Bahasa Pemrograman Itu Menarik

9:05 pm
Mengenai bahasa pemrograman mungkin banyak yang belum pernah mendengar, meskipun ada mungkin hanya sebagian kecil. Mungkin juga ada yang bertanya bahasa pemrograman itu bahasa seperti apa? Bahasa manusia atau bukan?. Bahasa pemrograman merupakan suatu bahasa yang dipergunakan untuk menciptakan suatu program atau aplikasi pada komputer.  Jenis dari bahasa pemrogaman tidak hanya satu tetapi bermacam - macam. Penemu atau pembuat dari bahasa pemrograman ini adalah manusia guna membuat suatu alat yang bisa membantu pekerjaan manusia.

Bahasa ini memiliki segi kemenarikan jika dibandingkan dengan bahasa manusia pada umumnya. Kemenarikan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman dibandingkan dengan bahasa manusia tentunya dapat diulas dari persamaan dan perbedaan yang dapat diketahui dari kedua bahasa ini. Pesamaan dari kedua bahasa ini sama memiliki macam atau jenis yang tidak hanya satu tetapi beraneka macam. Untuk perbedaanya yang paling menonjol dalam penggunaan bahasa pemrograman dipergunakan untuk membuat suatu program komputer sedang bahasa manusia dipergunakan untuk berkomunikasi dalam kehidungapn sehari - hari. Selain itu bahasa pemrograman dapat dengan mudah dipergunakan dan dimengerti oleh orang pembuat program di seluruh bagian dunia.

Beberapa hal menarik yang dimiliki oleh bahasa pemrograman diantaranya bahasa pemrograman memiliki jenis dan kegunaan yang berbeda - beda. Satu bahasa pemrograman dapat digunakan oleh banyak orang didunia yang berlainan bahasa komunikasi. Seorang pengguna bahasa pemrograman dapat saling mengerti mengenai alur dari program yang dibuat oleh orang yang berbeda lewat alur logika yang digunakan. Dalam penggunaan bahasa pemrograman tentunya yang tidak boleh ketinggalan adalah penanaman logika pemrograman. Logika pemrograman setiap orang tidak tidak sama meskipun begitu jika sudah terbiasa membuat program kemungkinan besar akan dapat memahami alur logika dari orang lain. Penggunaan dari bahasa pemrograman tidak perlu diucapkan lewat rangkaian kata - kata tetapi cukup diketikan di atas keyboard dan dipadukan dengan logika pemrograman yang kita punyai untuk mewujudkan sebuah program.

Penggunaan bahasa pemrograman selain digunakan untuk membuat program yang membantu pekerjaan manusia tentunya dapat juga digunakan untuk mengisi waktu luang sambil membuat program. Ketika kita bisa menggunakan satu bahasa pemrograman rasanya ingin mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Keunikan dari bahasa pemrograman adalah kita tidak perlu kursus ke lembaga kursus bahasa pemrograman tetapi kita cukup browsing di internet untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut.  Bahasa pemrograman dapat digunakan sesuka hati oleh yang menggunakan bahasa tersebut tidak perlu terikat oleh aturan harus begini dan begitu. Bahasa pemrograman tidak terikat oleh peraturan luar negeri maupun dalam negeri. Penggunaan bahasa pemrograman tidak ada tingkatan lebih sopan atau kurang sopan.

Bahasa pemrograman dapat digunakan oleh siapa saja asalkan mempunyai kemauan untuk belajar dan tidak mudah menyerah. Pengguna bahasa pemrograman tidak terikat oleh orang pada bidang ilmu tertentu tetapi siapa yang mau menggunakan bahasa pemrograman boleh saja.  Pengguna bahasa pemrograman tertentu bisa lebih dari satu negara. Para pengguna bahasa pemrograman tidak perlu kawatir pengguna bahasa pemrograman yang lain tidak mengerti dengan kode yang dia buat. Pengguna bahasa pemrograman dapat menghabiskan pikiran dan waktunya untuk menciptakan suatu program yang dia inginkan.

Bahasa pemrograman mengalami perkembangan dari satu versi ke versi berikutnya untuk memberikan kemudahan dalam membuat suatu program. Antara versi satu dengan versi yang lain dari bahasa pemrograman difokuskan dalam penambahan fitur atau fungsi yang dimiliki oleh bahasa pemrogran tersebut sehingga suatu program yang dihasilkan dengan bahasa pemrograman yang sama dapat semakin lebih sedikit kode yang dipergunakan untuk menghasilkan program tersebut. Perkembangan versi dari bahasa pemrograman ini dilakukan berdasarkan pengalaman yang di dapatkan oleh para pembuat program. Tentunya pembuat program yang berasal dari negara berbeda dapat menggunakan jenis bahasa pemrograman yang sama dengan demikian akan mucul pengalaman yang berbeda dari masing - masing pembuat program dalam menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Perbedaan pengalaman ini dapat melahirkan bahasa pemrograman dengan versi baru yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Kegunaan yang dimiliki oleh jenis bahasa pemrograman satu dengan lainnya tentunya berbeda atau tidak sama. Ketidaksamaan fungsi atau kegunaan dari bahasa pemrograman ini mendorong para pembuat program untuk terus berlatih menggunakan bahasa pemrograman dalam menhasilkan suatu program yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan manusia. Macam - macam bahasa pemrograman yang berbeda muncul dikarenakan tempat berjalannya program atau platform untuk menjalankan program yang dihasilkan dari bahasa pemrograman tertentu juga tidak sama. Ketika pembuat program ingin membuat program yang berjalan pada platform tertentu maka harus mempelajari bahasa pemrograman tertentu yang sesuai untuk membuat program yang dapat berjalan atau dieksekusi pada platform tersebut.

Antara bahasa pemrograman yang ditujukan untuk platform berbeda tentunya akan mempunyai struktur pemrograman berbeda pula. Perbedaan struktur yang dimiliki oleh setiap bahasa pemrograman ini semakin menunjukan kalau bahasa pemrograman itu menarik untuk dipelajari. Ketika kita belajar bahasa pemrograman satu kemudian mempelajari bahasa pemrograman yang lainnya maka akan dihadapkan dengan struktur atau pola pemrograman lain dari bahasa sebelumnya. Dengan kita berusaha untuk memahami bahasa pemrograman yang berbeda secara tidak sadar diri kita dilatih untuk bisa beradaptasi dengan waktu yang relatif tidak banyak. Kemampuan beradaptasi dengan bahasa pemrograman dalam membuat program ini tentunya sangat diperlukan. Semakin cepat beradaptasi dengan bahasa pemrograman yang baru tentunya akan menambah kepercayaan diri kita dalam membuat program komputer.

Jenis bahasa pemrograman yang berbeda terkadang juga dapat digabungkan untuk menghasilkan suatu program yang tentunya menghasilkan keluaran atau kualitas yang lebih daripada dengan menggunakan satu jenis bahasa pemrograman. Penggabungan ini dapat dilakukan ketika orang yang membuat program atau programmernya sudah mengetahui fungsi dari bahasa pemrograman yang akan digabungkan tersebut. Dalam hal penggunaan lebih dari satu jenis bahasa pemrograman ini tentunya membutuhkan pemahaman yang cukup tentang bahasa pemrograman tersebut dan fungsional bagian mana dari program yang harus dibuat dengan bahasa pemrograman yang lain atau tidak sejenis. Tentunnya penggabungan bahasa pemrograman yang berbeda jenis ini membutuhkan pengalaman atau jam terbang yang cukup dari para pembuat program yang terkait.

Ketika bahasa pemrograman yang berbeda digabungkan tentunya masing - masing bahasa pemrograman menangani fungsional yang berbeda dari program yang dibuat untuk menghasilkan keluaran atau hasil yang diharapkan. Bahasa pemrograman dapat digabungkan ini merupakan hal yang menarik untuk dipelajari dan diketahui. Pada saat mengetahui fungsi atau kegunaan dari bahasa pemrograman yang berbeda jenis dan dapat menggabungkannya untuk menghasilkan program yang lebih berkualitas tentunya akan menambah nilai tersendiri bagi programmer program tersebut. Semangat belajar dan rasa ingin tahu dari para pembuat program sangat diperlukan guna semakin menghasilkan program - program yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan manusia yang tentunya tidak sedikit jumlahnya.

Tulisan lainya yang bisa disimak membahas mengenai "Bahasa pemrograman dan program".

Demikianlah sepenggal tulisan yang mempunyai judul Bahasa Pemrograman Itu Menarik. Semoga tulisan pada blog rowcode kali ini dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon