Mengidentifikasi Segitiga Siku - Siku Dalam Kode Pemrograman Bahasa C

11:45 pm
Program untuk menentukan suatu segitiga tersebut termasuk segitiga siku - siku atau bukan, merupakan latihan membuat program yang akan disajikan pada tulisan kali ini. Latihan membuat program komputer tentunya ada berbagai macam jenis program yang bisa dipergunakan untuk dibuat program. Program kali ini termasuk latihan membuat program yang cukup sederhana. Meskipun latihan membuat program sederhana tentunya tidak bisa diremehkan, dikarenakan membuat suatu program komputer juga dapat dipergunakan untuk mengasah kemampuan dalam membuat program. Oleh karena ini teman - teman semua boleh saja mengikuti berbagai latihan membuat program komputer dengan bahasa C kali ini guna mengasah kemampuan dalam pemrograman komputer.

Kode untuk membuat program tentunya juga dicantumkan pada tulisan ini. Dengan adanya contoh kode program maka akan semakin membuat teman - teman calon programmer semua merasa bahwasanya membuat program komputer tersebut tidak begitu sulit. Kode yang disajikan dalam tulisan ini juga merupakan kode yang sederhana dan bisa dipahami dengan mudah sehingga bisa dijadikan referensi untuk berlatih pemrograman secara mandiri. Ketika kita bisa belajar pemrograman komputer secara mandiri tentunya lama kelamaan logika pemrograman yang dimiliki akan terus menerus mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya logika pemrograman akan semakin membuat percaya diri dalam membuat program komputer. Dengan memiliki rasa percaya diri untuk membuat program komputer tentunya akan semakin membuat kualitas dari program yang dibuat menjadi semakin baik.

Ketika kualitas program yang dibuat semakin baik maka pembuat program akan terus bersemangat untuk menghasilkan program yang lebih baik lagi. Pada kali ini program yang akan dibuat memiliki alur kerja yakni ketika program dijalankan maka program meminta kepada pengguna untuk memasukkan nilai panjang dari masing - sisi segi tiga yang akan diuji. Setelah memperoleh nilai dari panjang ketiga sisi dari segitiga maka program akan melakukan pemrosesan untuk menentukan bahwa segitiga dengan panjang sisi yang dimasukkan termasuk ke dalam segitiga siku - siku atau bukan. Bila termasuk segitiga siku - siku maka program menampilkan hasil bahwasanya segitiga tersebut termasuk segitiga siku - siku. Akan tetapi sebaliknya jika bukan segitiga siku - siku maka program menyatakan bahwasanya segitiga tersebut bukan segitiga siku - siku. Kurang lebih untuk alur dari program yang akan kita buat sekarang ini adalah seperti demikian tadi.

Kode program bahasa C yang dipergunakan

Di bawah ini akan disajikan mengenai salah satu bentuk kode yang dipergunakan untuk mengidentifikasi segitiga siku - siku dalam bahasa pemrograman C. Kode ini boleh teman - teman salin untuk berlatih dan dapat pula teman - teman modivikasi sedemikian rupa agar kemampuan pemrograman dari kita semua sekin terus terlatih dan tentunya semakin meningkat. Kode ini dibuat sesederhana mungkin agar mudah dipahami dan bisa dimengerti dalam waktu cepat. Bila nanti teman - teman masih ada yang dibingungkan bisa menanyakannya dalam bentuk komentar. Langsung saja teman - teman simak dan pelajari dari kode di bawah ini semoga kode ini bisa membantu teman - teman.

/*
author : rowcode.blogspot.com
slogan : tenang dan apa adanya dan terus belajar apa aja
program: program menampilkan hasil identifikasi segitiga siku - siku dan letak sudut siku - sikunya
*/

/*--- Awal Kode ----*/

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
#include<math.h>
int main()
{
    // inisialisasi variabel
    float sisiA1,sisiB1,sisiC1,sisiP1,sisiPa1,sisiPb1,sisi1;
    
    // judul program 
    printf("=============================================================\n"
           "PROGRAM MENENTUKAN JENIS SEGITIGA SIKU - SIKU DAN POSISI SUDUT\n"
           "             ( Author : rowcode.blogspot.com)         \n"
           "=============================================================\n\n");
    
    // ambil inputan nilai panjang masing - masing sisi segitiga
    printf("Masukkan nilai panjang sisi A segitiga : ");
    scanf("%f",&sisiA1);
    printf("Masukkan nilai panjang sisi B segitiga : ");
    scanf("%f",&sisiB1);
    printf("Masukkan nilai panjang sisi C segitiga : ");
    scanf("%f",&sisiC1);
    
    printf("\n"); // untuk ganti baris
    
    // untuk mencari sisi yang paling panjang
    if(sisiA1>=sisiB1)
    {
        sisiP1 = sisiA1;
        sisiPa1 = sisiB1;
        sisi1 = 1;
    }
    else 
    {
        sisiP1 = sisiB1;
        sisiPa1 = sisiA1;
        sisi1 = 2;
    }
    
    if(sisiP1>=sisiC1)
    {
        sisiP1 = sisiP1;
        sisiPb1 = sisiC1;
    }
    else
    {
        sisiPb1 = sisiP1;
        sisiP1 = sisiC1;
        sisi1 = 3;
        
    }
    
    // untuk memutuskan jenis segitiga dengan memasukkan panjang segitiga pada rumus
    if(pow(sisiP1,2)==(pow(sisiPa1,2)+pow(sisiPb1,2)))
    {
        printf("Segitiga siku - siku");
        
        if(sisi1 == 1)
        {
            printf(" di A");
        }
        else if(sisi1 == 2)
        {
            printf(" di B");
        }
        else if(sisi1 == 3)
        {
            printf(" di C");
        }
    }
    else 
    {
        printf("Bukan termasuk segitiga siku - siku");
    }

    // untuk memutuskan posisi sudut pada segitiga
    
        
    printf("\n");
    
    system("pause");
    return(0);
}

/*--- Akhir Kode ----*/

Kode di atas merupakan kode program yang digunakan dalam latihan membuat program dengan bahasa C kali ini. Dari kode di atas teman - teman dapat memodivikasinya sesuka hati, bilamana kode tersebut berhasil di jalankan secara normal dan benar maka akan memperlihatkan tampilan seperti yang diperlihatkan oleh gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini merupakan tampilan ketika program berhasil berjalan dengan benar. Silahkan mengamati tampilan gambar program di bawah ini dengan seksama agar cepat memahami dari alur kerja program pada latihan kali ini.

Kode program bahasa C menentukan segitiga siku - siku
Tampilan program mengidentifikasi segitiga siku - siku
Gambar di atas ini memperlihatkan tampilan program ketika berjalan, pada tampilan tersebut memperlihatkan bahwasanya masukkan yang dimaukkan oleh pengguna termasuk segitiga siku - siku dan posisi sudutnya terletak pada sudut C. Dengan demikian kode program yang dibuat telah berhasil dan berjalan dengan sebagaimana seharusnya. Tampilan ini tentunya bisa dimodivikasi sesuai dengan keinginan yang membuat program. Terus berlatih membuat program untuk meningkatkan kemampuan pemrograman.


Cukup sekian sampai disini tulisan yang sederhana dan kesana kemari kali ini semoga bisa memberikan wawasan dan manfaat bagi kita semua. Bilamana terdapat kesalahan dan kekurangan penulis meminta maaf yang sebesar - besarnya. Terimaksih atas keluaangan waktu yang diberikan oleh teman - teman semua untuk membaca tulisan kali ini. Salam pemrograman dan terus berkreasi untuk menjadi semakin baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon