Apakah Harus Menguasai Semua Bahasa Pemrograman ?

7:12 pm
Apakah untuk menjadi seorang programmer kita harus menguasai semua bahasa pemrograman? Kemungkinan pertanyaan seperti ini pernah terlintas pada pikiran kita ketika kita sedang menulis kode atau ketika diri kita bercita - cita menjadi seorang programmer atau pembuat program. Memang pertanyaan seperti itu terkadang mengurangi semangat kita untuk mempelajari pemrograman. Semangat kita menurun untuk belajar pemrograman dikarenakan terlalu membayangkan mengenai bahasa pemrograman yang banyak jumlahnya dan tentu saja sintaks atau struktur penulisannya berbeda - beda antara bahasa pemrograman yang satu dengan bahasa pemrograman lainnya.

Seorang pembuat program atau programmer memang diusahakan harus mengenal atau mengetahui macam - macam dari dari bahasa pemrograman yang ada dan digunakan pada umumnya. Dalam rangka  mencari tahu dan mempelajari macam - macam bahasa pemrograman seorang programmer dapat melakukannya dengan melakukan diskusi sesama programmer, mencari tahu lewat internet, atau juga dapat ikut pada forum diskusi programmer. Ketika pada tahap mencari tahu mengenai macam - macam bahasa pemrograman tentunya tanpa disadari akan mengetahui struktur atau karakteristik dari bahasa pemrograman tersebut meskipun hanya sepintas yang terpenting pernah mengetahuinya. Dengan mengetahui karakteristik dari beberapa bahasa pemrograman maka nantinya jikalau disuruh membuat program dengan bahasa tertentu maka tidak akan kebingunan dan akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan bahasa pemrograman tersebut.

Bahasa pemrograman macamnya tidak hanya satu macam dan masing - masing bahasa pemrograman tersebut memiliki kegunaan sendiri - sendiri. Kegunaan dari suatu bahasa pemrograman tentunya disesuaikan dengan jenis platform tempat program yang dihasilkan dari bahasa pemrograman tersebut dijalankan atau dapat beroperasi. Perbedaan kegunaan dari setiap bahasa pemrograman ini tentunya seorang programmer tidak diharuskan untuk dapat menggunakan semua bahasa pemrograman tersebut. Untuk setiap bahasa pemrograman dipergunakan oleh seorang programmer yang sesuai dengan dibidang apa bahasa pemrogramman tersebut digunakan untuk menhasilkan program yang membantu pekerjaan manusia.

Dari masing - masing bahasa pemrograman tersebut selalu mengalami pembaharuan versi yang menyediakan fitur - fitur lebih baru tentunya akan kesulitan untuk menguasai semua bahasa pemrograman yang selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Bahasa pemrograman selalu mengalami perkembangan tentunya, meskipun demikian seorang programmer tidak perlu bingung karena perkembangan tersebut akan selalu diupayakan mempermudah programmer dalam membuat program. Dengan adanya perkembangan yang semakin cepat ini dari bahasa pemrograman maka seorang programmer dituntut untuk selalu bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan bahasa pemrograman. Oleh karena harus selalu menyesuaikan dengan perkembangan dari bahasa pemrograman yang ia gunakan maka seorang programmer tidak diharuskan untuk mahir dengan banyak bahasa pemrograman.

Dalam menggunakan suatu bahasa pemrogaman seorang programmer harus mengerti kegunaan dari bahasa pemrograman tersebut, mengerti bukan berarti kita harus menguasai suatu bahasa pemrograman. Seorang programmer cukup mengerti kegunaan dari bahasa pemrograman tersebut dan cara pemakaiannya dalam membuat sebuah program. Mengerti yang dimaksud disini mengerti mengenai sitaks pemrograman yang benar dan cara penanganan error jika program dijalankan terjadi masalah. Untuk mengerti tentunya seorang programmer harus berani mencoba bahasa pemrograman yang belum pernah ia gunakan sebelumnya. Ketika seorang programmer berani mencoba bahasa pemrograman tersebut maka tanpa sadar lama kelamaan akan mengetahui struktur dan penanganan masalah pada program yang pembuatannya dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Untuk menjadi seorang programmer yang mumpuni kita tidak perlu untuk menguasai semua bahasa pemrograman yang ada tetapi kita cukup mengerti kegunaan dari bahasa pemrograman tersebut. Kita harus mempunyai rasa ingin tahu mengenai penggunaan dari bahasa pemrograman yang belum dipelajari sebelumnya. Dengan demikian meskipun kita tidak bisa menguasai bahasa pemrograman yang banyak macamnya yang terpenting kita dapat menggunakan bahasa pemrograman tertentu guna menghasilkan program yang bermanfaat. Ketika seorang programmer bisa menggunakan suatu bahasa pemrograman yang telah biasa digunakan maka harus bisa memberanikan diri untuk mencoba jenis bahasa pemrograman yang lain guna meningkatkan jam terbang atau pengalaman dalam dunia pemrograman.

Meningkatkan kemampuan atau keteramapilan pemrograman dari seorang programmer tentunya harus terus berlatih membuat berbagai macam program dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Ketika sudah berhasil membuat suatu program dengan berbagai bahasa pemrograman yang berbeda maka seni dari pemrograman akan mulai terlihat yaitu satu program yang dibuat dalam bahasa pemrograman yang berbeda jenisnya. Melatih diri untuk membuat program dengan bahasa pemrograman yang berbeda jenis tentunya akan menamba jam terbang seoarang programmer dan perbendaharaan bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh seorang programmer tersebut. Apabila seorang programmer telah memiliki perbendaharaan bahasa pemrograman yang lebih dari satu macam maka tanpa disadari dia telah bisa menggunakan lebih dari satu macam bahasa pemrograman untuk mengasilkan program yang bermanfaat.

Ketika seorang programmer sudah mengerti dan bisa menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu hal ini membuat seorang programmer semakin meningkatkan kemampuannya dalam mempelajarai suatu bahasa pemrograman. Seorang programmer yang dengan cepat dapat memahami karakteristik dari suatu bahasa pemrograman yang baru maka dapat menjadi nilai lebih dari seorang programmer tersebut. Adanya kemampuan beradaptasi dengan bahasa pemrograman baru dari seorang programmer ini menjadikan seorang programmer tidak takut untum membuat suatu program dengan bahasa pemrograman tertentu meskipun belum pernah menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Guna mempercepat dalam beradaptasi dengan suatu bahasa pemrograman untuk membuat program maka seorang programmer juga bisa mencari referensi dan bertanya pada forum - forum programmer yang banyak bersebaran di internet. Selain melalui forum untuk mendapatkan referensi juga dapat dengan membeli buku yang membahas bahasa pemrograman tersebut. Kecepatan dalam mencari referensi ini juga harus diimbangi dengan kemampuan dan kemauan dari seorang programmer yang selalu ingin berkembang. Apabila seorang programmer memiliki kemauan keras untuk ingin bisa dan berkembang maka tentunya tidak akan menyerah dalam mempelajari bahasa pemrograman. Meskipun demikian untuk beradaptasi dengan bahasa pemrograman yang baru dikenal tetap memerlukan waktu tetapi hal ini dipengaruhi oleh semangat dan kemauan yang dimiliki oleh programmer tersebut.

Inti dari sebenarnya pemrograman adalah logika pemrograman apapun bahasa pemrograman yang digunakan. Logika pemrograman inilah yang harus dimiliki oleh setiap programmer karena logika ini yang membuat suatu program dapat berjalan seperti yang diinginkan. Meskipun menguasai semua bahasa pemrograman tetapi tidak  mengetahui logika pemrograman untuk menghasilkan program yang berjalan sebagaimana mestinya, maka tidak akan dapat dihasilkan program yang baik. Pada dasarnya untk menjadi seorang programmer adalah adanya kemauan untuk belajar. Ketika diri kita mau belajar maka Insyaalah kita akan bisa mengerjakan dan menjadikan mimpi menjadi kenyataan.

Tulisan lainnya yang bisa disimak dan dijadikan referensi mengenai "Mengapa ingin menjadi programmer". 

Cukup sekian sepenggal tulisan mengenai "Apa harus menguasai semua bahasa pemrograman ?" semoga dapat memberikan inspirasi dan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon