Menampilkan Daftar Bilangan Genap Pada Rentang Posisi Tertentu Dengan Bahasa C

12:46 am
Menampilkan daftar bilangan genap yang terletak atau terdapat diantara batas awal dan batas akhir dari posisi letak bilangan genap tersebut. Postingan kali ini merupakan tulisan yang baru dibuat setelah beberapa bulan tidak melakukan postingan dikarenakan oleh kesibukan dari penulis. Di dalam tulisan kali ini kita akan mempelajari bagaimana mengimplementasikan bahasa pemrograman C untuk membuat program sederhana yang menampilkan nilai bilangan genap dengan dibatasi oleh batas awal dan batas akhir. Sedangkan nilai yang ditampilkan pada layar merupakan nilai yang terletak diantara kedua batas tersebut. Berikut ini merupakan tampilan dari program yang akan secara bersama - sama kita buat. Pada tampilan gambar di bawah ini memperlihatkan bahwasanya program dalam bahasa C yang telah dibuat menampilkan daftar atau deret bilangan genap yang terletak diantara 1 dan 50.

Menampilkan Daftar Bilangan Genap Pada Rentang Posisi Tertentu Dengan Bahasa C
Gambar bilangan genap diantara 1 - 50

Dalam membuat program sederhana untuk menampilan deret bilangan genap, sebenarnya tidak perlu membutuhkan hal khusus. Pada dasarnya prinsip yang akan dipergunakan dalam menampilkan deret bilangan genap ini yakni prinsip untuk mengetahui bahwa suatu bilangan atau angka tersebut termasuk bilangan genap atau bukan. Untuk mengetahui bilangan tersebut termasuk bilangan genap atau bukan kita hanya perlu mengetahui sisa pembagian dari bilangan tersebut dengan bilangan 2 (dua). Bilamana hasil pembagiannya menghasilkan nilai 0 (nol) maka bilanga tersebut termasuk bilangan genap. Akan tetapi sebaliknya untuk nilai sisa hasil bagi bukan nilai nol maka bukan bilangan genap. Selanjutnya di bawah ini kita akan mengetahui salah satu kode pemrograman dalam bahasa C untuk menampilkan program seperti yang diperlihatkan oleh gambar di atas.

# Kode Program Menampilkan Daftar Bilangan Genap Diantara Batas

Adapun kode program dalam bahasa pemrograman C untuk menampilkan daftar bilangan genap seperti yang diperlihatkan kode di bawah ini.

/*--- Awal Kode ----*/

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    int batas1, batas2;
    
    // judul program 
    printf("============================================================\n"
           "  PROGRAM MENAMPILKAN DAFTAR BILANGAN GENAP DIANTARA BATAS \n"
           "             ( Author : Aristiawan )         \n"
           "============================================================\n\n");
    
    printf("Masukkan batas tampilan pertama : ");
    scanf("%d",&batas1);
    printf("Masukkan batas tampilan terakhir : ");
    scanf("%d",&batas2);
        
    printf("\n\nDaftar bilangan genap diantara %d s/d %d: \n",batas1,batas2);
    printf("===========================================\n\n");
    for (int bil_genap = 0 ; ; bil_genap++)
    {
        if(bil_genap % 2 == 0)
        {
            
            
            if(bil_genap >= batas1 && bil_genap <= (batas2-2))
            {
                printf("%d",bil_genap);printf(", ");
                
            } 
            if(bil_genap >= batas2 || bil_genap > (batas2-2))
            {
                printf("%d",bil_genap);
                break;
            }
            
        }
    }
    
    printf("\n\n");
    printf("================================================\nTerima Kasih\n================================================\n\n");
    
    system("pause");
    return(0);
}

/*--- Akhir Kode ----*/

Kode di atas ini merupakan salah satu bentuk kode yang dapat dipergunakan untuk menampilkan program seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas. Dengan mempelajari kode program yang sederhana ini maka teman - teman semua dapat mengembangkan program sesuai dengan kehendak dari teman - teman masing. Dengan semakin membuat program susuai dengan keinginan kita sendiri maka akan membuat suasana menjadi menyenangkan. Ketika suasana menyenangkan maka dalam membuat program pun akan menjadi menyenangkan.

# Penjelasan Beberapa Kode Program

Dari beberapa kode program yang telah disajikan di atas pada bagian ini akan diberikan beberapa penjelasan mengenai penggunaan dari kode tersebut. Untuk mengetahui penjelasan dari maksud beberapa kode yang dipergunakan silahkan menyimak penjelasan berikut ini. Berikut ini hanya menjelaskan beberapa kode saja tidak kesemuanya dari kode yang disajikan. Langsung saja menyimak penjelasan dari beberapa kode berikut ini.

int batas1, batas2; ==> merupakan kode yang dipergunakan untuk menginisialisasikan variabel yang dipergunakan pada program, yakni variabel batas1 dan batas2. Variabel batas1 dipergunakan untuk menyimpan nilai masukkan dari pengguna sebagai nilai batas awal dari daftar bilangan genap yang akan ditampilkan.  Sedangkan variabel batas2 ini sebagai penyimpan nilai batas akhir untuk daftar bilangan genap yang akan ditampilkan pada layar komputer. Penginisialisasian ini diperlukan agar program dapat berjalan secara normal.
bil_genap % 2 == 0 ==> kode ini merupakan kode inti yang mana dipergunakan untuk mengetahui suatu bilangan termasuk bilangan genap atau bukan. bil_genap merupakan suatu variabel yang menyimpan nilai dari suatu bilangan yang akan diidentifikasi termasuk bilangan genap atau bukan. Untuk mengetahui termasuk bilangan genap atau bukan maka dilakukan operasi mudulo pada nilai dari varibel bil_genap. Operasi modulo ( % ) dimaksudkan untuk mendapatkan nilai sisa hasil bagi. Pada kode ini dilakukan operasi modulo dengan nilai 2 bilamana hasilnya nol ( 0 ) maka termasuk bilangan genap, akan tetapi bila hasilnya selain 0 maka bukan bilangan genap.
Demikianlah kode menampilkan daftar bilangan genap dalam batas tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman C. Semoga dengan adanya tulisan yang sederhana ini dapat membantu teman - teman semua dalam mempelajari pemrograman komputer secara mudah.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon