Menentukan Bilangan Genap Dengan Menggunakan Bahasa C

7:47 pm
Bilangan genap merupakan suatu bagian atau anggota dari bilangan bulat. Bilangan genap ini merupakan suatu bilangan yang dibagi dengan angka 2 memiliki sisa hasil bagi 0. Tulisan kali ini akan sedikit membahas mengenai membuat program menentukan bilangan genap dengan menggunakan bahasa C. Bilangan genap juga dapat dikatakan sebagai lawan dari bilanga ganjil, pada tulisan sebelumnya telah dibahas mengenai membuat program menentukan bilangan ganjil dengan bahasa C.

Bilangan genap ke- n  memenuhi persamaan berikut ini : 
n = 2n
Keterangan : 
n = bilangan genap ke- n
Contoh anggota bilangan genap adalah 0, 2, 4, 6, 8, 10, .......
Di dalam pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana menulis kode dalam bahasa C untuk memutuskan atau mengidentifiksi bilangan tersebut termasuk bilangan genap atau bukan bilangan genap. Selain itu di sini juga akan dibahas untuk menulis kode program menentukan nilai bilangan genap ke- n atau nilai bilangan genap pada posisi tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Sebelum melanjutkan ke kode program kita terlebih dahulu akan menuliskan alur kerja program atau algoritma dari program yang akan kita buat. Algoritma dari program memutuskan bilangan genap dan program menampilkan nilai bilangan genap ke- n kurang lebih seperti dijelaskan pada penjelasan berikut ini :

Algoritma pemrograman yang diterapkan dalam program

Suatu program yang dibuat pada dasarnya tidak akan dapat menghasilkan suatu keluaran yang sesuai dengan apa yang diharapkan jika pada saat membuat program tersebut tidak ditanamkan suatu algoritma pemrograman yang dapat menghasilkan keluaran dari yang diharapkan. Pada saat kita berlatih membuat program kita juga harus bisa untuk belajar mendefinisikan bagaimana algoritma yang sesuai  untuk mendapatkan keluaran dari program yang kita buat nantinya. Berikut ini merupakan contoh algoritma pemrograman yang akan kita terapkan di dalam program yang kita buat. Bilamana dari teman - teman semua mempunyai algoritma yang berbeda tentunya diperbolehkan dengan demikian kita akan semakin terlatih untuk menggunakan logika yang kita miliki untuk mendefinisikan suatu algoritma pemrograman.

Algoritma memutuskan bilangan genap atau bukan bilangan genap :
Berikut ini merupakan contoh algoritma atau suatu alur yang mana perlu dikerjakan oleh program yang kita buat supaya bisa memutuskan bilangan yang dimasukkan oleh pengguna itu termasuk bilangan genap atau bukan bilangan genap. Algoritma yang dituliskan ini hanya salah satu macam algoritma saja dan masih banyak algoritma lain yang dapat dipergunakan.
  1. Mulai
  2. Membaca inputan berupa bilangan yang akan diuji
  3. Membagi bilangan dengan angka 2
  4. Jika hasil bagi sama dengan nol ( 0 ) maka bilangan genap
  5. Jika hasil bagi tidak sama dengan nol ( 0 ) maka bukan bilangan genap
  6. Menampilkan keputusan termasuk bilangan genap atau bukan bilangan genap
  7. Selesai
Algoritma menampilkan nilai bilangan genap ke- n :
Di dalam program latihan menentukan nilai bilangan genap ke- n dapat menggunakan atau menanamkan algoritma pemrograman seperti berikut ini. Tentunya tidak harus seperti dibawah ini akan tetapi dapat dimodivikasi untuk melatih logika pemrograman yang kita miliki.
  1. Mulai
  2. Membaca inputan berupa posisi ke- n bilangan genap
  3. Memasukkan nilai posisi bilangan genap ke dalam persamaan
  4. Menampilkan hasil perhitungan dari persamaan
  5. Selesai
Untuk pengaplikasian algoritma di atas pada kode pemrogaman bahasa C seperti yang diperlihatkan oleh kode di bawah ini.

Di bawah ini merupakan kode - kode program yang merupakan perealisasikan atau pengaplikasian dari dua algoritma pemrogramam di atas.

Kode program untuk memutuskan bilangan genap :

Setelah di atas disebutkan mengenai urutan algoritma untuk memutuskan suatu bilangan termasuk bilangan genap atau bukan maka selanjutnya disini disajikan salah satu bentuk kode pemrograman dalam bahasa pemrograman C untuk merealisasikan algoritma tersebut.
 
/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program: program mengidentifikasi bilangan genap
*/
/*--- Awal Kode ----*/
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    // inisialisasi variabel
    int bilangan, keputusan;
    // judul program 
    printf("=================================================\n"
           "  PROGRAM MENGIDENTIFIKASI BILANGAN GENAP        \n"
           "             ( Author : Aristiawan)         \n"
           "=================================================\n");
    // ambil inputan bilangan
    printf("Masukkan bilangan : ");
    scanf("%d",&bilangan);
    printf("\n"); // untuk ganti baris
    // proses menentukan keputusan bilangan genap
    keputusan = bilangan % 2;
    // proses menampilkan keputusan
    if(keputusan > 0) // untuk bukan bilangan genap
    {
        printf("Hasil : bilangan %d bukan termasuk bilangan genap\n",bilangan); // menampilkan keputusan ke layar komputer
    }
    else // untuk bilangan genap
    {
        printf("Hasil : bilangan %d termasuk bilangan genap\n",bilangan); // menampilkan keputusan ke layar komputer
    }
    printf("\n");
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Kode program untuk menampilkan nilai bilangan genap ke- n :

Selanjutnya disini merupakan kode yang sekiranya sederhana untuk bisa merealisasikan dari algoritma menampilkan bilangan genap ke- n yang telah disebutkan di atas. Tentunya kode program yang digunakan bisa dimodivikasi sesuai dengan kemauan kita asalkan hasil yang dihasilkan dari program yang telah dibuat adalah sesuai dengan harapan. Bilamana tidak sesuai dengan harapan berdasarkan pada hasil yang dikeluarkan maka tentunya kode yang telah dibuat masih terdapat kekeliruan yang harus diperbaiki.

/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program: program menampilkan nilai bilangan genap ke- n
*/
/*--- Awal Kode ----*/
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    // inisialisasi variabel
    int posisi, b_genap;    
    // judul program 
    printf("=================================================\n"
           "  PROGRAM MENAMPILKAN NILAI BILANGAN GENAP KE - N \n"
           "             ( Author : Aristiawan)         \n"
           "=================================================\n\n");    
    // ambil inputan posisi bilangan genap
    printf("Masukkan posisi bilangan genap : ");
    scanf("%d",&posisi);    
    printf("\n"); // untuk ganti baris    
    // proses menentukan nilai bilangan genap
    b_genap = 2 * posisi;    
    // proses menampilkan bilangan genap    
    printf("Nilai bilangan genap posisi ke- %d = %d\n",posisi,b_genap);    
    printf("\n");    
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Untuk tampilan kode program di atas setelah dijalankan atau di eksekusi seperti yang diperlihatkan pada gambar - gambar di bawah ini.

Untuk mengetahui hasil dari kode program yang selesai dibuat maka kode tersebut dieksekusi dan di bawah ini merupakan tampilan ketika kode program berhasil dieksekusi dengan tidak terjadi masalah atau error yang tampak. Dengan mengetahui program dapat berjalan maka didapatkan bahwasanya kode program yang telah diketik tidak mengalami masalah atau kekeliruan.

Menentukan Bilangan Genap Dengan Menggunakan Bahasa C
    Gambar 1

Gambar 1 memperlihatkan hasil tampilan ketika dari kode program untuk mengidentifikasi bilangan genap telah berhasil dieksekusi dan berjalan secara normal. Program sudah berjalan dengan normal dengan menampilkan tulisan yang menghendaki pengguna memasukkan nilai yang ingin diuji. Nilai yang dimasukkan tampak pada gambar satu adalah nilai 23. Selanjutnya program melakukan proses pengidentifikasian sesuai dengan algoritma yang telah ditanamkan. Akhirnya setelah selesai mengidentifikasi masukkan dari pengguna, program menampilkan tulisan yang menyatakan nilai 23 bukan termasuk anggota bilangan genap. Dengan demikian dapat dikatakan bahwasanya algoritma dan kode program yang dibuat telah sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Menentukan Bilangan Genap ke- n Dengan Menggunakan Bahasa C
    Gambar 2

Tampilan pada Gambar 2 seperti yang diperlihatkan di atas juga merupakan hasil pengeksekusian dari kode untuk menampilkan nilai bilangan genap pada posisi ke- n. Ketika dapa menlihat tampilan seperti demikian dapat dipahami bahwasanya program dapat berjalan secara lancar. Pada saat program bejalan dengan lancar program mencetak tulisan pada layar monitor komputer yang meminta inputan atau masukkan kepada pengguna program mengenai posisi dari bilangan genap yang ingin diketahui nilainya. Pada gambar diketahui nilai pasisi yang diinginkan adalah pada posisi nomer 4. Kemudian program memproses nilai posisi tersebut dengan menggunakan algoritma yang telah ditanamkan pada kode program. Setelah program selesai memproses tentunya program menampilkan hasil yang didapatkan seperti dapat diperhatikan pada gambar program menampilkan tulisan "Nilai bilangan genap posisi ke- 4 = 8" hal ini memperlihatkan program telah berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk semakin membuat pengalaman kita dalam membuat suatu program komputer dapat semakin baik maka kita harus terus berlatih membuat program - program lainnya sesuai kreasi kita masing - masing atau dengan memodivikasi contoh - contoh program yang sudah ada. Meskipun dengan kita memodivikasi program yang sudah ada dengan tidak kita sadari kita akan terlatih untuk membuat program yang berbeda.

Kurang lebih sekian dan sampai disini dahulu tulisan tentang latihan membuat program dengan bahasa pemrograman C kali ini menentukan bilangan genap dengan menggunakan bahasa C. Semoga tulisan yang sederhana ini dapat mudah dipahami dan menjadikan manfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon