Menjadi Programmer yang Handal

11:40 pm
Programmer handal, tentunya tidak banyak orang yang mengetahui mengenai apa itu programmer. Akan tetapi bagi orang yang bergelumit dengan bidang komputer atau IT tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah programmer ini. Bagi teman - teman yang belajar pada bidang informatika tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata - kata programmer. Kebanyakan dari orang yang mengetahui istilah programmer mereka beranggapan bahwasanya menjadi seorang programmer itu sulit harus terus berhubungan dengan berbagai macam kode yang tidak jelas. Akan tetapi juga tidak sedikit dari orang yang memiliki pendapat bahwasanya menjadi programmer itu mengasikan dan menyenangkan apalagi bilamana seorang programmer telah berhasil menyelesaikan program yang diinginkan. Pada kesempatan kali ini akan memaparkan sebuah pandangan dari penulis mengenai seorang programmer yang handal itu seperti apa dan bagaimana caranya untuk menjadi seorang programmer yang handal. Untuk mengetahuinya maka teman - teman silahkan menyimak tulisan kali ini dengan seksama dan "selamat menyimak".

bagaimana menjadi programmer yang handal
Programmer komputer yang handal
Membuat program komputer merupakan suatu hal yang bisa dibilang susah - susah gampang, begitulah dalam hal pemrograman komputer. Adakalanya orang yang berkecimpung dengan bidang perkomputeran atau informatika ada tidak ingin menjadi seorang programmer komputer. Akan tetapi bagaimana bila semua orang tidak ingin menjadi programmer tentunnya program - program yang dijalankan oleh komputer tidak akan pernah terlahir. Dengan adanya berbagai macam jenis dari program komputer tentunya tidak sedikit dari orang yang menjadi programmer, hal ini dapat memberikan informasik kepada kita semua bahwasanya membuat program itu juga merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Bahkan menjadi pembuat program komputer juga dapat memberikan nilai tersendiri bagi orang yang bisa membuat program tersebut. Biasanya ada yang meremehkan seorang pembuat program komputer dianggap tidak memberikan nilai apa - apa, akan tetapi juga ada sebaliknya orang yang menganggap bahwasanya membuat program itu merupakan suatu hal yang tidak bisa diremehkan. Itulah pandangan - pandangan mengenai seorang pembuat program komputer.

Dari berbagai macam pandangan orang mengenai seorang pembuat program komputer, tentunya pada tulisan kali ini akan membicarakan mengenai hal - hal yang berkaitan dengan seorang programmer komputer yang handal. Seorang programmer yang handal tentunya bukan sekedar programmer yang bisa membuat program komputer semata tetapi memiliki nilai - nilai positif lainnya selain dari hal membuat program komputer. Menjadi handal dalam membuat programmer komputer tentunya tidak mudah dan tidak dengan tanpa usaha dan kerja keras. Handal dalam membuat program komputer disini tidak hanya berhasil membuat program yang dikendaki. Akan tetapi program yang dihasilkan juga harus bisa memberikan manfaat bagi kehidupan. Untuk menjadi handal dalam membuat program komputer tentunya diperlukan latihan dan pengalaman membuat berbagai macam program komputer.

Waktu yang diperlukan untuk membuat seseorang programmer menjadi handal tidak pendek, akan tetapi memerlukan waktu yang lama dan panjang serta pengalaman yang tidak sedikit. Bukan berarti sudah lamam dalam bergelumit membuat program komputer itu sudah dikatakan programmer yang handal. Meskipun sudah lama berkelumit dengan bidang pemrograman komputer, belum tentu bisa handal dalam membuat program komputer. Dikatakan menjadi programmer yang handal yakni bilamana seorang programmer tersebut bisa menghasilkan suatu program yang ditargetkan dalam kondisi yang bagaimana pun juga. Akan tetapi tentunya program yang dihasilkan bersifat positif bukan program yang bersifat negatif.

Bilamana seorang programmer sudah dikatakan programmer yang handal, maka ia tidak akan merasa lelah untuk terus belajar. Dikarenakan selalu berfikir bahwasanya kemampuan yang dimiliki masih jauh dari cukup sehingga masih terus memerlukan pengalaman yang lebih dan lebih. Ketika berhasil menyelesaikan suatu program maka programmer tersebut tidak cepat merasa puas akan tetapi terus berusaha untuk menyempurnakan program yang telah dibuat. Dengan begitu maka program yang telah dihasilkan akan terus mengalami peningkatan dalam segi kualitas. Ketika kualitas dari program yang dihasilkan oleh seorang programmer mengalami peningkatan tentunya juga secara tidak langsung dapat mencerminkan dari kualitas programmer yang yang membuat program tersebut.

Programmer yang handal tentunya juga bisa menerima masukkan dari orang lain dengan lapang dada mengenai hal - hal yang berhubungan dengan program yang telah dibuatnya. Ketika menerima masukkan dari orang lain, dia akan selalu menerima dengan senang hati dan memilah - milah masukan mana yang sesuai dan mana yang belum sesuai. Dengan demikian dalam menerima masukkan tidak langsung menjalankan akan tetapi memilahnya terlebih dahulu. Menjadi programmer yang handal tentunya sudah matang dalam segi emosi sehingga selalu tenang dan fokus dalam segala situasi untuk menghasilkan program yang berkualitas. Dikarenakan tentunya program yang berkualitas maka juga akan memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan.

Program yang dihasilan oleh programmer handal tentunya juga harus memikirkan tingkat kecepatan pemrosesan dari program yang dibuat tersebut. Semakin cepat proses dan hasil yang dikeluarkan semakin baik maka juga manfaatnya semakin baik. Meskipun banyak program yang dihasilkan tetapi manfaat yang diberikan belum banyak maka dapat dikatakan bahwasanya seorang programmer itu belum  handal. Dengan demikian dapat dikatakan juga banyak sedikitnya program yang dihasilkan belum memastikan mengenai kehandalan dari seorang programmer.


Demikianlah paparan penulis mengenai menjadi programmer handal. Semoga tulisan yang kesana dan kemari ini bisa menambah wawasan bagi kita semua. Banyak kekurangan dari penulis, penulis memohon maaf yang sebanyak - banyaknya. Terima kasih atas keluangan waktu dari teman - teman semua dalam menyimak tulisan kali ini.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan memberi komentar dengan sopan dan tidak menyimpang dari topik tulisan.
Mohon maaf komentar yang berisi kata - kata kurang sopan dan link hidup atau mati tidak akan ditampilkan.
Terima kasih. EmoticonEmoticon