Memulai Belajar Pemrograman Komputer

4:47 pm
Membuat suatu program komputer tentunya tidak secara instan orang yang berkeinginan membuat secara tiba - tiba dapat membuatnya. Tentunya untuk bisa menghasilkan suatu program atau aplikasi yang dijalankan oleh komputer harus melalui suatu proses yang mana prosesnya yang biasa disebut dengan proses belajar. Untuk menenai persiapan apa saja yang harus dipersiapkan dalam belajar pemrograman telah dibahas pada tulisan sebelumnya "cara belajar pemrograman". Pada kesempatan dalam tulisan kali ini akan menceritakan bagaimana cara penulis dalam memulai untuk belajar membuat program pada pertama kalinya. Hal - hal yang penulis tuliskan pada isi artikel kali ini merupakan suatu pengalaman pertama kali yang dialami penulis dalam memulai proses belajar membuat program. Tidak ada salahnya bagi teman - teman semua yang ingin belajar pemrograman menyimak pengalaman penulis dalam belajar pemrograman barang kali bisa menjadikan manfaat dan dapat menjadi motivasi untuk semangat belajar membuat program komputer.

Penulis ini mengenal komputer pada waktu duduk di sekolah menengah pertama pada waktu itu hanya mengenal yang namanya program pengolah angka dan program pengolah kata. Sejak saat itu penulis berfikir siapa yang membuat komputer dan siapa pula yang membuat programnya. Maklum penulis masih kecil jadi tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Akan tetapi suatu saat ketika penulis melihat sebuah acara di sebuah stasiun televisi swasta nasional disitu ada anak kecil yang ditanya masalah cita - cita sewaktu besar nanti, anak tersebut menjawab ingin menjadi programmer komputer. Semenjak saat itulah cita - cita penulis ingin menjadi seorang programmer komputer untuk alas penulis seperti yang penulis bahas pada tulisan sebelumnya dengan judul "alasan menjadi programmer" bagi teman - teman semua yang ingin mengetahui sebab penulis berkeinginan menjadi programmer komputer silahkan menyimak tulisan tersebut.

Terima kasih diucapkan pada teman semuanya yang masih menyimak tulisan dari penulis sampai paragrap nomer tiga ini. Pembuatan program komputer sebetulnya tidak membutuhkan pendidikan khusus atau harus sekolah menjadi profesor dahulu sampai ke perguruan tinggi guna membuat program komputer. Membuat suatu program yang dapat dijalankan oleh komputer dapat dilakukan oleh siapa saja. Hal utama yang diperlukan untuk bisa membuat program komputer tentunya adanya kemauan belajar yang kuat dari dalam diri kita sendiri. Biar pun teman atau orang di sekitar kita mengatakan hal - hal yang seperti apa mengenai pekerjaan membuat program atau programmer kita tidak perlu menghiraukannya jika kita berkeyakinan untuk bisa membuat program komputer. Pernah suatu ketika penulis pribadi sewaktu mulai mengenai bahasa pemrograman yaitu html, yaitu suatu script yang dipergunakan untuk membuat aplikasi website. Seketika penulis langsung belajar mengetik kode tersebut satu per satu dengan menggunakan aplikasi yang namanya notepad. Dari notepad tersebut kemudian hasil jadinya penulis jalankan pada aplikasi browser untuk membuka website. Ketika belajar membuat program dengan mengetik manual kode menggunakan notepad ada teman dari penulis yang mengatakan "membuat program kok menggunakan notepad?" meskipun dikatakan demikian penulis tetap yakin bahwa suatu saat akan bisa menghasilkan program yang bermanfaat bagi orang banyak.

Perjalanan belajar untuk bisa membuat program pun berlanjut, penulis semakin lama semakin terus merasa tertantang untuk bisa membuat program komputer. Suatu ketika penulis mengetahui kalau dalam membuat program komputer tidak hanya asal mengetik kode program dengan menggunakan kode html, tetapi ternyata dalam membuat suatu program komputer ada banyak macam kode yang dapat digunakan yang mana kode - kode tersebut dinamakan dengan bahasa pemrograman. Karena banyak macamnya bahasa pemrograman, penulis sempat berfikir "apakah harus bisa semua bahasa pemrograman untuk bisa membuat program komputer?" dengan terlintas pertanyaan seperti demikian maka penulis telah membahasnya pada tulisan "haruskah menguasai semua bahasa pemrograman?".

Sewaktu di dalam diri kita sendiri telah timbul kemauan untuk mempelajari sesuatu hal contohnya seperti saja ingin belajar pemrograman. Tentunya dengan adanya kemauan yang seperti itu kita harus selalu berusaha memanfaatkan kemauan tersebut. Ketika telah berhasil memanfaatkan kemauan tersebut maka tanpa kita sadari kita telah berhasil mempelajari sesuatu hal dengan tidak memperdulikan dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Pada akhirnya kita akan mengetahui kalau diri kita berhasil melakukan sesuatu yang orang lain anggap remeh, sepele atau bahkan pendapat dari orang lain yang masih banyak macamnya.

Membuat program bukan merupakan suatu hal yang instan atau tiba - tiba langsung bisa seperti yang telah disebutkan pada permulaan dari artikel ini. Proses untuk membuat suatu program komputer pun tentunya juga tidak sebentar. Tahap - tahap dalam membuat suatu program komputer pun juga tidak hanya satu tahap tetapi ada bermacam - macam tahap seperti yang telah di tuliskan pada artikel sebelumnya yang berisi mengenai " bahasa pemrograman dan program ". Dari tulisan sebelumnya yang telah penulis terangkan tersebut maka dapat diketahui proses dan tahap dalam menghasilkan program komputer yang berkualitas tentunya.

Ketika telah mengetahui tahap - tahap untuk menghasilkan suatu program komputer tentunya kita tidak akan memandang remeh perkerjaan yang dilakukan oleh seorang programmer atau pembuat program komputer. Tentunya dengan demikian kita harus selalu berusaha menumbuhkan kemauan pada diri kita untuk belajar membuat program yang lebih berkualitas tentunya. Dengan semakin kuatnya kemauan dan semangat kita maka kita tidak akan pernah menyerah untuk membuat suatu program komputer dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman yang berbeda jenisnya. Semakin kita bisa membuat program komputer dengan jenis bahasa pemrograman yang berbeda tentunya akan menaikan level diri kita sebagai seorang pembuat program yang baik. Kita sebagai seorang pembuat program komputer tidak ada waktu berhenti untuk terus belajar kita harus memanfaatkan segala kesempatan yang ada guna meningkatkan kemampuan yang kita punyai dalam membuat suatu program.

Kita harus selalu meningkatkan semangat yang ada pada dalam diri kita tentunya kita akan mengalami banyak tantangan dan permasalahan yang selalu menghadang perjalanan dan perjuangan kita. Persiapan yang matang harus benar - benar dipersiapkan dalam diri kita sampai kita benar - benar menjadi seorang programmer yang handal dan mempunyai level pemrograman tinggi tentunya. Jam terbang dan pengalaman yang dimiliki oleh seorang programmer akan membuat para pembuat program tersebut terus mencari teka - teki dari pemrograman untuk diselesaikan. Apabila seorang pembuat program berhasil menyelesaikan suatu program tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri dan tentunya menambah koleksi program yang telah dihasilkan.

Program - program yang telah dihasilkan nantinya dapat digunakan kembali gunak menghasilkan suatu program versi baru dan tentuntunya akan memberikan hasil keluaran yang lebih berkualitas dari versi sebelumnya. Dalam membuat suatu program kita sebagai pembuat program tidak perlu menghafalkan seluruh kode program yang kita ketikan. Pada waktu membuat suatu program kita cukup mengerti dan memahami penggunaan dari bahasa pemrograman tersebut serta dapat menanamkan logika pemrograman pada kode program yang kita buat sehingga program yang kita hasilkan dapat berjalan sebagaimana yang dikehendaki.

Semoga dengan tulisan yang kemana dan kemari ini mengenai "Memulai belajar pemrograman komputer" bisa diambil manfaatnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon