Source Code Bahasa C Menampilkan Bilangan Prima

8:05 pm
Belajar menulis kode program atau source code program komputer untuk menampilkan bilangan prima sebanyak N bilangan merupakan topik yang akan dibahas di dalam isi tulisan kali ini. Pada tulisan sebelumnya juga telah dibahas mengenai hal yang berhubungan dengan program bilangan prima yaitu "membuat kode program untuk menentukan bilangan prima" silahkan untuk dibaca dan tentunya untuk berlatih membuat program. Tulisan sebelumnya tersebut hanya dibahas mengenai bagaimana menulis kode untuk menentukan suatu bilangan tersebut termasuk bilangan prima atau bukan.

Untuk artikel atau tulisan kali ini kita akan belajar mengembangkan kode sebelumnya yang telah dipelajari tentang menentukan keputusan bilangan prima menjadi program yang dapat mencetak atau menampilkan sebanyak N bilangan prima pada layar monitor. Dalam rangka menampilkan bilangan prima kita tinggal menambahkan kode untuk mencetak bilangan yang termasuk di dalam golongan bilangan prima dan di lakukan dengan menggunakan prinsip perulangan, pembahasan mengenai operasi atau prinsip perulangan dalam pemrograman dapat disimak pada tulisan sebelumnya yang membahas "perulangan for, while, dan do-while". Semoga dengan menyimak tulisan yang membahas mengenai prinsip perulangan dalam pemrograman dapat mempermudah pemahaman kita dalam latihan membuat program kali ini.

Algoritma yang dipergunakan guna menampilkan bilangan prima sebanyak N bilangan kurang lebih sama dengan algoritma untuk menampilkan keputusan tentang bilangan prima. Hal yang membedakannya, hanya dengan mencetak bilangan tersebut yang termasuk bilangan prima dan melakukannya secara berulang kali sampai bilangan prima yang dicetak pada layar monitor sebanyak N bilangan dan kemudian algoritma tersebut berhenti atau selesai. Kalau dibayangkan kemungkinan akan sulit dimengerti akan lebih baiknya langsung saja kita melanjutkan untuk membuat salah satu kode program yang bisa digunakan untuk menampilkan bilangan prima sejumlah N bilangan.

Source code atau kode program menampilkan bilangan prima dalam bahasa C

Source code atau kode program  di bawah ini merupakan contoh salah satu kode program dalam bahasa C untuk menampilkan N bilangan prima.

/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program : program mencetak sebanyak N bilangan prima
*/
/*--- Awal Kode ----*/
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    // inisialisasi variabel
    int N,bil,prima;    
    // judul program
    printf("======================================================\n"
           "        PROGRAM MENAMPILKAN N BILANGAN PRIMA \n"
           "    ( Author : Aristiawan [rowcode.blogspot.com] )         \n"
           "======================================================\n\n");    
    printf("Masukkan banyak bilangan prima : ");
    scanf("%d",&N);    
    printf("\nDaftar %d Bilangan Prima :\n"
              "=========================\n\n",N);              
    for(int cetak = 0, bil = 0 ; cetak < N ; bil++ )
    {            
        if(bil == 2 || bil == 3 || bil == 5 || bil == 7)
        {
            prima = 1;            
        }
        else
        {        
            if(bil % 2 == 0 || bil == 1)
            {
                prima = 0;
            }
            else
            {
                if(bil % 3 == 0)
                {
                    prima = 0;
                }
                else if(bil % 5 == 0)
                {
                    prima = 0;
                }
                else if(bil % 7 == 0)
                {
                    prima = 0;
                }
                else 
                {
                    prima = 1;
                }    
            }        
        }  
        // untuk menampilkan bilangan prima pada layar monitor
        if(prima == 1)
        {
            cetak++; // untuk mengetahui banyak bilangan prima yang dicetak
            printf("%d ",bil);
        }    
    }
    
    printf("\n\n");
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Sedikit penjelasan beberapa kode program

Source code program menampilkan sejumlah N bilangan prima di atas merupakan salah satu contoh kode program yang dapat digunakan untuk memhasilkan program dalam bahasa C yang menampilkan sejumlah bialngan prima. Pada kode di atas terdapat beberapa kode program yang akan dijelaskan maksud dari penggunaan kode tersebut. Penjelasan dari beberapa kode tersebut diantaranya sebagai berikut :
int N,bil,prima; => Pada kode program di atas menggunakan kode seperti ini untuk malakukan insialisasi variabel N, bil, prima sebelum variabel tersebut digunakan oleh program untuk melakukan operasi. Variabel - variabel tersebut perlu diinisialisasikan terlebih dahulu pada awal pembuatan program agar tidak terjadi masalah saat program dijalankan atau dilakukan eksekusi.
printf("Masukkan banyak bilangan prima : "); => Pengetikan kode seperti ini untuk menampilkan layar monitor tulisan yang menghendaki pengguna untuk memasukkan banyaknya bilangan prima yang hendak ditampilkan oleh program.
scanf("%d",&N); => Kegunaan dari kode seperti ini untuk mengampil inputan yang diberikan oleh pengguna berupa nilai banyaknya bilangan prima yang ingin ditampilkan pada layar monitor ketika program dijalankan. Kemudian nilai tersebut disimpan sementara pada alamat memori yang dimiliki oleh variabel N.
prima = 1; => Kegunaan kode ini untuk menandakan bahwa bilangan yang memerikan nilai 1 pada variabel prima berarti bilangan tersebut termasuk bilangan prima.
prima = 0; => Penggunaan kode seperti ini untuk menandakan bahwa bilangan yang memberikan nilai 0 pada variabel prima menjelaskan bilangan tersebut bukan termasuk bilangan prima.
Penjelasan penggunaan variabel yang dipakai :
Variabel N : dipergunakan untuk menampung nilai banyak bilangan prima yang harus dicetak pada layar monitor.
Variabel bil : digunakan untuk melakukan perulangan sampai tidak terhingga dan nilai yang tertampung di dalam variabel ini terus diincrement sambil dilakukan pengecekan nilai yang terkandung termasuk bilangan prima atau bukan.
Variabel prima :  penggunaan variabel ini untuk menandakan nilai yang dimiliki oleh variabel bil termasuk bilangan prima atau bukan.

Screenshot program menampilkan bilangan prima dalam bahasa C

Screenshot atau gambar di bawah ini merupakan gambar tampilan kode program di atas saat di jalankan. Pada gambar diperlihatkan mengenai banyak bilangan prima yang ditampilkan dengan nilai N sama dengan 4 jadi banyak bilangan prima yang ditampilkan sebanyak empat bilangan prima. Program yang dijalankan meminta pengguna untuk memasukkan banyak bilangan prima yang ingin ditampilkan pada layar dan kemudian kemudian program menampilkan sejumlah bilangan prima sesuai dengan banyak bilangan yang dikehendaki oleh pengguna.

Source Code Bahasa C Menampilkan Bilangan Prima

Berdasar pada tampilan gambar di atas tentunya sudah dapat kita lihat program ketika dapat berjalan secara norma. Tentunya kode program yang sudah dibuat dan dicantumkan pada tulisan ini dapat digunakan sebagai referensi untuk belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan kita dalam membuat program tentunya. Kita bisa mengubah kode tersebut untuk membuat variasi program bilangan prima yang lain modelnya dengan demikian kita akan mempunyai logika yang akan selau bertambah dan berkembang dengan tanpa kita sendiri sadari.

Silahkan menyimak tulisan mengenai latihan membuat program lainya "menampilkan segitiga pascal dengan bahasa C".

Sepenggal catatan mengenai latihan membuat program menampilkan N bilangan prima ini semoga dapat menambah pengalaman dan manfaat dalam belajar pemrograman komputer. Bilamana ada ketidak jelasan dalam tulisan ini bisa menuliskanya dengan berkomentar agar sama - sama memahami dan semakin menambah pengalaman.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon