Menentukan Jumlah Nilai Bilangan Genap Menggunakan Bahasa C

6:42 pm
Semangat belajar pemrograman komputer, belajar itu tidak ada salahya selama kita mempunyai kemauan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Membuat kode program untuk menampilkan daftar nilai N pertama bilangan genap dan mencari total nilai dari daftar nilai yang ditmpilkan. Latihan membuat program dalam tulisan kali ini merupakan modifikasi dari latihan membuat program sebelumnya yang pernah ditulis juga dalam blog rowcode ini yaitu mengenai program untuk menampilkan sebanyak N pertama bilangan genap. Dalam program yang akan kita pelajari secara bersama - sama ini kita akan belajar membuat program yang mana program tersebut menampilkan daftar N bilangan genap. Setelah program menampilkan daftar bilangan genap sebanyak N bilangan maka program akan menghitung jumlah dari setiap bilangan tersebut. Tampilan gambar di bawah ini merupakan tampilan dari program yang akan kita pelajari ketika program tersebut berhasil dijalankan dengan normal.


Ketika kita melihat tampilan program yang akan kita pelajari kali ini tentunya kita akan berusaha membayangkan bagaimana kita merealisasikankannya dalam bentuk kode pemrograman bahasa C. Sebelum kita membuat program untuk membuat tampilan seperti pada gambar di bawah ini maka alangkah baiknya kita berusaha untuk bisa membuat bayangan mengenai alur kerja dari program yang akan kita kerjakan. Secara garis besar alur kerja dari program yang akan kita buat kali ini yakni program memintah pengguna untuk memasukkan banyaknya bilangan genap yang ingin ditampilkan pada layar dan yang akan dicari jumlah totalnya. Setelah program mendapatkan masukkan mengenai banyaknya bilangan yang harus ditampilkan oleh program, maka program akan menampilan bilangan genap sebanyak masukkan dari pengguna. Ketika daftar bilangan genap sudah tercetak di layar maka program akan melakukan proses perhitungan untuk mencari jumlah dari nilai bilangan genap yang telah tercetak dilayar. Setelah mendapatkan nilai total dari bilangan genap maka program akan menampilkan nilai total tersebut pada layar monitor.

jumlah total N bilangan genap
Gambar Program Total N Bilanngan Genap Bahasa C
Setelah membaca penjelasan dan melihat tampilan program yang akan kita buat saat program berhasil dan normal ketika dijalankan. Tentunya selanjutnya terbayang pada pikiran kita mengenai bagaimana merealisasikan program tersebut dalam bentuk kode pada bahasa pemrograman C. Langsung saja pada penjelasan di bawah ini akan disajikan kode program untuk menampilkan tampilan seperti pada gambar di atas. Kode program yang disajikan disini tentunya kode program dalam bentuk yang sederhana. Dengan kode program yang sederhana ini, maka teman - teman dapat mengembangkan kode tersebut sesuai dengan kreativitas teman - teman masing - masing.

# Kode Program Total Bilangan Genap

/*
author : Aristiawan
slogan : tenang dan apa adanya
program: program menampilkan nilai total N daftar bilangan genap
*/

/*--- Awal Kode ----*/

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int main()
{
    // inisialisasi variabel
    int banyak, b_genap=0,no=0, total=0;
    
    // judul program 
    printf("====================================================\n"
           "  PROGRAM MENAMPILKAN NILAI TOTAL N BILANGAN GENAP\n"
           "             ( Author : rowcode.blogspot.com)         \n"
           "====================================================\n\n");
    
    // ambil inputan posisi bilangan genap
    printf("Masukkan banyak N pertama bilangan genap : ");
    scanf("%d",&banyak);
    
    printf("\n"); // untuk ganti baris
    
    // proses untuk menampilkan daftar n bilangan genap
    printf("Daftar Bilangan Genap\n"
    "================================================================================\n");
    while(no<banyak)
    {
        b_genap++;
        if(b_genap%2==0 && no<(banyak-1))
        {
            printf("%d, ",b_genap);
            total= total+b_genap;
            no++;
        }
        else if(b_genap%2==0)
        {
            printf("%d",b_genap);
            total= total+b_genap;
            no++;
        }
    }
    printf("\n================================================================================\n");
    
    printf("Hasil Penghitungan : \n"
    "================================================================================\n");
    printf("\nTotal %d bilangan genap pertama = %d",banyak,total);
    printf("\n\n================================================================================\n");
        
    printf("\n");
    
    system("pause");
    return(0);
}
/*--- Akhir Kode ----*/

Kode program di atas merupakan salah satu bentuk kode dalam bahasa pemrograman C yang bisa dipergunakan untuk membuat tampilan seperti pada gambar di atas. Semoga kode ini bisa bermanfaat bagi teman - teman pembaca semua sehingga bisa membangkitkan semangat untuk berlatih membuat program komputer. Tentunya untuk dapat menjadi seorang pembuat program atau yang dikenal dengan seorang programmer komputer tidak semudah yang dibayangkan. Untuk semakin memahami mengenai maksud dalam penggunaan kode tersebut di atas maka teman - teman semua dapat sedikit menyimak mengenai pembahasan dari beberapa potong kode yang dipergunakan. Pejelasan dari beberapa potong kode program yang disajikan di atas.

# Pembahasan Kode Program 

int banyak, b_genap=0,no=0, total=0;
Kode seperti ini merupakan suatu kode yang mana dipergunakan untuk menginisialisasikan beberapa variabel di dalam program saat program dijalankan. Penggunaan variabel ini pada program tentunya harus disesusaikan dengan kebutuhan supaya program yang dibuat dapat berjalan secara normal. Bilamana variabel yang dipergunakan dalam pembuatan suatu program kurang sesuai maka program tidak akan dapat berjalan secara normal.   
while(no<banyak)
    {
        b_genap++;
        if(b_genap%2==0 && no<(banyak-1))
        {
            printf("%d, ",b_genap);
            total= total+b_genap;
            no++;
        }
        else if(b_genap%2==0)
        {
            printf("%d",b_genap);
            total= total+b_genap;
            no++;
        }
    }
Potongan kode program ini merupakan inti dari kode program untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kode ini merupakan inti dari kode program yang mana memanfaatkan beberapa variabel yang telah didefinisikan sebelumnya pada awal pembuatan kode program. Bilamana potongan kode ini dihilangkan maka alhasil program tidak akan dapat berjalan secara normal. Dan akhirnya program akan menjadi program yang salah.

Demikianlah sepenggal tulisan pemrograman yang dapat disajikan pada kesempatan kali ini. Tentunya artikel yang kami sajikan ini kurang dari sempurna bilamana ada tambahan atau masukkan dari teman - teman bisa menuangkannya dalam bentuk komentar. Tentunya kami akan menerima saran atau masukkan dari teman - teman dengan senang hati.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon