan tanpa henti dengan demikian kita akan semakin mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa dan Insyaalah diri kita akan lebih mudah dalam belajar pemrograman. Pada umumnya dalam belajar pemrograman diri kita akan mudah sekali merasa jenuh dan juga timbul pada pikiran kita mengenai hal - hal negatif mengenai belajar pemrograman tersebut. Hal - hal atau pikiran - pikiran negatif yang biasanya muncul dengan tidak kita sadari antara lain seperti [1] membuat program itu sulit apa mungkin saya dapat membuatnya? [2] saya belum memahami struktur bahasa pemrograman tersebut [3] apa mungkin logika saya bisa berkembang untuk menghasilkan program yang baik?.

Ketiga pikiran negatif tersebut merupakan sebagian contoh hal negatif yang biasa terlintas pada pikiran kita oleh karenan itu agar kita tidak diganggu oleh pikiran - pikiran tersebut kita harus memperbanyak berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Ketika diri kita memasrahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa maka hati kita akan menjadi tenang dan damai. Pada saat diri kita mempunyai hati yang tenang dan damai maka semangat untuk terus belajar akan selalu terjaga dan bahkan terus meningkat karena kita yakin segala sesuatu yang kita alami adalah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

# Menentukan bahasa pemrograman


Bahasa pemrograman tentunya merupakan hal yang tidak boleh ketinggalan karena kalau ketinggalan maka apa yang kita pelajari. Dalam menentukan bahasa pemrograman kita cukup satu jenis bahasa pemrograman terlebih dahulu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada. Meskipun pada awalnya kita hanya memilih satu jenis bahasa pemrograman itu tidak apa - apa. Apabila kita sudah benar - benar merasa bisa dengan bahasa pemrograman tersebut maka Insyaalah kita tidak akan kesulitan untuk mempelajari jenis bahasa pemrograman yang lain. Pada dasarnya prinsip dari semua bahasa pemrograman itu hampir mirip antara bahasa pemrograman yang satu dengan bahasa pemrograman yang lain.

Dalam menentukan bahasa pemrograman ini alangkah baiknya kita mencari referensi terlebih dahulu mengenai jenis - jenis bahasa pemrograman dan karakteristik yang dimiliki oleh bahasa pemrograman tersebut. Tentunya setiap bahasa pemrograman memiliki kegunaan masing - masing yang mana kegunaan dari bahasa pemrograman diseseuaikan dengan karakteristik yang dimiliki. Bahasa pemrograman yang satu dengan bahasa pemrograman lainnya memiliki karateristik yang berbeda ada mudah dipelajari dalam waktu yang tidak lama dan ada yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mempelajarinya. Pada tahap awal bahasa pemrograman kita alangkah baiknya memilih bahasa pemrograman yang menurut kita pribadi mudah dipelajari dan kita merasa mampu dalam mempelajarinya.

# Telaten dan ulet dalam belajar pemrograman


Telaten dan ulet tentunya diperlukan dalam belajar pemrograman dikarenakan ketika mempelajari pemrograman tidak semudah yang kita bayangkan kita akan mendapatkan banyak tantangan dan permasalahan yang harus kita selesaikan. Dengan ditanamkan pada diri kita sikap ulet dan telaten maka apapun tantangan yang ada maka kita akan tetap terus belajar sampai kita mendapatkan madu dari hasil belajar tersebut. Sifat ulet dan telaten ini tidak semudah yang kita bayangkan untuk mempertahankan sifat tersebut. Ketika mempunyai sifat ulet maka di dalam diri kita akan selalu ada semangat untuk belajar. Sifat ulet ini diikuti dengan semangat yang kita punyai disamping itu kita juga harus telaten. Telaten ini memberikan kita sifat yang terus menerus meskipun sedikit - sedikit tetapi secara terus menerus dan tidak putus di tengah jalan. Dengan kata lain dalam kita mempelajari sesuatu harus tertanam di dalam diri kita "Sedikit demi sedikit lama - lama menjadi bukit".

# Tidak malu bertanya


Belajar pemrograman tentunya kita tidak mudah untuk mengetahui seluk beluk dari jenis pemrogramn yang kita pelajari. Ketika menemukan sesuatu hal yang tidak kita pahami maka kita harus berusaha mencari tahu mengenai jawabah atau informasi yang membuat diri kita menjadi paham. Dalam mencari jawaban atau informasi ini kita tidak boleh malu bertanya pada orang yang lebih tahu atau mengerti daripada diri kita. Pada saat kita bertanya orang lain bukan berarti kita orang tersebut lebih pintar dari pada kita tetapi kita menganggap orang tersebut lebih dahulu tahu dibandingkan dengan diri kita.

# Tidak takut mencoba


Seperti dituliskan pada permulaan artikel bahwasanya berlajar pemrograman itu bisa dikatakan mudah - mudah susah tetapi itu semua tergantung bagaimana diri kita dalam menyikapinya. Ketika kita sudah niat untuk belajar pemrograman maka kita tidak boleh takut atau ragu - ragu untuk mencoba. Kita harus mempunyai rasa penasaran pada pengetahuan baru yang berhubungan dengan perkembangan pemrograman. Apalagi dapat dikatakan kalau dalam dunia pemrograman akan terus mengalami perkembangan yang relatif cepat. Pemrograman dari waktu kewaktu akan terus mengalami perkembangan diiringi dengan semakin berkembangkan bahasa pemrograman untuk semakin mempermudah pada pengembangan dalam menghasilkan suatu program yang berkualitas dan tentunya bermanfaat.

Ketika diri kita mulai mencoba sesuatu yang belum pernah kita kerjakan terlebih dahulu harus dipersiapkan diri kita bahwa akan berhadapan dengan permasalahan yang baru. Dengan permasalahan baru tersebut kita tidak boleh takut kita harus tetap semangat dan ulet dalam menyelesaikan masalah tersebut. Apabila kita terus berusaha untuk bisa mempelajari pemrograman maka dengan berjalannya waktu akan kita rasakan perbedaan antara sebelum kita belajar pemrograman dan setelah belajar pemrograman.

# Mencari referensi pemrograman


Ketika belajar pemrograman tentunya kita tidak dengan tiba - tiba langsung bisa membuat program. Terlebih dahulu kita berusaha untuk mencari referensi yang membahas mengenai pemrograman. Referensi yang dapat kita gunakan bisa dalam bentuk buku atau pun lewat video - video tutorial pemrograman. Penulis sendiri lebih banyak mencari referensi pemrograman lewat internet, dengan mencari referensi lewat internet akan jauh lebih mudah dikarenan kemajuan teknologi seperti sekarang ini kita akan dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi dan pengetahuan lewat internet. Melalui internet kita dapat mnemukan referensi dalam bentuk kode program atau bahkan video tutorial untuk membuat suatu program tertentu.

# Amati Tiru Modifikasi ( ATM )


Pada saat kita mencari referensi tentang bahasa pemrograman atau kode pemrograman tertentu maka kita akan menemukan contoh kode program. Ketika mendapatkan contoh kode program tersebut kita terlebih dahulu memahami ( amati ) alur kerja atau logi dari kode program tersebut. Setelah kita mulai mengerti atau memahi logika dari kode program tersebut kita coba untuk menulis ulang ( tiru ). Pada saat menulis ulang sudah memahami logika dari program yang kita buat maka kita dapat mengubah ( modifikasi ) kode program sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Kurang lebih poin - poin di atas yang admin lakukan dalam belajar pemrograman. Dalam tulisan ini admin hanya bisa berbagi berdasarkan apa yang telah admin alami. Tetapi poin - poin dalam belajar pemrograman di atas tentunya berbeda yang diterapkan antara admin dengan teman - teman semua, itu semua tergantung dari apa yang membuat diri kita nyaman dalam belajar pemrograman. Hal terpenting dalam belajar adalah kita harus nyaman dan konsisten tentunya.

Adapun tulisan lain yang bisa disimak untuk dijadikan bahan bacaan mengenai "Belajar pemrograman itu menyenangkan". Cukup sekian tulisan yang berjudul Cara Belajar Pemrograman semoga dapat memberi wawasan dan manfaat.

Artikel Terkait

First

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon