Cara Melatih Logika Pemrograman

5:03 pm
Mempelajari pemrograman komputer tidak akan lepas dengan apa itu yang dinamakan logika pemrograman. Hal itu sudah menjadi satu paket karena untuk membuat program tentunya membutuhkan logika yang ditanamkan pada program tersebut. Tujuan penanaman logika ini untuk memberikan kemampuan pada program yang dibuat ini untuk bisa melakukan pekerjaannya sehingga dapat menghasilkan keluaran atau output sesuai harapan. Logika pemrograman yang ditanamkan pada suatu program dapat saja mengalami perbedaan meskipun dua program yang dibuat oleh dua orang pembuat program dengan hasil yang sama persis pun. Perbedaan logika yang ditanamkan ini merupakan hal yang wajar kerena setiap orang memiliki pemikiran atau logika yang tidak sama.

Logika pemrograman yang dimiliki oleh programmer atau pembuat program yang satu dengan pembuat program lainnya kemungkinan besar akan berbeda. Meskipun pemahaman logika yang dimiliki berbeda, di dalam menanamkan suatu logika dalam bentuk algoritma di dalam suatu program harus benar - benar diperhatikan dan diperhitungkan jangan sampai asal membuat algoritma yang penting jalan dan hasilnya sesuai begitu saja. Untuk bisa menentukan dan memilih logika yang tepat untuk suatu program kita harus sudah mempunyai pemahaman yang cukup mengenai logika pemrograman yang akan diterapkan tersebut. Ketika pada diri kita sudah mempunyai berbagai pengalaman dalam membuat algoritma yang tersusun dari logika yang kita miliki tentunya kita tidak akan kesulitan dalam membuat suatu program yang berkualitas tentunya.

Logika yang dimiliki oleh seseorang tentunya tidak akan begitu saja ditanamkan pada program yang dibuat. Kemampuan logika pemrograman harus diasah agar semakin bisa atau terbiasa menyelesaikan permasalah dalam dunia pemrograman komputer. Untuk meningkatkan kemampuan logika tentunya diperlukan latihan yang harus dilaksanakan oleh seseorang tersebut. Latihan yang dilakukan pun antara orang yang satu denga yang lain kemungkinan besar juga tidak sama. Perbedaan tersebut tergantung pada tingkat logika yang kita miliki masing - masing. 

Dalam tulisan kali ini penulis akan sedikit berbagi atau menceritakan pengalaman dalam hal melatih logika pemrograman yang penulis punyai maklum saja penulis sendiri memang berkeinginan bisa membuat suatu program komputer yang dapat berjalan atau beroperasi dengan normal. Selain beroperasi dengan normal tentunya dapat menghasilkan keluaran yang sesuai. Barang kali nanti terdapat ketidak sesuaian cara atau hal yang dilakukan penulis dengan teman - teman semuanya hal itu tidak menjadi masalah yang terpenting kita tetap berusaha untuk berlatih mengembangkan logika yang bisa miliki masing - masing.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang pernah dilakukan penulis secara pribadi untuk melatih logika pemrograman yang dipunyai penulis :

# Mencari referensi materi atau teori yang membahas mengenai pemrograman

==>
Ketika awal atau permulaan kita ingin berlatih untuk meningkatkan kemampuan logika pemrograman yang kita punyai tentunya kita harus mencari berbagai macam teori terlebih dahulu yang menyinggung mengenai pemrograman. Tidak mengetahui teori dari pemrogram yang akan kita pelajari sama halnya dengan kita melangkah tanpa tujuan dan petunjuk. Oleh karena itulah teori dari pemrogramn kita butuhkan untuk memberikan kita petunjuk mengenai apa yang akan kita pelajari. Pada saat kita telah menemukan atau mempunyai materi dari hal - hal yang menyinggung atau membahas mengenai pemrograman kita harus berusaha memahami materi tersebut sampai betul - betul kita mengerti dan memahami dari materi tersebut.

Pemahaman yang kita dapatkan berdasarkan pada teori yang telah dipelajari tentunya akan membuat diri kita mempunyai pandangan mengenai apa yang akan kita pelajari berhubungan dengan pemrograman. Ketika di dalam angan - angan atau pikiran kita sudah terlintas pandangan mengenai pemrograman maka membuat diri kita semakin percaya diri dan tidak terlalu mengalami kebingungan saat belajar. Beda halnya ketika diri kita tidak mempunyai pandangan atau angan - angan mengenai pemrograman alhasil kita akan merasa bingung, kaget, atau bahkan merasa pemrograman tersebut sulit untuk dipelajar. Pada hal dengan kita memiliki pandangan di awal diri kita akan semakin mantap sesulit apapun dari proses belajar pemrograman dan mengembangan kemampuan logika pemrograman, kita akan terus tetap semangat untuk bisa mempelajarinya.

# Mencari referensi contoh kode program yang sudah jadi dan berjalan normal pastinya ketika dieksekusi 

==> 
Pada saat awal belajar pemrograman penulis belum bisa membuat program dengan sendirinya tetapi mencari contoh - contoh program yang sudah jadi baik dari internet maupun dari buku - buku yang membahas pemrograman atau dari sumber yang lainnya. Ketika sudah mendapatkan contoh program yang dapat berjalan secara benar tentunya penulis tidak hanya bengong...... melihat kode program tersebut. Penulis mencoba mengeksekusi kode program tersebut setelah dapat berjalan normal, kode program oleh penulis modivikasi mulai dari strukturnya ataupun bagian yang lainnya dari kode program tentunnya sambil mengira - ngira hasil keluaran program setelah dieksekusi. 

Ketika mengira - ngira hasil keluaran dari kode program yang sudah dimodivikasi atau dirubah tentunya harus diketahui kebenaran dari hasil yang di kira dengan mengeksekusi kode program yang telah selesai diubah. Apabila terjadi masalah dan program tida mau jalan berarti terjadi masalah saat melakukan perubahan kode. Meskipun demikian tentunya harus tetap berusaha agar perubahan yang dilakukan dapat menghasilkan keluaran yang dikehendaki.

# Membuat program sederhana sesuai dengan kemampuan logika yang kita punyai

==>
Pada saat sudah mendapatkan contoh program dan dapat mengubah kode program tersebut sesuai dengan keinginan kita dan program dapat berjalan baik untuk menampilkan keluaran sesuai yang kita harapkan, maka kita sudah mulai bisa untuk mengetik kode program sendiri. Mulai membuat program yang sederhana dengan sambil memperaktikan teori pemrograman yang telah kita pelajari dari sumber yang di dapatkan. Praktik membuat program sendiri berdasarkan logika pemrograman yang kita punyai sendiri tentunya menjadi langkah awal diri kita dalam melatih kemampuan logika kita agar semakin berkembang. Melatih diri sendiri untuk membuat berbagai macam program sederhana yang banyak jumlahnya akan berikan semangat pada diri kita bahwa kita bisa meningkatkan logika yang kita punyai. Dengan adanya perasaan seperti ini tentu akan semakin menambah kepercayaan diri kita untuk melatih terus kemampuan logika kita untuk menghasilkan beberapa jenis program.

# Mencari soal - soal yang berkaitan dengan pemrograman

==>
Soal - soal yang berkaitan dengan pemrograman komputer tentunya banyak dijumpai di internet. Macam dari tipe soal pemrograman tentunya bermacam - macam, dengan kita mengetahui dan mempelajari berbagai soal atau permasalahan yang ada kaitanya dengan pemrograman tentunya kita akan terus menambah pengetahuan dan kemampuan logika yang kita punyai. Soal - soal yang berkaitan dengan pemrograman ini dapat kita jumpai dengan kita mengikuti forum atau situs - situs tentang pemrograman.

Ketika kita berhasil menyelesaikan suatu soal mengenai pemrograman yang kita temukan maka dengan tanpa kita sadari rasa ingin tahu itu akan muncul dengan sendirinya untuk mnyelesaikan tipe atau jenis soal yang lain. Rasa ingin tahu ini akan selalu mendorong kita untuk mengetahui berbagai macam tipe soal pemrograman yang lainnya. Dengan begitu kita akan merasa tidak pernah takut untuk belajar pemrograman. Lama kelamaan dengan tanpa kita sadari kemampuan logika kita akan berkembang dengan lebih baik dari sebelumnya.

Kurang lebih seperti demikian beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengasah kemampuan logika pemrogram yang kita miliki semoga artikel yang sederhana dan ala kadarnya ini dapat memberikan manfaat sebagaimana mestinya. Terus belajar untuk menjadi labih baik dan dapat mewujudkan akan kita inginkan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar salam belajar pemrograman bagi kita semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon