Belajar Algoritma Pemrograman Dengan Mudah

2:38 am
Memulai belajar pemrograman tentunya tidak akan lepas dengan yang namanya mempelajari mengenai seluk beluk yang berkaitan dengan algoritma pemrograman. Hal tersebut memang tidak bisa kita pungkiri bahwasanya dalam hal membuat suatu program komputer untuk dapat berjalan sebagaimana seharusnya tentunya harus diincludkan atau ditanamkan pada program tersebut suatu algoritma yang dapat menghasilkan keluaran atau hasil yang diinginkan. Dengan kata lain juga dapat dikatakan apabila suatu program tidak diberikan suatu algoritma pada saat pembuatannya maka sudah dapat diperkirakan program itu tidak akan dapat beroperasi sesuai dengan harapan dari pengguna program tersebut. Algoritma merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari program guna membuat program komputer tersebut dapat berjalan secara baik dan menghasilkan suatu hasil atau keluaran sesuai harapan.

Algoritma pemrograman dapat mempunyai arti sebagai suatu bentuk pola pemikiran dalam mengerjakan suatu proses guna menghasilkan keluaran atau suatu hasil. Pada dasarnya dalam setiap pengerjaan suatu pekerjaan dalam kehidupan sehari - hari kita semua sudah berkecimpung dengan apa itu yang di dinamakan dengan algoritma. Secara kasaran algoritma ini merupakan alur urutan pengerjaan pekerjaan dari mulai awal hingga akhir. Urutan di dalam algoritma hendaknya dilakukan secara teratur atau berurutan guna memperoleh keluaran yang diharapkan dari mulai awal hingga akhir selesai.

Pada tulisan yang ditulis oleh admin kali ini kita semua akan belajar atau mengetahui secara bersama - sama mengenai bagaimana sih cara untuk mempelajari algoritma pemrograman secara mudah. Di dalam tulisan ini admin tidak memberikan hasl pasti mengenai cara belajar algoritma yang mudah melainkan yang menjadi ini dari tulisan ini merupakan hasil pengalaman yang penulis alami dalam belajar algoritma pemrograman. Bilamana dari teman - teman semua ingin mengetahui beberapa cara yang pernah dilakukan oleh penulis untuk belajar pemrograman lebih khususnya mengenai algoritma yang dipergunakan dalam membuat program, maka silahkan dilanjutkan membaca tulisan ini lebih lanjut. Dan akan tetapi bila ada pendapat lain atau masukkan dari teman semuanya mengenai cara yang bisa dipergunakan untuk mempelajari algoritma secara lebih mudah maka dipersilahkan untuk memberikan pendapatnya melalui kotak komentar yang sudah disediaka. Barang kali dari masukkan teman - teman semuanya bisa kita jadikan bahan berdiskusi sehingga kita semua menjadi semakin mengerti dan paham tentunya.

Berapa hal atau cara yang penulis biasa lakukan untuk melatih atau berlatih mengembangkan algoritma pemrograman diantaranya seperti yang akan admin tuliskan berikut ini :

# Berusaha mengenali permasalahan yang akan dipecahkan atau dicari jalan keluarnya

==> Dalam hal belajar mencari jalan keluar dari suatu masalah tentunya kita harus mengetahui algoritma atau alur proses penyelesaian masalah tersebut. Terlebih dahulu di sini kita perlu berusaha untu mengenali masalah tersebut secara detail mulai dari penyebabnya hingga apa hasil yang diharapkan ketika masalah ini terselesaikan. Dengan kita mendapatkan informasi mengenai hasil ataul keluaran setelah masalah terselesaikan maka kita bisa memikirkan alur pengerjaan untuk menghasilkan keluaran tersebut.

# Mencari beberapa alternativ yang dapat digunakan untuk menghasilkan keluaran dari masalah yang sudah dikenali

==> Setelah masalah dikenali dan dipahami secara menyeluruh kita perlu memikirkan langkah - langkah yang dapat dipergunakan untuk menggapai atau mendapatkan hasil atau output ketika masalah terselesaikan. Ketika kita sudah menemukan beraneka macam langkah penyelesaian kita menyeleksinya untuk mencari langkah yang efektif atau paling cepat menyelesaikan masalah tersebut dengan keluaran yang sama.

# Melakukan evaluasi atau pemeriksaan pada langkah penyelesaian masalah yang telah ditentukan

==> Tidak boleh kita lupakan setelah menentukan langkah - langkah yang sesuai untuk menyelesaikan suatu masalah kita harus berlatih memeriksa berbagai langkah tersebut. Tujuannya untuk mengetahui langkah itu menghasilkan suatu hasil yang sesuai atau belum terus masalah dapat terselesaikan sepenuhnya apa belum denngan langkah tersebut. Ketika kita terbiasa melakukan proses ini kita tidak akan terburu - buru dalam memutuskan langkah yang sesuai. Langkah yang dipilih harus benar - benar sesuai untuk menyelesaikan persoalan yang ada atau sedang dihadapi. Dalam kondisi bagaimana pun kita selalu berusaha untuk belajar memeriksa langkah penyelesaian yang sudah ditentukan.

# Berlatih mendeskripsikan setiap langkah dari pekerjaan yang sedang dikerjakan

==> Algoritma merupakan urutan alur proses pengerjaan suatu pekerjaan. Tentunya kita untuk belajar membuat suatu algoritma dapat kita lakukan dimana pun saja dan kapan pun saja. Kita dapat dengan cara mendeskripsikan setiap urutan proses dari kegiatan apa saja yang kita lakukan. Dengan kita terbiasa mendeskripsikan suatu langkah - langkah yang berurutan dari kegiatan yang terbiasa kita lakukan sehari - hari pada saat membuat suatu program komputer kita bakalan tidak kaget untuk membuat alur kerja dari program guna menghasilkan keluaran atau output yang ditentukan.

# Berlatih memodivikasi contoh program yang sudah ada untuk menghasilkan program yang berbeda

==> Ketika belajar membuat program komputer kita dapat mencari contoh kode program yang sudah jadi sesuai dengan bahasa pemrograman yang sedang kita pelajari. Pada saat kita telah mendapatkan contoh kode program yang kita kehendaki kita dapat dengan sesuka hati kita mempelajari kode program tersebut. Dengan kita mempelajari kode program yang sudah jadi dengan tidak kita sadari telah belajar untuk mengetahui dan mempelajari algoritma pemrograman yang telah diterapkan pada contoh kode program tersebut. Apabila kita telah mengetahui alur algoritma yang digunakan kita dapat memngubah algoritma itu sesuai dengan logika pemrograman kita untuk melatih dan mengembangkan kemampuan pemrograman yang kita punyai dan tentunya agar terbiasa membuat algoritma suatu program secara efektif dan efisien tentunya.

# Berdiskusi dengan teman mengenai beberapa algoritma untuk memecahkan permasalahan yang sama

==> Berdiskusi dengan teman mengenai penyelesaian suatu persoalan memang dibutuhkan karena tentunya algoritma untuk menyelesaikan masalah yang sama antara orang yang satu dengan yang lain mempunyai pola algoritma yang berbeda. Dengan kita mengetahui perbedaan algoritma yang dipergunakan untuk menyelesaikan masalah yang sama akan menambah perbedaharaan algoritma yang kita punyai. Selanjutnya kita tinggal memilah berbagai macam algoritma tersebut untuk dicari yang paling cocok dan tentunya menghasilkan keluaran yang benar dan sesuai kebutuhan.
Demikianlah beberapa hal yang penulis lakukan untuk membiasakan diri dalam mendefinisikan suatu algoritma sehingga tidak merasa kebingungan untuk membuat suatu algoritma yang harus diterapkan pada suatu kode program dengan keluaran yagn ditentukan oleh pengguna program tersebut. Apabila kita terbiasa membuat suatu program dan terbiasa mendeskripsikan suatu algoritma untuk diterapkan pada program yang kita buat, kita akan merasa nyaman dan berkeinginan terus untuk membuat algoritma yang lebih efektif dengan keluaran yang sama tentunya.

Tulisan lainnya yang berhubungan bagaimana cara belajar pemrograman komputer. Silahkan menyimak tulisan yang admin buat tersebut apabila teman - teman semua berniat belajar pemrograman komputer semoga bisa menjadikan manfaat.

Sampai di sini dahulu tulisan yang secuplik ini mengenai belajar algoritma pemrograman dengan mudah semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan. Bilamana ada yang disampaikan dan mau didiskusikan bisa menuliskannya pada kotak komentar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon