Mengapa Ingin Menjadi Programmer

3:21 am
Programmer, tentunya orang - orang yang berkecimpung di dunia IT atau teknologi informasi tidak asing lagi dengan kata ini. Programmer merupakan orang yang membuat program untuk membantu pekerjaan manusia yang bersifat berulang - ulang dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Profesi sebagai seorang programmer merupakan salah satu profesi yang dapat dipilih apabila berkecimpung di dunia IT. Akan tetapi ada kebanyakan orang yang berpendapat menjadi seorang programmer merupakan profesi setingkat dengan kuli pada bidang IT. Siapa bilang programmer merupakan kuli, justru sebaliknya seorang programmer merupakan seorang pahlawan dan akan memiliki masa depan yang cerah tentunya.

Seorang programmer dapat membuat program sesuai dengan apa yang dia kehendaki dan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan orang pada umumnya. Dengan menjadi seorang programmer kita akan memperoleh dunia baru yang orang lain tidak memilikinya yaitu dunia pemrograman yang di dalamnya kita dapat memperoleh kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menyelesaikan suatu permasalahan atau problem yang diwujudkan ke dalam bentuk sebuah program komputer. Berhasil membuat atau menghasilkan suatu program atau aplikasi tentunya memberi kenikmatan tersendiri yang dirasakan oleh seorang programmer. Seorang programmer tidak akan pernah menyerah untuk membuat program yang sesuai dengan kebutuhan.

Kebanyakan orang yang bergelut atau berkecimpung di bidang teknologi informasi sudah banyak yang mengetahui pekerjaan dari seorang programmer. Seorang programmer dituntut untuk bisa menerjemahkan beberapa beberapa keinginan pengguna atau user menjadi beberapa baris kode. Selanjutnya merangkai beberapa baris kode tersebut menjadi sebuah program yang dapat dimanfaatkan oleh manusia guna membantu pekerjaan mereka. Seorang programmer juga selalu dituntut untuk selalu berkembang dengan seiring perkembangan teknologi pemrograman yang ada. Seorang programmer dapat menentukan caranya sendiri guna menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam membuat suatu program komputer. Orang yang menjadi programmer komputer dapat mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada untuk membuat program sesuai dengan jenis kebutuhan manusia. Untuk menjadi seorang programmer tidak segampang yang dibayangkan tetapi harus mempersiapkan diri sebelum memutuskan untuk menjadi programmer. Tentunya tahap awal dalam langkah menjadi programmer adalah belajar pemrograman.

Apakah ada yang bercita - cita atau berkeinginan untuk menjadi seorang programmer? Menjadi programmer itu tidak seburuh atau sejelek yang dibayangkan. Seperti yang sudah admin sebutkan pada paragrap sebelumnya kalau programmer itu merupakan seorang pahlawan atau orang yang berjasa dan dapat membantu orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Seorang programmer memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh orang lain. Admin pada blog yang sedang teman - teman baca ini bercita - cita menjadi seorang programmer looo... yang bisa membantu orang lain. Admin selalu berusaha untuk mempelajari hal - hal baru baik yang berhubungan dengan dunia teknologi maupun dunia pemrograman dengan sakpol kemampuan yang admin miliki. Terus mengapa admin kok berkeinginan menjadi seorang programmer? Alasan admin untuk menjadi sebagai seorang programmer seperti yang akan admin sebutkan dalam tulisan ini. Berberapa alasan yang membuat admin atau penulis artikel ini untuk menjadi seorang programmer silahkan simak beberapa point berikut ini :

# Seorang programmer harus memiliki sifat tenang dan sabar

Menjadi seorang programmer itu harus sabar dan tenang dalam menulis berbaris - baris kode. Apabila seorang programmer tidak sabar maka kode tidak akan pernah tertulis dan program atau aplikasi tidak akan pernah dihasilkan. Dalam membuat dan menulis suatu kode program seorang programmer harus benar - benar kondisi emosinya dalam keadaan tenang dan penuh kesabaran karena ketika dalam proses membuat suatu program tentunya akan banyak masalah yang ditemui atau error pada kode yang sedang dibuat. Error atau masalah tersebut harus benar - benar diselesaikan dengan penuh ketenangan dan kesabaran. Ketika kodisi emosi sabar dan tenang maka program yang dibuat sedikit demi sedikit akan dapat terbebas dari error yang telah terjadi. Pada saat error atau masalah pada kode program yang terjadi telah berhasil diatasi maka sebuah program pun akan dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan yang telah didefinisikan sebelumnya.

Apabila ketika pertama kali belajar pemrograman tidak bisa sabar maka dengan seiring berjalannya waktu dan seiring terus berlatih membuat program komputer maka kemungkinan besar sifat sabar dapat terbentuk dengan tanpa disadari oleh seorang programmer tersebut. Kebiasaan sabar yang timbul pada seorang programmer diakibatkan oleh berbaris - baris kode yang telah dibuat untuk menghasilkan beberapa jenis program yang berbeda. Tingkat kesabaran dari seorang programmer juga akan mengalami peningkatan atau perkembangan seiring dengan tingkat kesulitan atau kerumitan dari program yang pernah dibuat. Jam terbang atau pengalaman dari seorang programmer dapat terus berkembang ketika programmer tersebut selalu berusaha untuk tenang dan sabar dalam membuat berbagai program yang bermacam - macam jenisnya. Ketika jam terbang dari seorang programmer sudah tinggi maka tidak dapat diremehkan lagi pengalaman dari programmer tersebut dan pastinya sudah banyak jenis program yang telah dibuat oleh programmer tersebut. Pada saat jam terbang dari seorang programmer terus semakin tinggi maka tentunya sudah banyak jenis bahasa pemrograman yang telah dipelajari.

# Seorang programmer itu terbiasa fokus dan teliti

Fokus dan teliti tidak boleh ketinggalan dari seorang programmer ketika membuat sebuah program yang berguna dan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Seorang programmer harus terbiasa fokus dengan apa yang sedang dikerjakan untuk menghasilkan berbaris - baris kode guna menghasilkan suatu program yang dapat berjalan normal. Selain fokus dalam mengetik berbaris - baris kode seorang programmer harus teliti dengan kode yang telah dibuat, supaya tidak sering mengalami masalah atau error pada program yang sedang dibuat. Seorang programmer harus memiliki tingkat ketelitian dan kefokusan yang tinggi tentunya, apabila tidak memiliki tingkat ketelitian dan kefokusan yang tinggi maka program atau apliksi yang dibuat akan tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Apalagi ketika menjumpai kesalahan pada barisan atau deretan kode yang sedang dikerjakan maka seorang programmer harus bisa meneliti dan fokus pada bagian kode mana yang mengakibatkan kesalahan.

Seorang programmer yang terbiasa teliti dan fokus pada berbaris - baris kode ketika dalam proses membuat program maka dapat pula tanpa disadari kebiasaan tersebut terbawa dalam kehidupan sehari - hari. Ketika seorang programmer menjalani kehidupan di dalam keseharian maka akan terbiasa fokus sehingga tidak akan mudah terganggu oleh berbagai gangguan menghampirinya. Kebiasaan teliti dari seorang programmer yang dapat terbawa dalam kehidupan keseharian maka apapun pekerjaan yang dikerjaan oleh programmer tersebut akan dikerjakan dengan teliti dan tidak terburu - buru. Pada saat kebiasaan fokus dan teliti ini sudah tertanam pada diri programmer maka dengan tanpa disadari seorang programmer selalu fokus dan teliti dalam melakukan suatu apa pun pada kondisi bagaimana pun.

# Seorang programmer terbiasa mengendalikan diri

Bisa mengendalikan emosi yang terdapat di dalam diri harus dimiliki oleh seorang programmer. Seorang programmer tentunya akan mendapat tekanan ketika sedang membuat program, mereka dituntuk untuk bisa menyelesaikan suatu program tepat waktu dengan program yang dihasilkan dapat berjalan lancar tanpa ada masalah. Di bawah tekanan untuk menyelesaikan suatu program seorang programmer dilatih untuk bisa mengendalikan emosi yang ada pada dirinya. Apabilai seorang programmer gagal dalam mengendalikan emosi yang dimilikinya maka akan berakibat pada program yang sedang ia kerjakan tidak akan dapat maksimal hasilnya.

Seorang programmer yang terbiasa berada di bawah tekanan maka ia akan terbiasa untuk mengendalikan emosi yang ada di dalam dirinya agar tetap tenang. Karena apabila emosi meluap - luap dan tidak bisa dikendalikan dengan baik maka logiku sebagai roh dari suatu program tidak akan dapat muncul secara baik. Apabila logika tidak dapat muncul dengan baik maka program pun tidak akan selesai tepat pada waktunya. Tentunya cara pengendalian emosi antara programmer yang satu dengan programmer yang lain mempunyai caranya masing - masing tergantung dari tingkat emosi yang dimiliki oleh masing - masing programmer.

# Seorang programmer itu pantang menyerah

Sifat tidak mudah menyerah harus tidak tertinggal dari seorang programmer yang ingin selalu berkembang menjadi programmer handal dalam membuat program yang bermanfaat. Ketika programmer mempunyai sifat pantang menyerah maka dalam kondisi bagaimanapun akan selau berusaha untuk menyelesaikan program yang sedang dikerjakan. Ketika menjumpai kesalahan pada baris kode yang sedang dibuat, seorang programmer akan terus berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut sampai barisan kode yang dibuat selesai dan menghasilkan program sesuai dengan yang diharapkan. Pada saat masalah berhasil diatasi programmer akan selalu berusaha membuat program yang baru sesuai dengan keperluan pengguna. Programmer dalam menyelesaikan suatu program tidak mudah menyerah dan bahkan rela menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan suatu program yang benar - benar berkualitas.

# Seorang programmer mempunyai semangat belajar yang tinggi

Seorang programmer harus bisa membuat program yang bisa membantu pekerjaan manusia. Bidang pekerjaan manusia tidak hanya satu macam tetapi bermacam - macam bidang yang berbeda - beda. Hal inilah yang memacu seorang programmer untuk selalu belajar dengan semua bidang ilmu pengetahuan yang ada. Ketika seorang programmer belajar pengetahuan yang berkaitan dengan bidang program yang akan dibuatnya seorang programmer harus mempunyai semangat guna menyelesaikan suatu program tersebut. Semangat belajar tinggi yang dimiliki oleh seorang programmer membuat para programmer mempunyai ilmu pengetahuan yang tidak terpaku pada satu macam bidang ilmu pengetahuan saja. Seiring dengan bertambahnya pengetahuan seorang programmer maka jam terbang dari seorang programmer juga semakin tinggi begitu juga skill atau keterampilan yang dimiliki semakin meningkat.

# Seorang programmer mempunyai daya kreatifitas yang tinggi

Seorang programmer harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Ketika membuat suatu program programmer harus dengan cepat dalam menemukan cara atau algoritma untuk menyelesaikan program yang sedang dikerjakan. Tingkat kreatifitas dari seorang programmer akan terus semakin berkembang lebih tinggi seiring dengan semakin seringnya programmer tersebut membuat bermacam - macam program dengan menggunakan algoritma yang berbeda dan bermacam - macam. Dengan memiliki tingkat kreatif yang tinggi maka programmer akan bisa dengan mudah untuk membuat program yang bermanfaat. Semakin tingginya tingkat kreatif dari programmer maka tentunya seorang programmer akan tidak kesulitan untuk menyelesaikan program yang baru dan belum pernah dikerjakan sebelumnya oleh programmer yang bersangkutan.

# Insyaallah yang terakhir programmer itu merupakan calon menantu idaman 

Seorang programmer dapat dijadikan sebagai menantu idaman dengan berbagai karateristik yang dimilikinya. Berdasarkan berbagai karakteristik yang biasa dimiliki oleh seorang programmer Insyaallah dapat membina keluarga yang barokah di dunia dan di akhirat heeee. heee. hee. he.....
Tulisan yang dibuat oleh admin ini merupakan sebagian alasan dari admin secara pribadi untuk menjadi seorang programmer yang bisa admin bagikan. Semoga tulisan Mengapa Ingin Menjadi Programmer ini dapat menambah informasi dan memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon